Close Klik 2x

Mendata Masalah dalam Novel

Advertisement

Mendata Masalah dalam Novel – Siswa dapat mendata masalah dalam novel.

Masalah pasti selalu hadir dalam kehidupan. Tidak hanya dalam realita, tetapi dalam kisah fiktif atau kehidupan rekaan hasil imajinasi pun, seperti novel, selalu dibubuhi masalah. Tujuan dibuatnya masalah dalam novel atau cerita apa pun yaitu agar pembaca tidak bosan dengan alur yang datar saja, menjalani kehidupan dengan mulus dan lancar saja tanpa adanya tantangan dan perjuangan melawan atau menghadapi rintangan sehingga masalah dibuat sebagai bumbu kehidupan dalam kisah fiktif imajinatif tersebut. Selain itu, munculnya masalah agar pembaca pun dapat ikut hanyut dalam kisah seolah merasakan masalah yang dihadapi tokoh dalam novel.

Adanya masalah dalam novel selalu berhubungan dengan alur. Biasanya, kita dapat mengetahui adanya masalah tersebut ketika kita membaca sebuah novel yang berada pada bagian klimaks atau puncak masalah sebab dari situ terlihat jelas siapa yang memiliki masalah dan masalah apa yang dihadapinya.

Masalah dihasilkan dari sebuah konflik yang terjadi dalam cerita atau novel. Penyebab konflik biasanya karena tidak adanya kesepakatan atau pengaturan secara teratur antara keinginan yang satu dan keinginan yang lainnya. Bisa juga karena tidak adanya kesepakatan antara ego yang satu dan ego yang lainnya.

Konflik dalam sebuah cerita terdiri atas dua macam, yaitu sebagai berikut.

1) Konflik fisik adalah perbenturan antara manusia dengan alam, misalnya masalah yang dialami manusia akibat longsor. Perhatikan contoh berikut!

2) Konflik sosial adalah pertentangan antara manusia dengan manusia lainnya, misalnya karena dihina. Perhatikan cuplikan novel berikut!

3) Konflik batin adalah pertentangan yang terjadi dalam diri manusia itu sendiri, misalnya seorang tokoh yang dilema akan keputusan yang harus diambilnya. Perhatikan cuplikan berikut!

Dengan demikian, langkah yang bisa kita gunakan untuk mengetahui masalah yang terjadi dalam sebuah novel adalah sebagai berikut.

  1. Baca dan pahami keseluruhan isi novel!
  2. Tandai cuplikan yang mulai menampilkan pengenalan masalah!
  3. Tandai cuplikan yang menunjukkan puncak masalah!
  4. Buat data tokoh yang bermasalah dalam setiap cuplikan!
  5. Pahami penyebab masalahnya!
  6. Pahami konflik yang terjadi dalam cuplikan novel!

Poin Penting

1) Masalah dalam novel atau cerita dibuat agar kisah yang disampaikan menjadi lebih hidup.
2) Masalah selalu berhubungan dengan alur cerita.
3) Langkah untuk mengetahui masalah yang terjadi dalam sebuah novel adalah sebagai berikut.

  • Baca dan pahami keseluruhan isi novel!
  • Tandai cuplikan yang mulai menampilkan pengenalan masalah!
  • Tandai cuplikan yang menunjukkan puncak masalah!
  • Buat data tokoh yang bermasalah dalam setiap cuplikan!
  • Pahami penyebab masalahnya!
Mendata Masalah dalam Novel | lookadmin | 4.5