Menentukan Tema Dialog Interaktif

Menentukan Tema Dialog Interaktif – Siswa mampu menentukan tema dialog interaktif.

Pengertian Dialog Interaktif

Saat menonton tayangan televisi, pernahkah kamu menonton acara yang berisi percakapan yang melibatkan banyak orang? Percakapan tersebut biasanya membahas beragam permasalahan, seperti masalah sosial, ekonomi, atau lingkungan. Percakapan tersebut biasa disebut dengan dialog interaktif. Dengan perkataan lain, dialog interaktif adalah percakapan yang dilakukan beberapa orang untuk mendiskusikan beragam permasalahan. Dialog interaktif biasanya dilakukan di televisi atau radio.

Dalam sebuah dialog interaktif, acara dipandu oleh seorang pembawa acara, presenter, atau moderator. Dalam dialog tersebut, terdapat seorang atau lebih narasumber, yaitu orang yang menjadi sumber informasi. Narasumber merupakan orang yang dianggap memiliki kemampuan atau kompetensi dalam masalah yang didiskusikan. Selain itu, masih ada para pemirsa (penonton atau pendengar) yang mengikuti dialog tersebut. Para pemirsa dapat mengikuti dialog dengan cara bertanya atau memberikan gagasan secara langsung atau melalui sambungan telepon. Karena melibatkan interaksi dengan pemirsa, dialog tersebut disebut sebagai dialog interaktif.

Tema Dialog Interaktif

Hal yang paling penting dalam sebuah dialog interaktif adalah tema. Tema adalah ide pokok yang mendasari sebuah dialog interaktif. Dialog interaktif dilakukan untuk mencari penyelesaian atau solusi terhadap masalah yang dibicarakan dalam dialog tersebut. Masalah yang dibahas dalam dialog tersebut harus sesuai dengan tema yang telah ditentukan sebelum dialog dimulai.

Tema sebuah dialog interaktif dapat diketahui melalui isi pembicaraan dalam dialog tersebut. Pembicaraan dalam sebuah dialog interaktif biasanya bersifat khusus, yaitu hanya membicarakan hal-hal dalam sebuah topik tertentu. Narasumber yang dilibatkan pun memiliki keahlian, kemampuan, atau kompetensi di bidang tertentu yang sesuai dengan masalah yang dibicarakan.

Secara khusus, langkah-langkah menentukan tema dialog interaktif adalah sebagai berikut.

  1. Ikuti dialog interaktif dari awal hingga akhir;
  2. Perhatikan bagian pembuka dialog karena moderator biasanya akan menyebutkan tema dialog interaktif secara eksplisit (jelas);
  3. Perhatikan narasumber yang dilibatkan dalam dialog tersebut, meliputi nama, jabatan, keahlian, dan hubungannya dengan masalah yang dibicarakan;
  4. Pahami gagasan-gagasan pokok yang dilontarkan narasumber, termasuk kata-kata kunci yang sering muncul;
  5. Perhatikan pertanyaan-pertanyaan yang diajukan oleh pemirsa;
  6. Tentukan tema yang dibicarakan setelah memperhatikan langkah-langkah di atas.

Menentukan Tema Dialog Interaktif

Perhatikan dialog interaktif berikut dan minta teman-temanmu memeragakannya!

Berdasarkan dialog tersebut, dapat ditentukan bahwa tema yang diambil pada dialog tersebut adalah pendidikan. Hal tersebut dapat diketahui melalui isi pembicaraan, kata-kata kuncinya (evaluasi, ujian, lulus, dan Ujian Nasional), dan para narasumber yang diundang (yaitu staf Dirjen Pendidikan Menengah dan Pakar Pendidikan).

Poin Penting

  1. Dialog interaktif adalah percakapan yang dilakukan beberapa orang untuk mendiskusikan beragam permasalahan.
  2. Orang-orang yang terlibat dalam dialog interaktif adalah: moderator, yaitu pemandu jalannya dialog, biasa disebut juga pembawa acara atau presenter; narasumber, yaitu orang yang menjadi sumber informasi, biasanya seorang yang ahli di bidangnya; dan pemirsa, yaitu orang yang menonton atau mendengar dialog interaktif.
  3. Tema adalah ide pokok yang mendasari sebuah dialog interaktif. Sebuah dialog interaktif biasanya memiliki satu tema khusus yang berkenaan dengan masalah yang diperbincangkan.
Menentukan Tema Dialog Interaktif | lookadmin | 4.5