Close Klik 2x

Menemukan Hal-hal Pokok dalam Pidato, Ceramah dan Khotbah

Advertisement

Menemukan Hal-hal Pokok dalam Pidato, Ceramah dan Khotbah – Sebelum kita belajar tentang cara menemukan hal-hal pokok dalam pidato/ceramah/khotbah, sebaiknya kita pelajari terlebih dahulu definisi pidato, ceramah, atau khotbah. Pidato adalah pengungkapan pikiran dalam bentuk kata-kata yang ditujukan kepada orang banyak atau paparan lisan yang disampaikan seorang pembicara kepada khalayak. Misalnya pidato ketua OSIS dalam acara penglepasan siswa kelas IX dan pidato kepala sekolah pada saat upacara bendera. Ceramah adalah pidato oleh seseorang dihadapan banyak pendengar mengenai suatu hal, pengetahuan, dsb. Misalnya ceramah oleh pakar pendidikan tentang arti pentingnya pendidikan bagi generasi muda. Khotbah adalah pidato yang biasanya menguraikan tentang hal yang berhubungan dengan ajaran agama. Misalnya khotbah yang disampaikan oleh juru ceramah pada salat Jumat di masjid.

Hal-hal pokok dalam pidato/ceramah/khotbah adalah hal-hal penting yang ada pada isi pidato. Dengan menemukan hal-hal pokok tersebut diharapkan peserta didik memahami isi pidato yang disampaikan oleh pembicara.

Perhatikan Contoh

Untuk lebih jelasnya, mari kita perhatikan kutipan pidato berikut.

Para hadirin yang saya hormati,
Organisasi Karang Taruna tidak mungkin terlepas dari situasi yang sedang berkembang saat ini. Mau tidak mau organisasi wadah pemuda-pemudi Republik Indonesia yang akan datang harus menjadi organisasi yang mandiri dan lepas dari birokrasi. Pimpinan organisasi dipilih berdasarkan kualifikasi dan kemampuan seorang pimpinan sehingga nantinya tidak ada alasan lagi untuk mengatakan bahwa organisasi Karang Taruna hanya sebagai organisasi pelengkap di pemerintahan desa.

Hal-hal pokok pada kutipan pidato di atas adalah:
1. Organisasi Karang Taruna harus menjadi organisasi yang mandiri dan lepas dari birokrasi.
2. Pimpinan organisasi dipilih berdasarkan kualifikasi dan kemampuan seorang pimpinan.

Poin Penting

Untuk menemukan hal-hal pokok dalam pidato/ceramah/khotbah, perlu diperhatikan langkah-langkah sebagai berikut. Pertama, mendengarkan pidato dengan saksama dan penuh konsentrasi pada materi yang disampaikan pembicara. Kedua, mencatat hal-hal penting atau hal-hal pokok isi pidato yang didengar.

Menemukan Hal-hal Pokok dalam Pidato, Ceramah dan Khotbah | lookadmin | 4.5