Close Klik 2x

Menentukan Gagasan Pengembangan Karya Tulis Sesuai Pengamatan

Advertisement

Menentukan Gagasan Pengembangan Karya Tulis Sesuai Pengamatan – Siswa mampu menulis karya ilmiah seperti hasil pengamatan dan penelitian.

Tujuan

Siswa dapat menulis karya ilmiah seperti hasil pengamatan dan penelitian.

Setelah kalian belajar tentang unsur karya tulis ilmiah, kini saatnya kalian belajar menentukan gagasan pengembangan karya tulis berdasarkan pengamatan. Tujuannya adalah agar kalian bisa dengan mudah menentukan gagasan pengembangan dari hasil pengamatan yang sudah kalian lakukan.

Kalian tentu sudah mengetahui bahwa sebuah karya tulis ilmiah disusun setelah penelitian atau pengamatan dilakukan, Setelah berbagai data dan bahan sudah terkumpul sebagai hasil dari pengamatan atau penelitian, kini tiba saatnya kalian mengembangkan gagasan berdasarkan hasil pengamatan atau penelitian yang sudah dilakukan.

Mengembangkan suatu gagasan dalam menulis suatu karya tulis ilmiah sebenarnya bisa dilakukan dengan berbagai cara. Salah satunya dengan melakukan pengamatan atau penelitian. Pengamatan bisa dilakukan dengan cara mengamati apa yang dilihat, apa yang dilakukan orang lain, atau pun peristiwa yang terjadi di masyarakat. Oleh sebab itu, jika kalian sudah memiliki sebuah ide, langsunglah lakukan pengamatan atau penelitian.

Hal pertama yang harus dilakukan saat akan melakukan pengamatan yaitu mengenali prosedur pengamatan. Dengan mengenali prosedur pengamatan, kegiatan pengamatan yang kalian lakukan akan lebih terarah dan sistematis.

Berikut ini prosedur pengamatan yang dimaksud.

• Menentukan topik pengamatan
Dalam tahap ini kalian harus menentukan topik dari pengamatan yang akan dilakukan. Misalnya saja tentang pengaruh gadget terhadap psikologis remaja. Bisa juga tentang ekstrakurikuler di sekolah.

• Menentukan tujuan
Dalam tahap ini, kalian harus menentukan tujuan dari pengamatan yang dilakukan misalnya saja untuk mengetahui seberapa besar dampak negatif yang disebabkan oleh gadget terhadap psikologis remaja.

• Menentukan objek pengamatan
Setelah tujuan pengamatan ditentukan, kalian akan menentukan objek pengamatan. Objek pengamatan atau sasaran pengamatan di sini tergantung dari topik pengamatan yang dipilih, bisa tumbuhan, bisa hewan, bisa manusia, atau hal lain.

• Membuat panduan pengamatan
Panduan pengamatan merupakan suatu patokan atau pedoman yang dibuat untuk melakukan suatu pengamatan. Panduan pengamatan ini penting dibuat agar kegiatan pangamatan dilakukan lebih terarah dan sistematis. Panduan pengamatan harus memuat pokok-pokok yang akan diteliti atau diamati, yang kemudian akan diisi oleh pengamat pda saat melakukan pengamatan.

• Melakukan pengamatan
Setelah berbagai hal yang dibutuhkan untuk pengamatan sudah siap, kegiatan yang selanjutnya adalah pengamatan. Dalam melakukan pengamatan ini, kalian harus melakukan sesuai dengan prosedur atau panduan pengamatan yang sudah dibuat. Hal ini perlu dilakukan agar pengamatan bisa dilakukan secara optimal dan hasil yang didapatakn menjadi maksimal. Pengamatan sendiri harus dilakukan seobjektif mungkin.

• Analisis hasil pengamatan
Setelah pengamatan dilakukan dan hasilnya didapatkan, barulah pengamat harus menganalisis hasil dari pengamatan tersebut. Analisis hasil pengamatan ini nantinya akan dibahas dalam bab pembahasan.

• Menyusun laporan hasil pengamatan
Dalam tahap ini, kalian akan mulai menyusun laporan hasil pengamatan dan analisisnya. Laporan hasil pengamatan inilah yang disebut karya tulis ilmiah.

Poin Penting

• Pengembangan gagasan dalam karya tulis bisa dilakukan dengan berbagai cara.
• Tahapan prosedur pengamatan antara lain : menentukan topik, menentukan tujuan, menentukan objek pengamatan, membuat panduan pengamatan, melakukan pengamatan, menganalisis hasil pengamatan, menyusun hasil pengamatan.

Menentukan Gagasan Pengembangan Karya Tulis Sesuai Pengamatan | lookadmin | 4.5