Close Klik 2x

Menemukan Kata yang dirujuk Oleh indeks di dalam Teks

Advertisement

Menemukan Kata yang dirujuk Oleh indeks di dalam Teks – Siswa mampu menemukan kata yang dirujuk oleh indeks di dalam teks.

Pernahkah kamu ditugaskan untuk mencari kata tertentu dalam sebuah buku? Tentu pernah, kan? Pada saat kamu akan mencari kata yang dirujuk, alat bantu apakah yang digunakan? Tentu saja indeks.

Hampir setiap buku memiliki indeks. Indeks terletak pada halaman terakhir sebuah buku. Indeks berisi daftar kata dan nama orang yang tersusun secara alfabetis, beserta letak halaman kata tersebut berada. Indeks memiliki banyak manfaat, salah satunya adalah mengetahui keberadaan suatu kata dengan cepat. Itu berarti, kamu tidak perlu membaca keseluruhan teks yang terdapat pada buku untuk menemukan sebuah kata. Kamu dapat langsung mengecek indeks buku tersebut untuk mengetahui keberadaan kata tersebut.

Lalu bagaimana cara mencari kata yang dirujuk dalam indeks? Untuk menemukan kata yang dirujuk dalam indeks, ada beberapa cara yang dilakukan. Hal itu bergantung pada subjek kata yang dicari. Berikut adalah beberapa penjelasannya.

Jika subjek yang dirujuk adalah istilah atau kata, kamu tinggal mencari kata tersebut sesuai dengan urutan abjadnya. Berikut adalah contohnya.

Ide pokok paragraf, 23

Pada contoh indeks tersebut, kata yang dicari adalah Ide pokok paragraf. Kata tersebut terdapat di halaman 23.

Binatang langka, 44

Pada contoh indeks tersebut, kata yang dicari adalah binatang langka. Kata tersebut terdapat di halaman 44.

Ada pun jika kata yang dirujuk ini memiliki kata yang merupakan bagian dari subjek kata sebelumnya, penulisannya agak menjorok ke dalam. Berikut adalah contohnya.

Bentuk karangan, 44

– narasi, 44

– deskripsi, 44

Pada contoh indeks di atas, kata yang dirujuk adalah bentuk karangan. Kata tersebut terdapat di halaman 44. Kata ini memiliki perincian berupa kata narasi dan deskripsi. Kedua kata ini merupakan bagian dari subjek kata utamanya, yaitu bentuk karangan. Kata narasi dan deskripsidapat ditemukan juga di halaman 44.

Jika subjek yang dirujuk adalah nama orang, penulisannya harus dibalik. Nama belakang diletakkan di depan, sedangkan nama depan diletakkan di belakang. Berikut adalah contohnya.

Anwar, Chairil, 40

Agus, Rustam, 59

Armana, Dian, 60

Indeks di atas mengandung arti bahwa nama Chairil Anwar bisa dicari di halaman 40. Ada pun Agus Rustam terdapat di halaman 59, sedangkan Dian Armana di halaman 60.

Poin Penting

  1. Dalam keseharian, kamu tentu pernah ingin mencari suatu kata tertentu dalam sebuah buku. Salah satu cara untuk menemukan kata tertentu dalam sebuah buku adalah dengan berpatokan pada indeks.
  2. Indeks berisi daftar kata yang tersusun secara alfabetis dan disertai dengan halaman kata itu berada.
  3. Isi indeks terdiri atas indeks subjek kata atau istilah dan nama orang.
Advertisement
Menemukan Kata yang dirujuk Oleh indeks di dalam Teks | lookadmin | 4.5