Menentukan Pokok-Pokok Isi Bacaan Melalui Membaca Cepat

Menentukan Pokok-Pokok Isi Bacaan Melalui Membaca Cepat – Siswa mampu mengungkapkan pokok-pokok isi teks dengan membaca cepat 300 kata permenit.

Tujuan
Siswa mengetahui cara dan teknik membaca cepat.

Setiap hari banyak sekali peristiwa yang terjadi dan diberitakan. Belum lagi perkembangan ilmu, teknologi, hiburan, dan informasi lainnya yang banyak diulas berbagai media melalui esai, artikel, buku, majalah, atau situs on line. Melimpahnya informasi itu menuntut kita bisa membaca cepat. Ya, membaca lebih cepat dengan daya penyerapan informasi yang bagus. Oleh sebab itu, kalian perlu belajar dan berlatih membaca cepat.

Dua hal yang harus diingat dalam melakukan teknik membaca cepat yakni waktu yang efektif dalam membaca dan pemahaman mengenai bacaan yang diperoleh dengan baik. Melalui teknik membaca cepat ,kalian dapat menentukan pokok dari isi bacaan dengan cepat dan efektif. Pokok isi bacaan merupakan sesuatu hal, ide atau gagasan utama yang dibahas dan menjadi pikiran utama dalam sebuah bacaan.

Kalian dapat mengukur efektivitas kemampuan membaca kalian melalui Kemampuan Efektif Membaca (KEM) dengan menggunakan rumus:

Misalnya kalian dapat membaca sebuah bacaan yang berjumlah 300 kata dalam 2 menit. Untuk mengetahui pemahaman kalian mengenai bacaan itu, kemudian kalian akan diberikan 10 pertanyaan untuk dijawab. Ternyata kalian hanya dapat menjawab 8 pertanyaan yang diajukan dengan benar. Dengan demikian, bobot nilai yang diperoleh adalah 8 dari skor ideal yang dapat diperoleh 10. Hasil tersebut dapat dimasukkan ke dalam rumus di atas untuk mengetahui ukuran KEM yang dimiliki:

Dengan demikian, kalian memiliki kemampuan membaca sebuah bacaan sebanyak 120 kata per menit (KPM). Kemampuan tersebut dapat dijadikan sebagai modal untuk kalian dalam menentukan pokok isi bacaan dengan cepat dan efektif. Pokok isi bacaan merupakan ide atau gagasan utama yang terdapat di dalam bacaan. Secara umum, pokok isi bacaan ini biasanya berada pada posisi awal, tengah, atau penutup dari sebuah bacaan. Selain itu, kalian juga mengetahui pokok isi bacaan berdasarkan kata kunci yang terdapat dalam bacaan. Secara sederhana kata kunci adalah kata-kata yang sering muncul dalam bacaan dan kata kunci tersebut menjadi bagian yang paling kalian ingat ketika disuruh menceritakan kembali bacaan tersebut.

Perhatikan paragraf berikut ini!

Pertandingan sepak bola merupakan pertandingan yang memerlukan kondisi fisik prima. Seorang pemain sepak bola harus dapat mempertahankan kondisi tubuhnya secara stabil selama bertanding. Di dalam pertandingan sepak bola juga, tidak jarang terjadi benturan keras yang terkadang menimbulkan cedera pada tubuh. Selain itu, pemain sepak bola dituntut untuk dapat menerjemahkan strategi pelatih di lapangan ketika bertanding. Tentunya semua hal ini tidak akan terwujud apabila kondisi para pemain tidak prima. Oleh karena itu, kebugaran fisik menjadi syarat mutlak pemain sepak bola untuk turun dalam sebuah pertandingan.

Pokok isi bacaan dari paragraf di atas terletak di awal kalimat yang mengemukakan pentingnya kondisi fisik bagi pemain sepak bola. Setelah itu, ide pokok tersebut diikuti kalimat penjelas yang mengemukakan sisi penting pemain sepak bola.

Dalam teknik membaca cepat terdapat beberapa langkah yang dapat kalian lakukan untuk menentukan pokok isi bacaan secara efektif, di antaranya:

  1. Hindari kegiatan mengulang kalimat yang telah dibaca. Kegiatan mengulang-ulang kalimat berpotensi menimbulkan kebingungan dalam diri ketika membaca.
  2. Membagi tiap bagian artikel menjadi beberapa bagian. Untuk menemukan gagasan pokok dari sebuah bacaan kalian dapat membagi bacaan tersebut menjadi tiga bagian yakni bagian pembuka, isi, dan penutup. Bagian pembuka biasanya terdiri dari tiga kalimat. Kemudian setelah itu kalian meloncat pada bagian tengah bacaan untuk membaca bagian isi, setelah itu membaca bagian akhir bacaan sebanyak tiga kalimat. Dari hal ini kita dapat menarik sebuah kesimpulan umum yang dapat dijadikan sebagai pokok isi dari bacaan tersebut.
  3. Melakukan lompatan membaca. Jika pembagian artikel dirasa cukup menyita waktu, kalian dapat mempergunakan teknik lompatan membaca. Teknik lompatan membaca adalah melompati bagian-bagian bacaan tertentu yang tidak penting sehingga bahan bacaan menjadi berkurang. Bagian-bagian yang boleh dilompati merupakan bagian yang tidak informatif, sudah diketahui, dan bagian yang tidak tidak berpengaruh jika dihilangkan. Kalian hanya akan membaca kata-kata kunci yang menjadi unsur pembangun ide pokok sebuah bacaan.

Poin Penting

• Menentukan pokok bacaan melalui teknik membaca cepat perlu memperhatikan kata kunci yang dimiliki oleh bacaan.
• Bagi bahan bacaan menjadi beberapa bagian untuk menentukan pokok bacaan. Selain itu, mengetahui jenis paragraf yang digunakan juga penting untuk mempermudah keterpahaman bahan bacaan.

Menentukan Pokok-Pokok Isi Bacaan Melalui Membaca Cepat | lookadmin | 4.5