Menentukan Topik dan Tujuan Pidato

Menentukan Topik dan Tujuan Pidato – Siswa mampu menyusun pidato.

Tujuan
Siswa dapat menentukan topik dan tujuan pidato guna mengasah kemampuan menyusun pidato.

Setelah kalian mengetahui seperti apa stuktur pidato, kini saatnya kalian belajar menentukan topik dan tujuan dari pidato. Tujuannya adalah agar kalian bisa menyusun pidato yang sesuai dengan tujuan dilakukannya pidato tersebut.

Salah satu hal yang harus ditentukan pertama kali sebelum menyusun teks pidato adalah penentuan topik dan tujuan pidato. Untuk menentukan topik, kalian harus tahu dulu apa tujuan dari pidato yang akan dilakukan. Apakah untuk menginformasikan, menghibur ataukah mengajak.

Secara rinci, tujuan dari pidato sendiri bisa dibagi kategorikan sebagai berikut.
• Memberikan informasi akan sebuah pemahaman baru kepada khalayak ramai atau mengingatkan sesuatu.
• Mengajak audiens untuk mengikuti sesuatu sesuai dengan yang disampaikan.
• Menghibur audiens sehingga tercapai kesenangan dan kepuasan terhadap apa yang sudah disampaikan.

Dalam menentukan topik pidato, ada beberapa hal yang mesti kalian lakukan, diantaranya sebagai berikut.

• Perhatikan acara tempat kalian berpidato. Topik pidato akan bergantung pada acara yang diselenggarakan. Apakah acara tersebut acara perayaan, acara khidmat, professional, ataulah hanya main-main saja (informal).

• Pertimbangkanlah tujuan pidato kalian. Tujuan pidato ini juga bergantung pada acara yang diselenggarakan. Apakah tujuan pidato tersebut adalah untuk menghibur, memberikan informasi, ataukah mengajak hadirin untuk melakukan sesuatu.

• Pertimbangkan jenis hadirin seperti latar belakang hadirin, tingkat pendidikannya, serta kebutuhan dan ketertarikannya. Hal ini diperlukan agar pidato kalian bisa diterima dan mudah dipahami oleh audiens (hadirin).

• Pilihlah topik yang sesuai dengan minat, pengetahuan, pengalaman, dan topik yang sedang hangat dibicarakan di masyarakat.

Dalam menentukan topik pidato, seseorang harus memiliki topik yang sesuai dengan pengetahuannya. Retor (orang yang berpidato) harus memiliki pengetahuan yang lebih banyak dibanding dengan audiens (hadirin). Topik yang dipilih juga sebaiknya menarik minat audiens untuk mendengarkan pidato tersebut dan disertai penunjang lain seperti berbagai fakta atau ilustrasi yang sesuai.

Perhatikan contoh pidato berikut yang disampaikan oleh seorang siswa dalam acara bakti sosial menjaga kebersihan lingkungan sekolah.

Contoh Pidato

Assalamualaikum. Wr. Wb.
Yang terhormat Kepala SMPN 1 Sukanagara
Yang saya hormati dewan guru dan staf TU SMPN 1 Sukanagaradan tak lupa teman-teman yang saya cintai
Puji syukur marilah kita panjatkan kepada Allah SWT yang telah melimpahkan karunia-Nya kepada kita sehingga bisa berkumpul di tempat ini. Pada kesempatan kali ini izinkan saya menyampaikan pidato dengan tema “Pentingnya Menjaga Kebersihan Lingkungan Sekolah”
Hadirin yang saya hormati,
Lingkungan sekolah seperti rumah kedua bagi kita. Banyak waktu kita habiskan di sekolah yang kita cintai ini. Kita sebagai “penghuni” sekolah tentu ingin lingkungan sekolah tetap bersih dan sehat. Namun, sudahkah kita berupaya untuk menjaga kebersihan di lingkungan sekolah? Menjaga kebersihan di lingkungan sekolah ini bisa dimulai dari hal-hal yang kecil seperti membuang sampah pada tempatnya atau membuat jadwal piket harian kelas. Dengan demikian, senantiasa lingkungan sekolah akan tetap bersih dan sehat. Bukankah kebersihan sebagian dari iman? Jika kita mengaku sebagai seorang yang beriman, tentulah kebersihan akan selalu kita jaga di manapun berada.
Saudaraku yang sangat kucintai,
Pihak sekolah telah menerima hibah dari PT Jaya berupa tempat sampah dan alat-alat kebersihan. Hibah ini bukan tanpa tujuan. PT Jaya memberikan hibah ini dengan tujuan agar siswa sekolah ini selalu menjaga kebersihan lingkungan sekolah. Hal ini tentu selaras dengan visi dan misi sekolah yaitu menciptakan warga sekolah yang sehat dan sadar akan kebersihan. Dengan adanya tempat sampah dan alat-alat kebersihan ini diharapkan kebersihan dan kesehatan di lingkungan sekolah ini senantiasa terjaga agar seluruh warga sekolah yang ada di dalam juga tetap sehat.
Hadirin yang berbahagia,melalui pidato ini, saya ingin mengajak teman-teman untuk peduli juga sadar akan pentingnya menjaga kebersihan di lingkungan sekolah. Marilah kita bergotong royong untuk menciptakan suasana yang bersih dan sehat di sekolah kita ini.
Hadirin,Cukup sekian yang bisa saya sampaikan, mudah-mudahan bermanfaat untuk kita semua. Apabila ada tutur kata yang terasa kurang berkenan, saya mohon maaf. Terima kasih atas perhatian Anda semua.Wassalamualaikum. Wr.Wb.

Dalam pidato tersebut, seorang siswa memilih tema “Pentingnya Menjaga Kebersihan di Lingkungan Sekolah” hal ini sangat sesuai dengan acara yang sedang diselenggarakan yaitu bakti sosial menjaga kebersihan sekolah. Pembicara juga memilih topik yang sesuai dengan latar belakang audiens dan cukup menarik perhatian audiens (siswa lain). Selain itu, pembicara juga memilih topik yang sesuai dengan pengetahuannya sehingga ia sangat menguasai materi pidato yang disampaikan. Pidato tersebut juga sesuai dengan tujuan dari pidato yaitu mengajak siswa dan warga sekolah lain untuk menjaga kebersihan sekolah sekaligus menginformasikan adanya hibah alat kebersihan dari PT Jaya yang bisa dimanfaatkan oleh para siswa.

Bagaimana? Mudah bukan menentukan topik dan tujuan pidato? Sekarang, cobalah kerjakan latihan berikut ini.

Poin Penting

• Pilih topik pidato yang sesuai dengan latar belakang audiens, tujuan pidato, minat, pengetahuan pembicara, dan topik yang sedang hangat.
• Tujuan dari pidato bisa untuk menginformasikan, mengajak, atau menghibur.

Menentukan Topik dan Tujuan Pidato | lookadmin | 4.5