Close Klik 2x

Menentukan Topik Puisi

Advertisement

Menentukan Topik Puisi – Siswa mampu menentukan topik puisi yang berkenaan dengan keindahan alam.

Sukakah kamu membaca puisi? Puisi merupakan karya sastra yang sangat menarik. Di materi sebelumnya, kamu telah belajar tentang puisi dari segi pembacaannya dan pemahaman tentang isinya. Kali ini, kita akan belajar menulis puisi tentang keindahan alam. Langkah awal yang harus kita pelajari tentu saja adalah menentukan topik puisi yang akan kamu tuliskan.

MENENTUKAN TOPIK PUISI

Langkah awal dalam menulis puisi adalah menentukan topik yang akan diangkat ke dalam puisimu. Memilih topik sangat penting karena dari topik inilah, kamu akan mengembangkan isi puisimu. Beruntung kita hidup di Indonesia yang memiliki keindahan alam yang luar biasa sehingga kita tidak akan kehabisan ide dalam menulis puisi tentang keindahan alam.

Ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mencari inspirasi dalam mendapatkan topik, yaitu sebagai berikut.

  1. Bersentuhan langsung dengan alam
    Misalnya dengan berjalan-jalan ke pantai, naik gunung, atau yang paling gampang, ke halaman rumahmu. Amatilah dan rasakanlah. Jika kamu sudah menyaksikan alam secara langsung, kamu akan lebih dapat meresapi keindahan alam tersebut.
  2. Mengkhayal dan membayangkan
    Jika kamu tidak dapat mengamati alam secara langsung, kamu bisa menggunakan kekuatan imajinasimu. Berkhayallah tentang sawah yang menguning, suasana pedesaan yang tenteram, atau warna-warni di taman kota. Dengan demikian, kamu bisa mendapatkan gambaran tentang keindahan alam yang akan kamu tuliskan.

Setelah memiliki gambaran tersebut, pilihlah topik yang paling kamu sukai! Misalnya, jika kamu pergi ke persawahan, atau membayangkan lokasi persawahan, kamu bisa mengangkat topik di sekitar hal tersebut. Contohnya tentang suasana saat panen padi, tingkah burung-burung yang mencoba memakan padi, dan lain sebagainya.

Bacalah puisi di bawah ini!

Puisi di atas merupakan puisi yang mengangkat topik tentang keindahan suasana pagi yang permai. Berangkat dari topik inilah, pengarang menambahkan keterangan tentang beraneka fenomena alam, baik hewan dan tumbuhan digambarkan turut menceriakan suasana pagi tersebut. Seperti burung yang berkicau dengan riang, rimbun pepohonan yang segar, anggrek yang bergoyang, capung yang menghirup embun, dan lain sebagainya.

Poin Penting

1) Langkah awal dalam menulis puisi adalah menentukan topik. Memilih topik sangat penting karena dari topik inilah, kamu akan mengembangkan isi puisimu.
2) Beberapa cara untuk mencari inspirasi dalam mendapatkan topik adalah sebagai berikut.

  • Bersentuhan Langsung dengan Alam
    Jika kamu sudah menyaksikan alam secara langsung, kamu akan lebih dapat meresapi keindahan alam tersebut.
  • Mengkhayal dan Membayangkan
    Jika tidak dapat bersentuhan langsung dengan alam, kamu bisa menggunakan kekuatan imajinasimu.

3) Setelah memiliki gambaran tersebut, pilihlah topik yang paling kamu sukai!

Advertisement
Menentukan Topik Puisi | lookadmin | 4.5