Menemukan Pokok-Pokok Pesan Singkat

Menemukan Pokok-Pokok Pesan Singkat – Siswa mampu menemukan pokok-pokok pesan singkat

Apakah kamu pernah menggunakan telepon seluler untuk mengirimkan pesan singkat atau yang sering disebut dengan SMS (Short Message Service)? SMS merupakan salah satu jenis pesan singkat. Materi tersebut yang akan kita pelajari kali ini.

Berkat kemajuan teknologi, sekarang kita sudah memiliki pilihan untuk menyampaikan pesan lewat berbagai media. Media komunikasi terdiri dari atas media cetak (surat) dan media elektronik (misalnya menggunakan telepon seluler dan telegram).

Dalam melakukan komunikasi sehari-hari, kita seringkali terkendala ruang dan waktu. Misalnya, kakek kita berada di kampung, sedangkan kita ingin menyampaikan pesan yang sangat penting. Oleh sebab itu, kita biasanya memilih mengirim pesan singkat karena cepat, efektif, dan juga murah.

Biasanya dalam pesan singkat, kita hanya menulis berita hal dengan singkat, padat, dan jelas. Dalam beberapa kondisi, juga dibolehkan untuk menyingkat kata, asalkan masih dapat terbaca dan tetap sopan.

Ada beberapa jenis pesan singkat, yaitu telegram, memo/memorandum, dan SMS. Ayo kita pelajari satu per satu!

Telegram
Telegram digunakan untuk mengirim pesan singkat sekitar tahun 1940-an. Telegram dikirim dengan alat bernama telegraf, yang gambarnya bisa dilihat di bawah. Tarif telegram dulu dihitung berdasarkan jumlah katanya. Kini telegram sudah hampir tidak dipergunakan lagi.

Sumber: www.freeimages.com

Pokok-pokok pesan pada telegram langsung dapat dibaca dari isi telegram karena biasanya isinya dibuat sesingkat mungkin.

Perhatikan Contoh

Pesan pokok dari telegram di atas adalah sang pengirim (Andini) meminta sang penerima (Handi) di Surabaya untuk pulang ke rumah karena ayahnya sedang sakit keras.

Memo/Memorandum
Memo/memorandum adalah pesan singkat yang ditulis pada kertas. Memo dapat bersifat pribadi dan bisa juga bersifat resmi (yang biasanya dituliskan oleh atasan untuk bawahannya). Unsur-unsur yang terdapat dalam memo adalah sebagai berikut.

  1. kepala memo
  2. pengirim memo
  3. penerima memo
  4. isi memo
  5. tanggal penulisan memo
  6. tanda tangan dan nama pengirim memo

Perhatikan Contoh

Contoh memorandum dapat kamu lihat pada gambar di bawah ini.

 

Pokok-pokok pesan pada memo di atas dapat ditemukan pada bagian isi memo. Jadi, pesan pokok dari memo di atas adalah Bapak Jemmy Supit selaku kepala sekolah meminta wali kelas 7B untuk mempersiapkan siswanya untuk menjadi petugas upacara pada tanggal 16 Maret 2015.
SMS

Sumber: www.freeimages.com

 

SMS adalah layanan pesan singkat yang dikirimkan menggunakan telepon seluler. Penulisan SMS memiliki batasan karakter (jumlah huruf dan tanda baca) sehingga penulisannya sering kali disingkat. Perhatikan contoh kalimat SMS di bawah ini!

“Rin, blh pinjam buku catatan mtk-mu? Kalau blh, nanti sore sy ke rmh.”

Pokok-pokok pesan pada SMS langsung dapat dibaca dari isi SMS tersebut. Pesan pokok dari SMS tersebut adalah sang pengirim hendak meminjam buku catatan matematika milik Rini. Jika diizinkan, sang pengirim berniat untuk datang ke rumah Rini nanti sore.

Tarif SMS yang cukup murah dan terjangkau membuatnya sering disalahgunakan oleh masyarakat untuk melakukan aksi penipuan. Jika kamu mendapatkan SMS yang mencurigakan, ceklah kebenaran berita tersebut! Jika kamu tidak merasa pernah mengikuti undian, cukup biarkan SMS tersebut, tanpa perlu meladeninya. Kamu juga bisa melaporkannya kepada pihak yang berwenang, seperti kepolisian.

Dalam mengirim pesan singkat, alangkah baiknya kita memperhatikan orang yang dituju. Hal ini dapat menjadi acuan saat kita menulis pesan singkat. Jika pesan kita dikirim kepada orang yang lebih tua atau orang yang belum terlalu dikenal, baiknya kita gunakan bahasa yang lebih formal dan menghindari penyingkatan yang berlebihan.

  1. Pesan singkat adalah pesan yang ditulis secara singkat, padat, dan jelas.
  2. Beberapa jenis pesan singkat: telegram, memo/memorandum, dan SMS.
  3. Pokok-pokok pesan pada telegram langsung dapat dibaca dari isi telegram karena biasanya isinya dibuat sesingkat mungkin.
  4. Pokok-pokok pesan pada memo dapat ditemukan pada bagian isi memo.
  5. Pokok-pokok pesan pada SMS biasanya dapat langsung dibaca dari isi SMS tersebut.
  6. Dalam mengirim pesan singkat, alangkah baiknya kita memperhatikan orang yang dituju. Hal ini dapat menjadi acuan saat kita menulis pesan singkat. Jika pesan kita dikirim kepada orang yang lebih tua atau orang yang belum terlalu dikenal, baiknya kita gunakan bahasa yang lebih formal dan menghindari penyingkatan yang berlebihan.
Menemukan Pokok-Pokok Pesan Singkat | lookadmin | 4.5