Close Klik 2x

Menentukan Sistematika Karya Tulis

Advertisement

Menentukan Sistematika Karya Tulis – Berbicara tentang karya tulis, berdasarkan isinya, karya tulis terdiri atas karya tulis ilmiah dan nonilmiah. Namun, kali ini kita hanya akan belajar salah satunya, yakni karya tulis ilmiah.

Karya tulis ilmiah merupakan karangan yang membahas sebuah masalah berdasarkan penelitian. Bentuk sederhana dari karya tulis ini seperti makalah dan laporan, sedangkan bentuk lengkapnya terdapat dalam skripsi, tesis, dan disertasi.

Sebuah karya tulis ilmiah harus dibuat secara objektif, sesuai fakta, akurat, dan tentu saja harus menggunakan bahasa dan aturan formal. Selain itu, karya tulis ilmiah pun harus ditulis berdasarkan sistematika yang telah ditetapkan.

Sistematika yang akan kita bahas kali ini adalah sistematika karya tulis ilmiah dalam bentuk sederhana. Sistematika inilah yang akan sering digunakan oleh siswa tingkat sekolah menengah dalam mengerjakan beberapa tugasnya. Berikut ini adalah sistematika penulisan karya tulis ilmiah yang sederhana.

1) Pendahuluan

  • Latar belakang masalah yang berisi alasan mengapa ingin meneliti tema/topik tersebut atau berupa gagasan yang berhubungan dengan tema/topik yang kita pilih. Misalnya pada topik ‘’Kiat-kiat Meningkatkan Minat Baca Buku pada Siswa’’ kita bisa menulis latar belakang masalah seperti: Minat baca pada siswa saat ini masih kurang. Mereka lebih tertarik pada aktivitas yang lain daripada membaca buku. Akibatnya, pengetahuan terhadap ilmu sangatlah kurang. Oleh karena itu, peningkatan minat baca buku pada siswa perlu ditingkatkan dengan kiat-kiat yang efektif.
  • Rumusan masalah yang berisi pertanyaan-pertanyaan yang nanti akan dijawab pada bagian/bab pembahasan. Misalnya pada topik “Melatih Siswa Berwirausaha Sejak Dini” dapat kita buat rumusan masalah di antaranya: Bagaimana melatih siswa agar mampu berwirausaha sejak dini?
  • Tujuan penulisan yang berisi hasil-hasil yang akan kita capai ketika meneliti objek tersebut. Misalnya pada topik “Menjaga Kebersihan Lingkungan Sekolah”, kita dapat membuat tujuan antara lain: Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan cara-cara menjaga kebersihan di lingkungan sekolah.

2) Pembahasan

  • Kajian pustaka yaitu penyampaian definisi atau konsep yang dikemukakan para ahli dalam sumber rujukan yang berhubungan dengan topik. Misalnya: Menurut Suherman (2000: 34), biogas dapat dimanfaatkan sebagai sumber energi pilihan. Hal ini tentu saja memberikan kepuasan kepada masyarakat karena ternyata ada sumber energi lain yang dapat dijadikan alternatif dalam menggunakan BBM.
  • Bagian ini juga berisi uraian atau analisis tentang tema atau masalah yang diungkapkan.

3) Penutup

  • Simpulan berupa intisari dari pembahasan yang telah disampaikan. Misalnya pada topik “Kiat-kiat Meningkatkan Minat Baca Buku pada Siswa”, kita bisa membuat simpulan berupa: Berdasarkan pembahasan pada bab sebelumnya, kita dapat menyimpulkan bahwa minat baca buku pada siswa dapat meningkat jika siswa dilatih untuk selalu membaca buku setiap harinya.
  • Saran yang ditujukan bagi orang lain. Misalnya pada topik “Menjaga Kebersihan Lingkungan Sekolah”, kita bisa membuat saran berupa: Dari pembahasan tersebut, penulis menganjurkan pada para pembaca agar tulisan ini tidak hanya dijadikan bacaan, tetapi juga diaplikasikan dalam kehidupan sehari-hari, kapan pun dan di mana pun.

Adapun urutan penyampaian karya tulis adalah sebagai berikut.

  1. Lembar judul
  2. Kata pengantar
  3. Daftar isi
  4. Pendahuluan
  5. Pembahasan
  6. Penutup
  7. Daftar pustaka

Untuk teknik penulisan daftar pustaka akan kita bahas pada pembahasan selanjutnya.

Poin Penting

A. Jenis karya tulis ilmiah yang sederhana antara lain berbentuk makalah atau laporan.
B. Karya tulis ilmiah harus objektif, faktual, akurat, dan ditulis menggunakan kalimat efektif.
C. Sistematika karya tulis ilmiah yang sederhana adalah sebagai berikut.

  • Pendahuluan berupa latar belakang masalah, rumusan masalah, dan tujuan penulisan.
  • Pembahasan atau Isi berupa uraian definisi atau konsep dari para ahli yang terdapat dalam sumber rujukan.
  • Penutup berupa simpulan dan saran.
Menentukan Sistematika Karya Tulis | lookadmin | 4.5