Close Klik 2x

Menemukan Gagasan dari Buku

Advertisement

Menemukan Gagasan dari Buku – Siswa dapat menemukan gagasan dari buku melalui kegiatan membaca ekstensif

Sebelum mempelajari cara menemukan gagasan dari buku melalui kegiatan membaca ekstensif, sebaiknya kita pahami beberapa istilah terkait berikut ini!

Buku
Buku adalah kumpulan lembaran yang berisi tulisan-tulisan seseorang mengenai topik tertentu atau kumpulan tulisan beberapa orang yang memiliki topik yang sama. Buku memiliki pembahasan yang lebih luas daripada artikel. Bahkan, buku bisa berupa kumpulan artikel yang memiliki persamaan topik atau pembahasan. Oleh karena itu, menemukan gagasan dari buku harus memperhatikan gagasan dari setiap tulisan yang dimuat di buku tersebut.

Membaca Ekstensif
Membaca ekstensif adalah membaca secara cepat dan sekilas untuk mengetahui gambaran umum mengenai teks yang dibaca, baik artikel maupun buku. Membaca ekstensif disebut juga membaca luas, karena hanya diperlukan waktu yang singkat untuk mengungkapkan gagasan yang terkandung dalam buku yang dibaca.

Gagasan
Gagasan adalah pikiran atau ide pokok yang terkandung dalam setiap teks, termasuk buku. Gagasan biasanya terdapat dalam kalimat utama yang mengandung inti persoalan yang dibicarakan. Gagasan utama dari teks dapat terletak di awal paragraf, akhir paragraf, awal-akhir paragraf, atau tertulis secara implisit di dalam teks. Di dalam buku, gagasan merupakan pikiran utama yang menjadi landasan pembahasan setiap teks di dalam buku tersebut.

Menemukan Gagasan dari Buku dengan Membaca Ekstensif

Sebagaimana dijelaskan sebelumnya, buku memiliki cakupan tulisan yang lebih luas daripada artikel. Menemukan gagasan dari buku berarti mencari pikiran utama yang menjadi landasan pembahasan buku tersebut secara keseluruhan. Gagasan tersebut dapat ditemukan melalui kegiatan membaca ekstensif. Dengan membaca ekstensif, pembaca hanya akan berfokus pada bagian-bagian penting yang kemudian dapat ditentukan menjadi gagasan dari buku tersebut.

Berikut langkah-langkah menemukan gagasan dari buku dengan membaca ekstensif.

  1. Membaca bagian penting dari buku, seperti judul, daftar isi, dan sinopsis buku (jika ada, biasanya ada di bagian belakang);
  2. Membaca keseluruhan isi buku dengan teknik membaca skimming, yaitu membaca cepat dengan tujuan menemukan gagasan utama dari teks yang dibaca;
  3. Fokus pada bagian awal dan akhir judul setiap bab dan subbab. Permasalahan pokok biasanya terletak pada awal (pengantar) dan akhir (simpulan) setiap bab atau subbab;
  4. Menandai kata-kata kunci atau permasalahan pokok yang dibicarakan dalam keseluruhan isi buku;
  5. Menggali informasi penting dengan memperhatikan prinsip Apa, Di mana, Kapan, Siapa, Mengapa, dan Bagaimana (ADIKSIMBA) atau 5W1H terhadap permasalahan yang dibicarakan.

Perhatikan Contoh

Contoh Menemukan Gagasan dari Buku
Untuk menemukan gagasan dari buku, perhatikan bagian-bagian penting dari sebuah buku sebagai berikut:

  • Judul              : Siapa Sahabat Sejatimu?
  • Penulis          : Amran Rinaldi Khalif
  • Tahun Terbit : 2009
  • Sinopsis Buku :
    Sahabat bukan tentang siapa yang berada paling depan saat kamu berbahagia. Ia justru yang paling dekat saat kamu bersedih. Sahabat bukan siapa yang mendukungmu untuk melakukan hal-hal yang menyenangkan dirimu sendiri. Ia justru akan mengingatkan saat kamu melakukan hal-hal yang merugikan dirimu sendiri. Buku ini akan menuntunmu untuk menemukan sahabat sejatimu.
  • Daftar Isi :
    Buku ini terdiri atas beberapa bab berikut.

1. Apa itu Sejati?
2. Bagaimana Sahabat Berjalan di Depanmu?
3. Bagaimana Sahabat Berjalan di Belakangmu?
4. Bagaimana Sahabat Merugikanmu?
5. Siapakah Sahabat Sejatimu?

Berdasarkan bagian penting dari buku di atas diserati membaca keseluruhan isi buku dengan teknik skimming, diperoleh gagasan sebagai berikut.

  1. Buku tersebut membahas seputar persahabatan, seperti apa ciri-ciri sahabat sejati dan bagaimana menemukan sahabat sejati;
  2. Sahabat sejati tidak akan merugikan hidup kita, namun memberikan manfaat.

Poin Penting

  1. Buku adalah kumpulan lembaran yang berisi tulisan-tulisan seseorang mengenai topik tertentu atau kumpulan tulisan beberapa orang yang memiliki topik yang sama. Buku memiliki pembahasan yang lebih luas daripada artikel.
  2. Gagasan adalah pikiran atau ide pokok yang terkandung dalam setiap teks, termasuk buku.
  3. Menemukan gagasan dari buku dapat dilakukan melalui kegiatan membaca ekstensif, yaitu membaca secara cepat dan sekilas untuk mengetahui gambaran umum mengenai teks yang dibaca.
  4. Teknik membaca skimming adalah membaca cepat dengan tujuan menemukan gagasan utama dari teks yang dibaca, termasuk buku.
Menemukan Gagasan dari Buku | lookadmin | 4.5