Close Klik 2x

Mendata Pokok-Pokok Isi Artikel

Advertisement

Mendata Pokok-Pokok Isi Artikel – Siswa dapat menjelaskan secara lisan dari uraian topik tertentu dengan mendata pokok-pokok isi artikel dengan baik.

Perhatikanlah teks berikut ini.

Pupuk Terus Rasa Cinta Tanah Air

Indonesia yang menjadi negara kita ini didapatkan dari hasil komitmen dan perjuangan panjang dari seluruh anak bangsa. Mereka merelakan harta, darah, dan air mata untuk memerdekaan Indonesia dari penjajah. Bagi kita yang tidak turut berjuang pada masa lalu, kita dapat memanfaatkan kemerdekaan yang telah kita miliki ini dengan baik. Mencintai membanggakan, dan menjaga Indonesia menjadi kewajiban untuk seluruh rakyat Indonesia.

Zaman terus berganti tetapi sejarah tidak akan pupus oleh waktu. Pengorbanan anak bangsa yang tak ternilai tersebut menjadi pikiran untuk Namto H. Roba, Bupati Halmahera Barat, untuk selalu menghargai jasa-jasa pahlawan yang gugur untuk memperjuangkan kemerdekaan.

Bagi Namto, ”Sebagai generasi penerus cita-cita bangsa, kita wajib menghargai dan melanjutkan komitmen dan perjuangan para pahlawan pendiri bangsa ini.” Karena itulah, Namto berkeinginan agar seluruh komponen masyarakat di Halmahera Barat, selalu menghargai dan melanjutkan perjuangan pahlawan pendiri bangsa ini. Tentunya, dengan selalu meningkatkan rasa cinta terhadap tanah air Indonesia.

Di samping itu, sebagai Bupati Halmahera Barat, ia menyatakan bahwa perwujudan rasa cinta terhadap tanah air itu harus ditunjukkan dalam berbagai aktivitas kehidupan. Oleh sebab itu, pada periode kedua kepemimpinannya (2011-2016) di Kabupaten Halmahera Barat, ia sangat ingin mewujudkan visi pembangunan dengan membangun Halmahera Barat dengan kasih, makmur, mandiri, adil, dan berbudaya. Demikian pula dengan makna dalam nilai-nilai kasih sangatlah luas dan dapat dijadikan dasar, filosofi, dan semangat untuk kehidupan sejahtera.

Ia juga meyakini, dengan melaksanakan nilai-nilai kasih dengan baik dan benar, maka masyarakat Halmahera Barat akan menjadi masyarakat yang cinta kepada tanah air, masyarakat yang cinta kepada sesama, cinta kepada pemimpin, dan sebaliknya pemimpin pun mencintai rakyatnya. Idealisme itulah yang kelak akan membentuk masyarakat yang saling menghargai antara satu kelompok dengan kelompok yang lain, masyarakat yang sadar dan taat terhadap hukum, serta pandai bermusyawarah.

Manurut Namto, saat ini azas musyawarah dalam menyelesaikan masalah di dalam masyarakat sudah menjadi barang langka. Penyelesaian sebagian besar masalah yang terjadi di masyarakat sering berujung pada konflik dan perbuatan anarkis. Padahal kita memiliki nilai-nilai atau norma-norma musyawarah yang sangat kuat. Berdasarkan hal itu, Namto berencana mengeluarkan kebijakan dan program melalui Peraturan Bupati yang bertujuan untuk meningkatkan rasa cinta masyarakat Halmahera Barat terhadap tanah air.

Peraturan Bupati tersebut akan mengatur kegiatan cinta tanah air dan Negara Kesatuan Republik Indonesia, yang dilaksanakan melalui kegiatan upacara bendera bersama setiap tiga bulan sekali. Upacara bendera ini dilaksanakan di tingkat SD, SMP, SMA, Perguruan Tinggi, para guru, tokoh, masyarakat, tokoh agama, tokoh adat, LSM, OKP, dan ormas.

Setelah membaca teks tersebut, apakah kalian tahu jenis teks itu? Lalu, apakah kalian mengetahui, di mana teks tersebut dapat ditemukan? Kalian tentu menemukan banyak jenis teks di berbagai media massa atau media online, salah satunya adalah artikel. Mengapa teks tersebut disebut sebagai artikel? Apakah kalian sudah mengetahui alasannya?

Kalian dapat memperhatikan kembali contoh teks tersebut. Artikel ditulis dengan jumlah kata tertentu dan dimuat di majalah, surat kabar, buletin, dan sebagainya. Artikel berisi tentang keadaan faktual yang bertujuan untuk menyampaikan gagasan yang mendidik, menyakinkan, dan menghibur pembaca. Artikel juga memuat ide dan pendapat seseorang tentang masalah tertentu yang bersifat aktual atau kontroversial. Artikel ini bertujuan untuk mengenalkan suatu konsep kepada pembaca.

Setelah mengenal artikel secara umum, kalian dapat memahami pokok-pokok isi artikel tersebut. Pokok-pokok tersebut dapat kalian temukan dengan memahami setiap gagasan dalam setiap paragraf. Lalu, kalian mengambil kesimpulan tentang pokok pembahasan dalam artikel tersebut.

Mari kita ulas pokok-pokok isi artikelnya.

Berdasarkan contoh teks artikel yang telah kalian baca sebelumnya, kalian dapat mendiskusikan beberapa pokok isi artikel tersebut, yaitu sebagai berikut.

1. Bangsa Indonesia adalah bangsa yang besar yang didapatkan dari komitmen dan perjuangan anak bangsa bukan sebagai hadiah dari siapa pun.

2. Namto H. Roba sebagai Bupati Halmahera Barat selalu berusaha untuk memupuk terus rasa menghargai terhadap jasa-jasa pahlawan yang telah gugur.

3. Namto menegaskan bahwa ia ingin agar seluruh komponen masyarakat di Halmahera Barat selalu menghargai dan melanjutkan komitmen serta perjuangan pahlawan pendiri bangsa Indonesia.

4. Rasa cinta tanah air Indonesia harus tercermin dalam seluruh aktivitas kehidupan.

5. Dengan nilai-nilai kasih yang baik dan benar, Halmahera Barat akan menjadi masyarakat yang mencintai tanah air, sesama, dan pemimpinnya.

6. Azas musyawarah dalam menyelesaikan masalah sudah jarang ditemukan dalam masyarakat saat ini.

7. Namto membuat kebijakan dan program melalui Peraturan Bupati untuk meningkatkan rasa cinta masyarakat Halmahera Barat terhadap tanah air.

Jika kalian dapat menentukan pokok-pokok isi artikel, kesimpulan isi artikel pun akan mudah dibuat. Kalian hanya perlu menggunakan konjungsi atau menyambungkan setiap pokok isi tersebut menjadi kesimpulan yang jelas. Kesimpulan tersebut tentu berisi gagasan yang sama dengan artikel tersebut.

Poin Penting

Pokok-pokok isi dalam artikel dapat ditemukan dengan menemukan gagasan dalam setiap paragraf. Dengan mendata pokok-pokok isi tersebut, kalian akan dimudahkan untuk membuat kesimpulan dan memahami keseluruhan isi teks. Selain itu, kalian dapat lebih memahami kriteria yang dimiliki oleh sebuah artikel.

Mendata Pokok-Pokok Isi Artikel | lookadmin | 4.5