Close Klik 2x

Menemukan Hal Istimewa Dalam Diri Tokoh

Advertisement

Menemukan Hal Istimewa Dalam Diri Tokoh – Siswa dapat menemukan hal istimewa dalam diri tokoh

Menemukan Hal Istimewa dalam Diri Tokoh

Pada materi lalu, kita telah belajar mengenai keteladanan yang dapat diambil dari kehidupan seorang tokoh. Kali ini kita akan belajar menemukan hal istimewa dalam diri tokoh. Jika keteladanan adalah hal baik yang dapat dicontoh dari diri seorang tokoh, keistimewaan adalah unsur yang unik yang dimiliki tokoh dan tidak dimiliki oleh orang lain. Dapat dikatakan bahwa keistimewaan adalah ciri khas dan kekhususan tokoh tersebut.
Untuk mencari keistimewaan seorang tokoh, perhatikan dan carilah hal yang luar biasa yang dilakukan tokoh dalam kehidupannya. Biasanya ada tindakan yang membuat ia terkenal sepanjang sejarah. Selain itu, keistimewaan juga dapat muncul karena karyanya, pemikirannya, dan kepemimpinanya.
Sebut sebagai contoh adalah Bung Tomo yang terkenal dengan semangatnya saat berpidato pada 10 November 1945 saat Pertempuran Surabaya atau Ki Hajar Dewantara yang membuat Taman Siswa. Keduanya melakukan suatu hal yang luar biasa dan tidak semua orang mampu melakukannya.

Perhatikan Contoh

Agar lebih jelas, mari kita cermati teks biografi di bawah ini!

       Tahukah kalian dengan Abu Ali Husein bin Abdillah bin Hasan bin Ali bin Sina atau yang dikenal dengan nama Ibnu Sina dan lebih dikenal sebagai Avicena di Eropa. Ya, ia disebut juga sebagai bapak kedokteran modern. Ibnu Sina kecil memang dikenal sebagai anak yang jenius dan sudah mempelajari banyak ilmu dan ahli dalam pengobatan. Hingga saat ia diundang Raja Bukhara, Nuh bin Mansur, untuk mengobati penyakitnya, Ibnu Sina diperkenankan untuk memasuki perpustakaan istana Samani. Dalam riwayatnya ia mengatakan ia sangat senang dengan perpustakaan tersebut. Semua buku yang ia sukai ada di sana.
       Ibnu Sina membuat karya fenomenal yang ia beri judul Al-Qanun. Ini adalah buku ilmu kedokteran yang menjadi rujukan utama dan paling otentik. Kitab ini mengupas kaidah-kaidah umum ilmu kedokteran, obat-obatan, dan berbagai macam penyakit. Buku Al-Qanun diterjemahkan ke dalam banyak bahasa dan pernah menjadi kurikulum pendidikan kedokteran di universitas-universitas Eropa.

Dapatkah kalian menemukan keistimewaan dari Ibnu Sina berdasarkan teks di atas? Suatu hal yang menjadi ciri khas Ibnu Sina adalah buah pemikirannya yang fenomenal yang berjudul Al-Qanun. Karena buku inilah, ia dikenal sebagai bapak kedokteran modern. Inilah keistimewaan Ibnu Sina yang tidak terdapat pada diri tokoh lainnya.

Poin Penting

       Keistimewaan adalah ciri khas seorang tokoh yang tidak terdapat pada tokoh lainnya. Dapat dikatakan pula bahwa keistimewaan adalah kelebihan tokoh yang bersangkutan yang orang lain sulit melakukannya.
Unsur keistimewaan:
1. Karya
2. Kepemimpinan
3. Pemikiran/kata-kata
4. Tindakan yang menginspirasi

Advertisement
Menemukan Hal Istimewa Dalam Diri Tokoh | lookadmin | 4.5