Mendata Latar dalam Novel

Mendata Latar dalam Novel – Siswa mampu mendata latar dalam novel remaja.

Pada topik sebelumnya, kita sudah membahas salah satu unsur intrinsik dalam sebuah novel, yakni tema. Pada kesempatan kali ini, kita akan membahas unsur yang lainnya, yaitu latar. Dalam sebuah novel, keberadaan latar pun sangat penting. Melalui latar, kita akan mengetahui tempat dan waktu kejadian berlangsung serta suasana yang menaungi tokoh pada saat kejadian atau adegan berlangsung. Selain itu, latar dapat menciptakan kesan realistis dan seolah-olah peristiwa itu benar-benar ada karena latar berfungsi membuat cerita tampak lebih hidup serta menggambarkan situasi psikologis dan batin tokoh. Latar tidak hanya digambarkan secara fisik, tetapi juga dapat berupa tata cara, adat istiadat, kepercayaan, dan nilai-nilai yang berlaku.

Latar terdiri atas tiga jenis, yaitu

1. Latar Tempat
Latar tempat menunjukkan semua tempat yang ada dalam kejadian ketika kejadian/masalah berlangsung. Perhatikan contoh berikut ini!

Latar tempat dalam cuplikan novel di atas adalah di apartemen.

2. Latar Waktu
Latar waktu menunjukkan setiap waktu yang disebutkan pada saat kejadian/masalah berlangsung. Perhatikan contoh berikut ini!

Latar waktu dalam cuplikan novel di atas adalah Senin pagi.

3. Latar Suasana
Latar suasana menunjukkan keadaan psikis atau batin yang menaungi tokoh ketika kejadian atau adegan berlangsung. Perhatikan contoh berikut ini!

Suasana yang tergambar dalam kejadian di atas adalah tegang karena ada tokoh Pak Mustar yang mengamuk dan marah besar serta ada tokoh-tokoh lainnya yang kena marah Pak Mustar sampai dikejarnya.

Poin Penting

  1. Latar terdiri atas tiga jenis, yaitu tempat, waktu, dan suasana.
  2. Latar dapat menciptakan kesan realistis dan seolah-olah peristiwa itu benar-benar ada.
  3. Latar berfungsi membuat cerita tampak lebih hidup serta menggambarkan situasi psikologis dan batin tokoh.
  4. Latar tidak hanya digambarkan secara fisik tetapi juga dapat berupa tata cara, adat istiadat, kepercayaan, dan nilai-nilai yang berlaku.
Mendata Latar dalam Novel | lookadmin | 4.5