Menemukan Hal yang Menarik Dalam Cerpen

Menemukan Hal yang Menarik Dalam Cerpen – A. Definisi Cerpen

Menurut Suparyanta, Anton( 2007: 54), cerpen merupakan salah satu jenis prosa fiksi. Sementara itu Sahid (2005: 103), mengatakan bahwa Cerpen merupakan cerita atau narasi yang fiktif (tidak benar-benar terjadi, namun mungkin terjadi di mana saja dan kapan saja. Dari beberapa pendapat di atas dapat disimpulkan bahwa cerpen adalah dan merupakan suatu bentuk prosa naratif fiktif.

B. Definisi Hal Menarik dari Cerpen :

Menurut Isdriani, pudji (2009: 48), salah satu tujuan sebuah karya sastra (cerpen) dibuat untuk mengibur pembacanya. Unsur hiburan dalam karya sastra dapat kita temukan dari kemenarikan karya sastra itu sendiriYang dapat diketahui dari segi unsur-unsur intrinsik (tokoh dan wataknya, alur, latar, sudut pandang, tema, pesan/amanatnya) maupun ekstrinsiknya (latar belakang penulisan karya sastra, identitas pengarang, nilai-nilai karya sastra). Sementara itu untuk menanggapi hal menarik dalam ceita pendek dapat diketahui melalui unsur intrinsik. Unsur intrinsik yang dimasud misalnya tema, alur, tokoh dan pernokohan latar, konflik, dan amanat(Fibrianti, Ika. 2012:2).

Dari kedua pendapat tersebut dapat disimpulkan bahwa untuk mengetahui hal menarik dari cerpen dapat diketahui dari segi unsur-unsur intrinsik maupun ekstrinsiknya (dinamakan apresiasi sastra).

C. Contoh Soal :

Salsa ragu-ragu membuka pintu atau menyingkap tirai jendela. Perlahan, digesernya tirai itu sepanjang lima sentimeter; tidak tampak keberadaan mocil. Salsa lantas menggeser lagi tirai selebar sepuluh sentimeter, masih tidak tampak mocilyang dibencinya itu. Merasa aman Salsa menyikap habis tirai jendela, bersamaan dengan itu, tampak seraut wajah berbulu. Kedua tangannya yang berbulu hitam lebat itu menempel di jendela kaca.

Salsa terpana. Sementara itu, mocil senang bisa bertemu wanita cantik pemilik pohon jambu batu yang buahnya manis. Itu merupakan tempat favoritmocilsetelahmemperoleh kebebasan, terlepas dari rantai yang membelitnya.“Nguuukk … nguukk …!” mocil berteriak. Salsa sadar bahwa dirinya sedang terancam! Dia belum menemukan akal mengusirmocil.

“Nguukk … nguukk …”mocil menyeringai dengan mata merah, sepertinya ia marah.

“Pergi dari rumahku sana! Pergiiii …!” Salsa berteriak histeris.
Mocil kaget, tapi hanya sebentar. Lantas ia ribut berteriak dan mulai menggedor-gedor kaca jendela sambil menyeringai. Kali ini, mocil ingin meledek Salsa. Melihat mocil terus berteriak sambil menggedor-gedor kaca jendela. Keringat dingin mulai menutupi pori-pori kulit seluruh tubuhnya.

Berikut adalah hal-hal menarik dari cerpen diatas, adalah…
A. Ketakutan Salsa menghadapi mocil.
B. Salsa melawan seekor monyet kecil.
C. Meskipun takut, Salsa berusaha melawan mocil.
D. Salsa menganggap mocil sebagai musuhnya.
E. Ceritanya sulit untuk dipahami.

Pembahasan :

Jawaban A benar, karena tokoh Salsa merasa panik saat mendapati hewan yang dibencinya sudah berada di depan jendela kacanya. Salsa berteriak histeris mengusir mocil, dan menganggap mocil memahami keinginannya.

Jadi jawaban hal yang menarik dari cerita di atas adalah penokohan.

  • Jawaban Salsa melawan seekor monyet kecil, salah karena tidak ada sentuhan fisik.
  • Jawaban meskipun takut, Salsa berusaha melawan mocil, salah karena cerita hanya berisi ketakutan Salsa terhadap keberadaan mobil.
  • Jawaban Salsa menganggap mocil sebagai musuhnya, salah sebab kurang tepat.
  • Jawaban ceritanya sulit dipahami salah, karena cerita mudah dipahami.
Menemukan Hal yang Menarik Dalam Cerpen | lookadmin | 4.5