Mengaitkan Isi Novel dengan Kehidupan Masa Kini

Advertisement

Mengaitkan Isi Novel dengan Kehidupan Masa Kini – Membaca novel-novel terbitan tahun 20-an dan 30-an memberi kita banyak pengetahuan. Kita bisa mendapat informasi tentang kehidupan masyarakat pada masa itu seperti kebiasaan, adat, dan etika yang berlaku pada saat itu. Secara ringkas, kebiasaan, adat, dan etika dapat didefinisikan sebagai berikut.
Etika adalah aturan kesopanan.
Adat adalah aturan tidak tertulis di masyarakat.
Kebiasaan adalah keumuman atau kelaziman.

Informasi di dalam novel-novel tersebut bisa kita gunakan untuk menilai hal-hal apa yang berubah, apa yang tidak berubah, dan seberapa jauh perubahan tersebut.

Nilai-Nilai yang Berubah

Contoh nilai-nilai dalam novel yang sudah berubah pada kehidupan masa kini adalah sebagai berikut.
– Alat transportasi kuda. Di masa kini orang menggunakan motor atau mobil sebagai alat transportasi.
– kebiasaan mandi di kali. Sekarang, hampir setiap rumah sekarang memiliki kamar mandi. Kebiasaan mandi di sungai masih bisa ditemui di beberapa daerah, namun mayoritas orang sudah menggunakan kamar mandi.
– anak-anak menggembalakan hewan. Anak-anak di jman sekarang disibukkan denga kegiatan belajar dari pagi hingga sore. Berkurangnya lahan rumput juga mempengaruhi menurunnya kegiatan menggembala hewan. Kegiatan penggembalaan hewan di masa sekarang lebih banyak dilakukan oleh tenaga ahli yang khusus dibayar untuk menjalankan tugas tersebut.
– para pemuda belajar beladiri sebagai bekal ketika merantau. Di masa kini, orantua tidak lagi mengharuskan anaknya belajar beladiri. Beladiri kini dianggap sebagai pilihan kegiatan dari berbagai kegatan yang bnisa dijalani seorang anak.
– berkomunikasi melalui surat. Adanya internet maupun telepon genggam membuat peran surat menurun.
– perkawinan melalui perjodohan dimana orangtua mengambil peran utama sebagai penentu pasangan seorang anak. Saat ini, orangtua lebih berperan sebagai pembimbing dalam menentukan jodoh. Anaklah yang menjadi penentu dalam mencari pasangan.
– Hukuman buang atau dikirim ke wilayah lain. Saat ini umumnya penjahat dihukum di penjara di wilayah ia diadili.
– Kepatuhan kepada adat secara ketat. Di jaman sekarang, orang memilih aturan adat yang bisa dijalankan sesuai dengan kondisi masa kini. Aturan adat yang tidak sesuai dengan hukum nasional akan tersingkir. Adat lebih dipandang sebagai bagian dari kekayaan budaya yang harus dijaga.

Nilai-nilai yang tidak berubah

Ada pula nilai-nilai budaya dalam novel yang berlaku dari masa lalu hingga masa kini, misalnya:
– menghormati orangtua
– anak membantu meringankan beban orangtua

Poin Penting

  1. Novel berisi fakta dan imajinasi.
  2. Novel menyimpan nilai-nilai kehidupan sesuai dengan massa ketika novel itu dibuat.
Advertisement
Mengaitkan Isi Novel dengan Kehidupan Masa Kini | lookadmin | 4.5