Menemukan Realitas Kehidupan Anak yang Terefleksi dalam Cerita Anak

Menemukan Realitas Kehidupan Anak yang Terefleksi dalam Cerita Anak – Jika pada pembahasan sebelumnya kita telah menemukan cara mengidentifikasi perilaku dan kebiasaan dalam cerita anak, kali ini kita akan melanjutkan ke tahap selanjutnya, yaitu menemukan kesamaaan berupa perbuatan dalam cerita anak yang dialami pula dalam kehidupan nyata di sekeliling kita sebab kejadian-kejadian yang terdapat dalam sebuah cerita anak dapat terjadi dan dialami pula oleh anak-anak zaman sekarang.

Tentu kita ingin tahu cara untuk menemukan hal tersebut, bukan? Caranya mudah. Kalian tinggal mencari perbuatan selain perilaku dan kebiasaan tokoh dalam cerita anak yang selalu dilakukan juga oleh kita atau anak-anak lainnya. Agar memudahkan kalian untuk memahaminya, coba perhatikan kembali cerita anak di bawah ini!

Perhatikan Contoh

Realitas kehidupan yang terefleksi dalam cerita anak di atas adalah sebagai berikut.

  1. Membantu orang tua. Dalam cerita di atas, diceritakan bahwa Ravi membantu orang tuanya berjualan di pasar. Sementara pada realitasnya, anak-anak zaman sekarang pun banyak yang membantu orang tuanya dalam hal lain, misalnya beres-beres rumah.
  2. Mengejek orang lain karena benda yang dimilikinya jelek. Jika dalam cerita di atas Ravi diejek karena sepeda bututnya, dalam realitasnya kebiasaan mengejek di kalangan anak-anak masih terjadi jika anak-anak tersebut melihat kawannya memiliki benda jelek.
  3. Menolong orang yang kesulitan. Ketika dalam cerita Ravi menolong si kakek, dalam realitasnya banyak juga anak-anak yang selalu menolong orang lain saat sedang kesulitan, misalnya menolong sahabatnya ketika kehilangan uang jajan.

Poin Penting

  1. Kejadian-kejadian yang terdapat dalam sebuah cerita anak dapat terjadi dan dialami pula oleh anak-anak zaman sekarang.
  2. Cara menemukan realitas kehidupan yang terefleksi dalam cerita anak adalah dengan mencari perbuatan selain perilaku dan kebiasaan tokoh yang biasanya dilakukan juga oleh anak-anak masa kini.

 

Menemukan Realitas Kehidupan Anak yang Terefleksi dalam Cerita Anak | lookadmin | 4.5