Menentukan Kadar Unsur

Menentukan Kadar Unsur – Dalam topik ini membahas tentang cara menentukan kadar unsur dalam senyawa. Sebelumnya kita telah mempelajari hukum-hukum dasar ilmu kimia yaitu Hukum Proust, Hukum Gay-Lussac, Hukum Lavoiser, Hukum Dalton, dan Hukum Avogadro.

Mari cermati tentang cara menentukan kadar unsur dalam senyawa. Rumus empiris dan rumus molekul dapat ditentukan jika kadar unsur-unsurnya diketahui. Begitu juga sebaliknya kadar unsur-unsur suatu senyawa bisa ditentukan berdasarkan rumus empirisnya. Rumus kimia senyawa menyatakan perbandingan mol atom unsur penyusunnya. Dari perbandingan ini, diperoleh perbandingan massa dan kadar (%) atom penyusunnya.

Rumus empiris

Merupakan rumus perbandingan jumlah mol unsur-unsur yang membentuk suatu senyawa, contohnya (CH2O)n, (CH2)n dan lain-lain.

Rumus molekul

Merupakan rumus kimia yang menggambarkan jumlah atom dan unsur penyusun suatu senyawa, contohnya C6H12O6, C4H8, dan lain-lain. Atas dasar perbandingan molekul, volume dan massa yang setara dengan jumlah mol, maka rumus molekul juga merupakan perbandingan mol dari atom-atom penyusunnya.

Dalam penentuan rumus molekul, perlu ditentukan terlebih dahulu rumus empirisnya. Selanjutnya dengan menggunakan data Mr senyawa, dapatlah ditentukan rumus molekunya.
Untuk menentukan rumus empiris dan rumus molekul suatu senyawa, dapat ditempuh dengan langkah sebagai berikut.

Ingat-Ingat

  1. Cari massa (persentase) tiap unsur penyusun senyawa.
  2. Ubah ke satuan mol.
  3. Perbandingan mol tiap unsur merupakan rumus empiris.
  4. Untuk mencari rumus molekul dengan cara : (rumus empiris)n= Mr dengan n dapat dihitung.
  5. Kemudian kalikan n yang diperoleh dari hitungan, dengan rumus empiris.
Menentukan Kadar Unsur | lookadmin | 4.5