Close Klik 2x

Mengaitkan Tema Cerpen dengan Kehidupan

Advertisement

Mengaitkan Tema Cerpen dengan Kehidupan – A. Definisi Mengaitkan

Menurut KBBI (2001: 214), mengaitkan adalah menarik (meraih dsb). Menurut Wikipedia (22/05/2013. 05:56), mengaitkan adalah menggabungkan atau menyatukan. Dari berapa definisi di atas dapat disimpulkan bahwa mengaitkan adalah menggabungkan.

B. Tema

Tema adalah pokok pikiran (KBBI. 2001: 1164). Menurut Isdriani Pudji (2009: 73), tema adalah gagasan, ide atau pikiran utama di dalam karya sastra yang terungkap ataupun tidak, tema merupakan suatu gagasan pokok atau ide pikiran tentang suatu hal, salah satunya dalam membuat suatu tulisan. Dari beberapa definisi di atas dapat disimpulkan bahwa tema adalah pikiran utama yang menghubungkan awal dan akhir cerita dimana anda menggantungkan alur, karakter, setting cerita dan lainnya.

C. Cerpen

Menurut KBBI (2001: 211), cerpen adalah cerita pendek. Menurut Tim Edukatif (2007: 159), cerpen merupakan karangan yang singkat, sederhana dan masalahnya tunggal. Dari beberapa definisi di atas dapat disimpulkan bahwa cerpen adalah karangan yang singkat dan sederhana.

Membaca cerita pendek, kita tentunya dapat mengetahui berbagai masalah kehidupan manusia dan alternatif solusi penyelesaiannya. Meskipun cerpen merupakan karangan imajinasi, ide-ide yang ada di dalamnya ditulis oleh pengarang berdasakan apa yang ia lihat, didengar dan dirasakannya

Dengan menghayati pengalaman, seseorang akan mudah mengangkap ide untuk menulis. Jika pengalaman yang didapat tersebut dipadukan dengan imajinasi, hasilnya adalah kreativitas. Ide untuk pengembangan tema cerpen yang akan ditulis bisa digali dari fakta/ realita sehari-hari (seperti pengalaman pribadi, cerita teman, dan buku harian), imajinasi (seperti khayalan dan mimpi), atau perpaduan antara fakta dan imajinasi (seperti buku fiksi dan film). Dengan demikian, kita dapat mengaitkan unsur-unsur intrinsiknya termasuk tema dengan kehidupan sehari-hari.

D. Contoh Soal dan Pembahasan

Pengemis dan Shalawat Badar
Karya Ahmad Tohari

Shalawat itu terus mengalun dan terdengar makin jelas karena tidak ada lagi suara kondektur. Para penumpang membisu dan terlena dalam pikiran masing-masing. Aku pun mulai mengantuk sehingga lama-lama aku tak bisa membedakan mana suara shalawat dan mana deru mesin diesel. Boleh jadi aku seolah berada di alam mimpi dan di sana kulihat ribuan orang membaca shalawat. Anehnya, mereka berjumlah banyak, memiliki rupa yang sama. Mereka semuanya mirip sekali dengan pengemis yang naik dalam bus yang kutumpangi di terminal Cirebon.

Mengaitkan tema cerpen di atas dengan kehidupan sehar-hari adalah…
A. Membaca shalawat dalam perjalanan.
B. Penumpang tertidur.
C. Aku mulai tertidur.
D. Aku bermimpi melihat ribuan orang membaca shalawat.
E. Tokoh bermimpi melihat ribuan orang yang wajahnya sama dengannya.

Pembahasan :

Jawaban A benar, karena tema teks di atas adalah membaca shalawat dalam perjalanan. Dalam kehidupan sehari-hari setiap melakukan perjalanan dengan kendaraan kita selalu membaca doa, dalam hal ini membaca shalawat. Sebab barang siapa yang selalu berdoa selama perjalanan akan diberi keselamatan.

Mengaitkan Tema Cerpen dengan Kehidupan | lookadmin | 4.5