Close Klik 2x

Menarasikan Teks Wawancara

Advertisement

Menarasikan Teks Wawancara – Siswa mampu menarasikan teks wawancara

Di pelajaran sebelumnya, kamu telah belajar mengenai wawancara dengan narasumber serta mendalami tentang kalimat langsung dan tidak langsung. Mari kita ulang sedikit!

Pernahkah kamu membaca berita dan artikel di majalah atau koran? Berita atau artikel biasanya berbentuk narasi. Narasi adalah uraian tentang suatu hal. Berita bisa didapatkan dengan dengan melakukan wawancara. Wawancara adalah kegiatan tanya jawab antara penanya dan narasumber. Narasumber adalah orang yang diwawancarai, yaitu orang yang mengetahui tentang hal-hal atau kejadian yang akan dijadikan berita.

Wawancara biasanya dilakukan dalam bentuk dialog atau percakapan. Dalam dialog, kita menggunakan kalimat langsung. Kalimat langsung adalah kalimat yang berisikan perkataan atau ucapan seseorang.

Dalam berita atau artikel, kita akan lebih banyak menggunakan kalimat tidak langsung. Kalimat tidak langsung merupakat kalimat yang isinya menceritakan kembali isi perkataan atau ucapan orang lain. Mari kita perhatikan contoh di bawah ini!

Perhatikan Contoh

Menarasikan Teks Wawancara

Dalam topik ini, kamu akan belajar cara mengubah teks wawancara menjadi teks narasi. Setelah melakukan wawancara dan mengubah percakapan tersebut menjadi kalimat tidak langsung, langkah selanjutnya adalah menyusun kalimat tidak langsung tersebut menjadi sebuah narasi. Mari kita simak contoh teks wawancara berikut.

Perhatikan Contoh

       Sekarang, mari kita ubah kalimat langsung dalam teks wawancara di atas menjadi kalimat tidak langsung dalam narasi!

Perhatikan Contoh

       Setelah teks narasi jadi, kita masih harus menyuntingnya agar teks narasi tersebut menjadi lebih menarik. Teknik atau langkah-langkah menyunting teks akan dibahas dalam topik “Menyunting Teks Narasi” (topik selanjutnya)

Poin Penting

Langkah mengubah teks wawancara menjadi teks narasi adalah sebagai berikut.

  1. Lakukan wawancara dengan memilih narasumber yang tepat
  2. Tulis hasil teks wawancara dalam kalimat langsung
  3. Ubah kalimat langsung dalam teks wawancara menjadi kalimat tidak langsung
  4. Susun menjadi narasi dalam bentuk paragraf
  5. Menyunting teks narasi
Menarasikan Teks Wawancara | lookadmin | 4.5