Close Klik 2x

Menentukan Gagasan Utama dalam Teks

Advertisement

Menentukan Gagasan Utama dalam Teks – Siswa dapat menemukan gagasan utama dalam sebuah teks atau paragraf

Gagasan Utama
Gagasan utama adalah ide pokok atau pokok pikiran yang terkandung dalam suatu teks. Suatu teks terdiri atas beberapa paragraf. Setiap paragraf tersebut memiliki gagasan utama. Gagasan utama dalam sebuah paragraf berarti inti topik yang dibicarakan dalam paragraf tersebut. Gagasan utama disebut juga gagasan pokok. Gagasan utama didukung oleh gagasan penjelas. Gagasan penjelas adalah ide atau pikiran yang mendukung penjelasan gagasan utama dari setiap paragraf.

Gagasan utama dalam setiap paragraf terdapat dalam kalimat utama. Kalimat utama sendiri dapat terletak di awal paragraf, akhir paragraf, atau awal dan akhir paragraf.

Perhatikan Contoh

Mari Temukan Gagasan Utama dalam Paragraf Berikut!

Perhatikan paragraf berikut!

Pada paragraf tersebut, ide pokok yang dibicarakan adalah bahwa Andi layak mendapat penghargaan sebagai pelajar teladan (kalimat 1). Kalimat-kalimat selanjutnya (kalimat 2 hingga kalimat 5) merupakan penjelas dari gagasan utama, yaitu alasan mengapa Andi layak menjadi pelajar teladan. Gagasan yang terdapat kalimat-kalimat penjelas tersebut merupakan gagasan penjelas. Dengan demikian, gagasan utama dari paragraf tersebut terdapat di awal paragraf.

Perhatikan paragraf berikut!

Pada paragraf tersebut, dapat dilihat bahwa pokok pikiran atau inti topik yang dibicarakan adalah bahwa Pak Karyadi layak disebut sebagai guru teladan (kalimat 6). Kalimat 1 sampai kalimat kalimat 5 merupakan kalimat yang menjelaskan mengapa Pak Karyadi layak disebut guru teladan. Kalimat-kalimat tersebut merupakan gagasan penjelas. Dengan demikian, gagasan utama dari paragraf tersebut terdapat di akhir paragraf.

Perhatikan paragraf berikut!

Pada paragraf tersebut, gagasan utama yang dibicarakan adalah bahwa peringkat terbaik sebetulnya mudah untuk didapatkan. Gagasan tersebut terletak dalam kalimat 1 dan 6. Dengan demikian, kalimat utama pada paragraf tersebut adalah kalimat 1 dan 6. Kalimat lain yang merupakan kalimat penjelas yang mengandung gagasan penjelas, yaitu hal-hal yang harus diperhatikan untuk mendapatkan peringkat terbaik.

Poin Penting

  1. Gagasan utama adalah ide pokok atau pokok pikiran yang terkandung dalam teks atau paragraf.
  2. Gagasan utama terdapat dalam kalimat utama. Kalimat utama dapat terletak di awal paragraf, akhir paragraf, atau awal dan akhir paragraf.
Menentukan Gagasan Utama dalam Teks | lookadmin | 4.5