Menentukan Alur Cerita

Menentukan Alur Cerita – Siswa mampu menentukan alur pada novel remaja

Pada topik kali ini kita akan fokus belajar menentukan alur sebuah novel. Sebelum menentukannya, kita tentu harus memahami definisi dan jenis-jenis alur. Alur atau plot adalah rangkaian peristiwa yang direka dan dijalin dengan saksama dan menggerakkan jalan cerita melalui kerumitan ke arah klimaks dan penyelesaian. Alur terdiri atas tiga jenis, yaitu sebagai berikut.

1. Alur Maju
Alur maju adalah rangkaian peristiwa yang bergerak maju atau urutannya sesuai dengan urutan waktu kejadian. Dengan kata lain, jalan cerita dalam novel tersebut menceritakan masa kini dan terus bergerak ke masa depan. Tahapan alur yang digunakan dalam alur maju biasanya dimulai pengantar, penampilan/pengenalan masalah, klimaks, antiklimaks, dan penyelesaian. Perhatikan cuplikan novel berikut!

Cuplikan novel di atas mengisahkan keadaan saat itu yang bergerak maju. Pengarang menceritakan mereka bertiga pada waktu saat itu yang digambarkan waktu masa kini hingga terus menceritakan apa yang mereka alami selanjutnya.

2. Alur Mundur
Alur mundur adalah rangkaian peristiwa yang susunannya tidak sesuai dengan urutan waktu kejadian karena ceritanya bergerak mundur seperti mengenang masa lalu. Alur mundur biasa kita kenal dengan flashback. Tahapan alur yang digunakan dalam alur mundur biasanya dimulai dari penyelesaian dan masalah sebenarnya diceritakan ketika tokoh atau pengarang menceritakan masa lalu tokoh tersebut. Perhatikan cuplikan novel berikut!

Dalam cuplikan di atas, tokoh aku menceritakan masa lalu yang terlihat dalam ungkapan pertama “Hal yang tak akan pernah kulupakan adalah bahwa pagi itu…. dan diakhiri oleh ungkapan karena nanti ia—seorang anak miskin pesisir—akan menerangi nebula yang melingkupi sekolah miskin ini sebab ia akan berkembang menjadi manusia paling genius yang pernah kujumpai seumur hidupku.” Hal itu menunjukkan bahwa si aku sedang berada pada masa kini dan saat itu ia sedang mengenang masa lalunya, menceritakan teman masa kecilnya saat pertama kali masuk sekolah dasar dan temannya tersebut telah menjelma menjadi anak paling genius saat mereka telah menginjak sekolah menengah.

3. Alur Campuran
Alur campuran adalah rangkaian peristiwa dengan urutan cerita masa kini lalu di tengah cerita disisipi kisah-kisah masa lalu dan kembali ke cerita masa kini hingga masa depan. Tahapan alur yang digunakan pada alur jenis ini biasanya diawali oleh klimaks lalu mengingat awal penyebab masalah dan diakhiri oleh penyelesaian. Perhatikan contoh berikut!

Poin Penting

1) Alur merupakan susunan peristiwa atau kejadian yang membentuk sebuah cerita.
2) Alur terdiri atas tiga macam, yaitu sebagai berikut.

  • Alur maju adalah rangkaian peristiwa yang urutannya sesuai dengan urutan waktu kejadian atau cerita yang bergerak ke masa depan.
  • Alur mundur atau flashback adalah rangkaian peristiwa yang susunannya tidak sesuai dengan urutan waktu kejadian karena ceritanya bergerak mundur seperti mengenang masa lalu.
  • Alur campuran adalah rangkaian peristiwa dengan urutan cerita masa kini lalu di tengah cerita menceritakan masa lalu dan kembali ke cerita masa kini hingga masa depan.
Menentukan Alur Cerita | lookadmin | 4.5