Close Klik 2x

Menentukan Tokoh dalam Novel

Advertisement

Menentukan Tokoh dalam Novel – Siswa mampu menentukan tokoh dalam novel

Pada topik sebelumnya, kita sudah mengetahui jenis-jenis tokoh. Pada topik kali ini, kita akan mengulas jenis-jenis tokoh tersebut berikut contoh cuplikan novelnya supaya kita dapat menentukan kelompok tokoh tersebut.

1. Tokoh utama dan tambahan
Sebagaimana telah dijelaskan sebelumnya, tokoh utama adalah tokoh sentral yang menceritakan tokoh lainnya, atau bisa juga diceritakan secara sentral oleh pengarang, sedangkan tokoh tambahan adalah tokoh selain tokoh utama. Perhatikan ulasan novel berikut!

Tokoh dalam cuplikan novel di atas adalah si aku dan Randai, tetapi kedudukan si aku lebih sentral karena dia yang memiiliki cerita dan menceritakan Randai sehingga si aku merupakan tokoh utama dan Randai tokoh tambahan.

2. Tokoh protagonis dan tokoh antagonis
Kedua tokoh ini dianalogikan sebagai kutub positif dan negatif. Protagonis memegang kutub positif karena perangainya yang baik, sedangkan antagonis memegang kutub negatif karena selalu bertentangan dengan tokoh protagonis. Sebagai contoh, perhatikan cuplikan novel berikut!

Si aku menggambarkan sosok yang santai dan tenang sehingga si akulah tokoh protagonisnya, berbeda dengan tokoh seorang senior yang galak dan berlagak yang memerankan tokoh antagonis.

3. Tokoh sederhana dan tokoh bulat
Tokoh sederhana dideskripsikan hanya dengan satu watak, sedangkan tokoh bulat memiliki watak yang berubah-ubah dan cenderung kompleks. Simak cuplikan novel berikut!

Kugy digambarkan sebagai sosok yang teguh, serampangan, dan ia akan menjadi sosok lain jika memiliki keinginan sehingga Kugy bisa dikategorikan ke dalam contoh tokoh bulat.

4. Tokoh statis dan tokoh berkembang
Tokoh statis merupakan tokoh yang tidak mengalami perubahan watak sama sekali, sedangkan tokoh berkembang mengalami perubahan watak hingga beberapa kali. Perhatikan contoh berikut!

Dari cuplikan di atas, kita dapat mengetahui siapa yang berwatak tetap dan siapa yang berubah watak. Persahabat yang terjalin lama pun bisa tegang gara-gara sebuah masalah. Kita dapat menyimpulkan bahwa si aku sebagai tokoh statis dan Randai sebagai tokoh berkembang.

5. Tokoh tipikal dan tokoh netral
Tokoh tipikal adalah tokoh yang keberadaannya sesuai dengan kahidupan nyata, sedangkan tokoh netral tidak ada kaitannya sama sekali dengan kehidupan nyata sehingga murni imajinasi. Perhatikan contoh tokoh tipikal dalam cuplikan novel berikut!

Poin Penting

Tokoh dalam karangan fiksi terdiri atas:

  1. Tokoh utama dan tokoh tambahan
  2. Tokoh protagonis dan tokoh antagonis
  3. Tokoh sederhana dan tokoh bulat
  4. Tokoh statis dan tokoh berkembang
  5. Tokoh tipikal dan tokoh netral
Menentukan Tokoh dalam Novel | lookadmin | 4.5