Close Klik 2x

Menentukan Keunggulan dan Kelemahan Resensi dengan Baik

Advertisement

Menentukan Keunggulan dan Kelemahan Resensi dengan Baik – Siswa dapat menentukan keunggulan dan kelemahan resensi dengan baik.

Saat kalian membaca buku dan hendak meresensinya, apa hal yang perlu kalian cermati? Selain tentang penulisan resensi, kalian tentu perlu memperhatikan keunggulan dan kelemahan resensi. Keungulan dan kelemahan resensi tersebut dapat diketahui dengan proses membaca cermat dengan wawasan yang cukup. Pembaca tentu memiliki pendapat berdasarkan wawasannya dan mampu mengungkapkan penilaian terhadap buku yang dibacanya.

Keunggulan dan kelemahan resensi dapat dilihat dari unsur-unsur cerita dalam buku. Unsur-unsur cerita tersebut seperti tema, amanat, alur, penokohan, dan sebagainya. Keunggulan dan kelemahan tersebut dijelaskan dengan alasan yang logis. Jika perlu tuliskan bagian cerita atau isi buku yang menunjukkan hal itu.

Kalimat resensi yang menunjukkan keunggulan buku tentu berisi gagasan yang positif tentang buku tersebut. Kalimat resensi seperti ”Cerita dalam buku ini memberikan inspirasi dan bermanfaat bagi pembaca” merupakan salah satu kalimat resensi yang menunjukkan keunggulan buku. Gagasan dalam kalimat itu menunjukkan penilaian positif terhadap karya tertentu.

Kalimat resensi yang menunjukkan kelemahan buku dapat diketahui pula dengan memahami gagasan dalam kalimat tersebut. Jika gagasan dalam kalimat berisi penilaian yang negatif tentang suatu karya berarti kalimat resensi tersebut menunjukkan kelemahan buku seperti kalimat ”Pengarang banyak menggunakan istilah asing dalam bukunya sehingga pembaca tidak mampu memahaminya”. Kalimat tersebut menjadi salah satu contoh kalimat resensi yang menjelaskan kelemahan buku. Perhatikan kedua teks berikut ini untuk lebih jelasnya!

Coba bandingkan kedua teks tersebut dan temukan persamaan serta perbedaannya!

Persamaan kedua teks tersebut merupakan penggalan resensi yang menjelaskan tentang penilaian buku. Pada teks 1, penggalan resensi menjelaskan tentang keunggulan buku. Banyak kalimat dengan gagasan positif tentang buku yang diresensi pada teks tersebut seperti cerita yang ditulis oleh Julie sebagai pengarang buku memang sarat makna dan buku tersebut memang pas dibaca untuk memahami keadaan remaja dan segala problematikanya. Kedua pernyataan tersebut menunjukkan keunggulan dari buku yang ditulis oleh Julie.

Pada teks 2, penggalan resensi tersebut menjelaskan tentang kelemahan buku. Peresensi menuliskan dengan jelas bahwa kover yang menarik belum tentu menunjukkan isi buku yang menarik pula. Selain itu, peresensi menyatakan bahwa cerita misteri dalam buku tersebut tidak membuat pembaca greget dan sangat hambar. Pernyataan-pernyataan tersebut menunjukkan tentang kelemahan yang dimiliki oleh buku.

Poin Penting

  1. Keunggulan dan kelemahan buku yang diresensi dapat diketahui dengan memahami penilaian peresensi dalam resensi yang ditulisnya.
  2. Keunggulan buku yang diresensi disampaikan peresensi dengan memberikan pernyataan berupa penilaian positif terhadap buku.
  3. Kelemahan buku yang diresensi disampaikan peresensi dengan memberikan pernyataan berupa penilaian negatif terhadap buku.
Menentukan Keunggulan dan Kelemahan Resensi dengan Baik | lookadmin | 4.5