Menentukan Keunggulan Tokoh dengan Alasan

Menentukan Keunggulan Tokoh dengan Alasan – Siswa dapat menentukan keunggulan tokoh dengan alasannya.

Menentukan Keunggulan Tokoh dengan Alasannya
Kalian pasti memiliki alasan tersendiri saat memutuskan untuk membaca biografi satu tokoh idola. Siapa pun tokoh idola kalian, pasti ada suatu keunggulan yang dimiliki tokoh tersebut dibandingkan dengan tokoh yang lain. Kali ini, tugas kita adalah menemukan keunggulan-keunggulan setiap tokoh dari teks yang kita baca.
Keunggulan adalah suatu kelebihan, yaitu hal baik yang kita anggap menarik dari kehidupan seorang tokoh. Untuk dapat memahami keunggulan seorang tokoh, kita perlu memiliki kemampuan membaca intensif. Membaca intensif adalah membaca dengan saksama, teliti, dan mendalam tentang segala hal yang tertulis dalam teks agar isi bacaan dapat kita pahami secara utuh.

Perhatikan Contoh

Agar lebih jelas, perhatikanlah kutipan teks biografi di bawah ini! Carilah keunggulan pada tokoh tersebut!

       Reza Rahardian lahir di Bogor, 5 Maret 1987. Ia terlahir dari pasangan Bapak Rahim dan Ibu Pratiwi Widantini Matulessy. Reza adalah seorang aktor Indonesia. Ia memulai kariernya dengan menjadi seorang model dan berhasil meraih juara Favorite Top Guest majalah Aneka Yess! Tahun 2004. Reza mulai berkarier sebagai artis dengan bermain sinetron produksi Rapi Films. Kesempatan ini ia gunakan sebaik-baiknya dengan mengerahkan segala kemampuan yang dimiliki. Perjuangannya membuahkan hasil. Ia kembali dipercaya untuk memainkan beberapa judul sinetron besutan rumah produksi yang sama.
Setelah itu, karier Reza menanjak dengan bermain film layar lebar. Ia meraih Piala Citra 2009 untuk kategori pemeran utama pria terbaik. Pada tahun berikutnya, ia juga meraih Piala Citra untuk kategori pemeran utama pria terbaik dengan film “3 Hati, 2 Dunia, Satu Cinta”. Pada tahun 2013 lalu, ia juga berhasil membawa Piala Layar Emas IMA untuk kategori pemeran utama pria terfavorit di film “Habibie & Ainun”.
Masa kecil Reza dihabiskan di tiga kota bersama ibunya karena pada umur 6 bulan, orang tua Reza telah berpisah. Walaupun demikian, Reza tidak pernah merasa kehilangan figur ayah.

Sudahkah kalian menemukan keunggulan tokoh pada teks di atas? Jika kita cermati teks biografi di atas, dapat kita temukan kelebihan/keunggulannya. Yuk, kita simak beberapa keunggulan Reza Rahardian!
Inilah keunggulan Reza Rahardian yang dapat kita temukan berdasarkan teks di atas.
1. Meraih Piala Citra (paragraf 1 dan 2)
2. Berjuang keras untuk meningkatkan kualitas diri (paragraf 1)
3. Mandiri meski tanpa sosok seorang ayah (paragraf 3)

Poin Penting

Beberapa hal yang perlu dilakukan untuk menemukan keunggulan tokoh.
1. Memahami apa itu keunggulan, dan
2. Membaca teks secara intensif.

Menentukan Keunggulan Tokoh dengan Alasan | lookadmin | 4.5