Close Klik 2x

Menentukan Unsur-Unsur Drama

Advertisement

Menentukan Unsur-Unsur Drama – Siswa mampu menentukan unsur-unsur drama.

Pengertian Drama
Drama adalah salah satu bentuk karya sastra yang berisi lakon hidup manusia yang ditulis dalam bentuk dialog dan dapat dipentaskan. Pementasan drama disebut dengan teater. Perbedaan drama dengan jenis karya sastra lainnya, seperti prosa dan puisi, adalah penulisan drama yang berupa dialog antartokohnya.

Unsur-unsur Drama
Sebagai sebuah karya sastra, drama memiliki unsur-unsur pembangun (unsur intrinsik). Unsur-unsur drama adalah sebagai berikut.

1) Tema
Tema adalah ide atau cerita pokok dalam drama. Misalnya, tema mengenai persahabatan, cinta kasih, pendidikan, dan lain-lain.

2) Amanat
Amanat adalah pesan moral yang ingin disampaikan pengarang melalui drama. Amanat biasanya berupa pelajaran yang dapat diambil setelah seseorang membaca drama atau menonton pementasan drama.

3) Latar
Latar adalah waktu, tempat, dan suasana yang mendasari sebuah drama. Berdasarkan definisi tersebut, latar dalam drama dibedakan menjadi latar tempat, latar waktu, dan latar suasana.

4) Alur atau plot
Alur atau plot adalah rangkaian peristiwa dalam drama. Alur disebut juga jalan cerita. Alur terdiri atas beberapa tahapan sebagai berikut.

  • Eksposisi atau pengenalan, yaitu bagian awal yang menjelaskan tokoh-tokoh, latar, dan pengenalan konflik.
  • Konflik, yaitu masalah yang dihadapi oleh tokoh-tokoh di dalam drama tersebut.
  • Komplikasi, yaitu pengembangan konflik yang dialami tokoh. Pada tahap ini, konflik yang dialami tokoh semaki banyak dan rumit.
  • Klimaks, yaitu tahapan puncak dari konflik yang dialami oleh tokoh-tokoh di dalam drama.
  • Resolusi atau peleraian, yaitu penyelesaian konflik dan pemecahan masalah yang dialami tokoh-tokoh dalam drama;
  • Penyelesaian, yaitu tahap akhir dari sebuah drama. Dalam tahap ini, semua konflik yang terjadi telah berakhir.

5) Tokoh dan Penokohan
Tokoh adalah pelaku cerita dalam drama. Tokoh dibagi menjadi tokoh utama dan tokoh pembantu (figuran). Tokoh utama adalah tokoh yang menjadi pusat cerita, sedangkan tokoh pembantu adalah tokoh yang kehadirannya melengkapi cerita yang dialami oleh tokoh utama.

Berdasarkan wataknya, tokoh dibedakan menjadi tokoh protagonis dan tokoh antagonis. Tokoh protagonis adalah tokoh yang berperilaku baik, sedangkan tokoh antagonis adalah tokoh yang berperilaku jahat.

Ada pun penokohan adalah cara pengarang melukiskan watak masing-masing tokoh. Penokohan disebut juga perwatakan. Sebagai contoh, seorang tokoh di dalam drama memiliki watak yang bermacam-macam, misalnya penyabar, penyayang, pemarah, pendendam, dan lain-lain.

6) Dialog
Percakapan antartokoh dalam drama disebut dengan dialog. Jika di dalam drama terdapat ungkapan atau perkataan tokoh yang dilakukan secara tunggal, hal itu disebut denganmonolog.

Selain itu, di dalam drama juga terdapat prolog dan epilog. Prolog adalah ucapan pembuka yang biasanya diucapkan oleh narator ataupun tokoh utama dalam bentuk monolog, sedangkan epilog adalah ucapan penutup yang diucapkan di akhir drama.

7) Petunjuk Laku
Petunjuk laku adalah gambaran atau keterangan yang menjelaskan keadaan, suasana, dan peristiwa yang dialami tokoh dalam drama. Petunjuk laku biasanya ditulis di dalam tanda kurung sebelum dialog yang diucapkan oleh tokoh dalam drama.

MENENTUKAN UNSUR-UNSUR DRAMA
Untuk memahami unsur-unsur drama, silakan perhatikan drama pendek berikut ini dengan saksama!

Perhatikan Contoh

Unsur-unsur dalam drama tersebut adalah sebagai berikut.

  1. Tema
    Tema dalam drama tersebut adalah kepedulian terhadap teman.
  2. Amanat
    Amanat dalam drama tersebut adalah bahwa kita harus saling peduli terhadap teman, terutama jika teman berada dalam kesulitan.
  3. Latar
    Latar waktu dalam drama tersebut adalah pada saat jam pelajaran dimulai. Latar tempat pada drama tersebut adalah ruang kelas. Sedangkan latar suasana dalam drama tersebut suasana kelas yang tertib.
  4. Tokoh dan Penokohan
    Dalam drama tersebut hanya terdapat dua tokoh, yaitu Risman dan Beni. Risman memiliki watak yang baik dan peduli kepada teman, sedangkan Beni memiliki watak yang tidak peduli terhadap teman. Berdasarkan watak tersebut, Risman merupakan tokoh protagonis dan Beni merupakan tokoh antagonis.
  5. Petunjuk Laku
    Petunjuk laku dalam drama tersebut ditunjukkan pada dialog yang diungkapkan Beni pada bagian terakhir. Petunjuk laku pada dialog itu adalah gambaran bahwa Beni memalingkan wajahnya ke arah luar jendela.

Poin Penting

  1. Drama adalah salah satu bentuk karya sastra yang berisi lakon hidup manusia yang ditulis dalam bentuk dialog dan dapat dipentaskan.
  2. Unsur-unsur intrinsik drama terdiri dari tema, amanat, tokoh dan penokohan, plot atau alur, latar, dialog, dan petunjuk laku.
Menentukan Unsur-Unsur Drama | lookadmin | 4.5