Menemukan Ide Untuk Membuat Puisi

Menemukan Ide Untuk Membuat Puisi – Siswa mampu menemukan ide untuk membuat puisi.

Kalian pasti pernah mengalami sedih, marah, bahagia, kagum, kesal, dan perasaan lainnya. Biasanya, bagaimana kalian menunjukkan perasaan tersebut? Pernahkah terpikir untuk menunjukkan perasaan kalian melalui puisi? Lalu, bagaimana jika tiba-tiba kalian diberi tugas membuat puisi? Puisi seperti apa yang akan kalian buat? Nah, pada topik kali ini, kalian akan diajak menemukan banyak ide untuk membuat puisi.

Coba perhatikan foto di bawah ini!

Mari amati, kira-kira ide apa yang mungkin muncul dari foto tersebut? Ide puisi yang mungkin lahir dari foto di atas adalah mengenai ayah, anak, Tuhan, kebersamaan, kesabaran, keheningan, kekhusuyak, dan sebagainya. Coba amati lagi foto-foto lain yang menurutmu dapat diamati dan melahirkan ide untuk membuat puisi.

Jenis Puisi

Berdasarkan isinya, kalian bisa membuat puisi dengan jenis-jenis berikut ini.

1. Puisi Balada
Jika melihat seorang ayah dan anaknya yang memiliki kisah mengharukan, kalian dapat membuat puisi balada. Puisi balada adalah puisi yeng berisi kisah/cerita.

2. Puisi Elegi
Jika mengalami peristiwa sedih, kalian bisa membuat puisi elegi. Puisi elegi berisi hal-hal sedih.

3. Puisi Romance
Puisi romance biasanya mengungkapkan luapan kasih sayang.

4. Puisi Ode
Puisi ode adalah jenis puisi yang mengungkapkan kekaguman terhadap seseorang yang berjasa. Puisi ini bisa kalian buat ketika kalian merasa kagum pada jasa seseorang.

5. Puisi Himne
Puisi himne adalah puisi yang berisi tentang pujian terhadap Tuhan. Puisi ini bisa kalian buat jika sedang mengingat Tuhan, kebesaran Tuhan.

6. Puisi Satire
Puisi satire berisi sindiran, cemoohan, atau kritikan. Puisi ini bisa kalian buat jika kalian ingin menyindir seseorang atau keadaan.

7. Puisi Epigram
Puisi yang berisi ajaran hidup atau semangat perjuangan. Puisi ini bisa kalian buat jika sedang bersemangat dan ingin mengajak teman-teman lainnya bersemangat juga atau dalam keadaan baik lainnya.

Bagaimana Menemukan Ide?

Sebagai langkah pertama menulis puisi, ide sangatlah penting. Banyak orang yang menyebut ide sebagai inspirasi. Inspirasi lahir dari sesuatu yang menyentuh jiwa sehingga orang tersebut berminat membuat sentuhan itu menjadi puisi.

Ide bisa juga berupa pengalaman pancaindera terhadap sesuatu sehingga kalian harus melatih kepekaan pancaindera kalian di lingkungan sekitar.

Setelah mengetahui jenis-jenis puisi berdasarkan isinya, kalian akan lebih mudah menemukan ide untuk puisi kalian. Contohnya, kalian akan membuat puisi jenis balada, kalian harus mengingat peritiwa apa yang akan kalian sampaikan. Perhatikan diagram pemetaan ide berikut ini!

Berdasarkan diagram di atas, kalian dapat mendapatkan ide puisi dari segala hal yang berkaitan dengan Tuhan, benda di sekitar kita, tokoh terkenal, peristiwa, keadaan hati, alam, pemandangan, laut, profesi seseorang, kejadian sehari-hari, atau semangat tentang cita-cita.

Melatih diri mendapatkan ide adalah sebagai berikut.

  1. Jeli melihat lingkungan sekitar
  2. Sensitif terhadap orang di sekitar
  3. Selalu berpikir

Apa yang dilakukan setelah muncul ide?

  1. Mencatatnya dalam catatan sementara
  2. Membuka catatan di tempat yang memungkinkan
  3. Mulailah menulis puisi

Agar puisimu bagus, ada hal-hal yang menunjang pembuatan puisi selain ide, yaitu sebagai berikut.

  1. Pengetahuan
  2. Keterampilan mengolah kata-kata
  3. Kemahiran mengaitkan ide dengan imaji atau imaji-imaji lainnya

Contoh proses kreatif dalam menghasillkan karya

Menciptakan puisi merupakan proses kreatif seseorang. Puisi tidak lahir begitu saja. Ada tahapan-tahapan yang harus dilalui. Tahapan-tahapan tersebut adalah kehidupan sehari-hari yang dijalani, dilihat, dirasakan, diamati, dan lain sebagainya. Simaklah proses kreatif seorang Rendra, sang maestro puisi, sebagai berikut.

Poin Penting

Ide atau inspirasi datang ketika kita memiliki kepekaan sosial. Asahlah kepekaan sosial tersebut dengan sering-sering membaca lingkungan!

Menemukan Ide Untuk Membuat Puisi | lookadmin | 4.5