Close Klik 2x

Menentukan Sifat Tokoh

Advertisement

Menentukan Sifat Tokoh – Tokoh adalah setiap pihak yang memiliki peran di dalam sebuah cerita. Tokoh bisa berupa manusia, hewan, atau benda mati yang dianggap bisa berpikir dan memiliki perasaan seperti manusia.

Sifat Tokoh
Tokoh-tokoh di dalam sebuah novel memiliki sifat-sifatnya sendiri. Sifat-sifat tokoh di dalam cerita bisa diketahui dari penjelasan penulisnya. Sifat tokoh bisa pula diketahui dari ucapan, tingkah laku, dan pemikiran si tokoh di dalam cerita. Gambaran fisik, pakaian, serta benda-benda lain yang berada di sekitar tokoh berfungsi memperkuat sifat seorang tokoh. Pertemuan sifat-sifat tokoh-tokoh di dalam cerita mengakibatkan konflik. Konflik yang terjadi menjadikan sebuah novel menarik untuk dibaca. Konflik adalah bagian penting sebuah novel.

Sifat tokoh-tokoh di dalam novel dibagi menjadi tiga, yaitu sebagai berikut.

  1. Tokoh protagonis, yaitu tokoh baik di dalam cerita. Tokoh protagonis sering mendapat simpati dari pembaca karena posisi dirinya yang baik dan biasa dijahati oleh tokoh antagonis. Tokoh protagonis mewakili pemikiran dan perasaan pembaca tentang hal-hal yang ideal seperti sifat jujur, pengasih, pantang menyerah, dan sebagainya
  2. Tokoh antagonis, yaitu tokoh jahat di dalam cerita. Tokoh antagonis adalah lawan dari tokoh protagonis. Peran tokoh antagonis adalah menindas tokoh protagonis. Tokoh antagonis dicirikan dengan sifat-sifat seperti pembohong, pendengki, kejam, tamak, dan semacamnya.
  3. Tokoh tritagonis, yaitu tokoh tritagonis adalah tokoh yang netral. Tugas tokoh tritagonis adalah menengahi konflik dan mencari jalan keluar dari masalah yang terjadi. Sifat tokoh tritagonis tidak diulas terlalu mendalam di dalam cerita.

Perhatikan Contoh

Mari berlatih dengan teks di bawah ini!
Ji Won datang dengan pakaian kebesarannya. Cara berjalannya yang pelan seakan memberi kesempatan semua orang untuk memerhatikan drinya. Dagunya diangkat dengan pongah. Senyum sinis tersungging di ujung bibirnya. Kebanggaan terpancar kentara. Kebanggan yang menganggap semua orang lain adalah makhluk yang lebih rendah.
Hyun Seo duduk dengan sopan di dekat jendela. Tubuhnya yang tinggi kurus terbalut pakaian sederhana yang warnaya mulai pudar. Kepalanya menekuri lantai. Ia sedang berusaha menahan perasaannya. Dikuat-kuatkannya hatinya. Kalau bukan karena urusan mendesak yang harus segera dilaksanakanya, ia tidak akan tahan berlama-lama di sini. Bayangan Hyun Ji berkelebat menarik-narik perasaannya. Aku tahu engkau akan sabar menungguku, kata Hyun Seo dalam hati. Bagaimanapun semua ini akan berlalu, pikirnya berusaha menghibur diri.
Pak tua Han Seon tersenyum. Ia memahami perasaan Hyun Seo. ia bisa melihat pancaran kekesaan di wajah anak muda itu. Hatinya gelisah, pikir Pak Han Seon. Pak Han Seon pun berpikir keras. Ia sedang mencari cara untuk menjembatani dua anak muda yang sama-sama keras hati ini.
Mari kita tulis sifat tokoh-tokoh di dalam cerita!

  1. Tokoh Protagonis adalah Hyun Seo. Dia digambarkan berpakaian sederhana, mencintai Hun Ji, dan sebagai pihak yang tersiksa.
  2. Tokoh Antagonis adalah Ji Won. Digambarkan dengan berpakaian mewah, berjalan pongah, dan sombong kepada semua orang.
  3. Tokoh Tritagonis adalah Pak Han Seon. Digambarkan dengan bijaksana, memahami perasaan orang lain, dan berusaha menengahi persoalan antara Hyun Seo dan Ji Won

Poin Penting

  1. Tokoh protagonis adalah tokoh baik. Ia mendapat simpati pembaca karena memiliki sifat yang positif.
  2. Tokoh antagonis adalah tokoh jahat. Tugasnya menindas tokoh protagonis.
  3. Tokoh tritagonis adalah tokoh netral yang berusaha mencari solusi bagi masalah yang timbul.
Advertisement
Menentukan Sifat Tokoh | lookadmin | 4.5