Memperkenalkan Diri di dalam Forum Resmi

Memperkenalkan Diri di dalam Forum Resmi – A. Definisi

Memperkenalkan diri di dalam forum resmi adalah memperkenalkan diri melalui kegiatan remi di hadapan publik. Banyak cara digunakan orang untuk memperkenalkan diri, diantaranya ketika melakukan diskusi. Untuk dapat tampil dengan baik, tentu kita memerlukan persiapan yang matang, agar ketika kita memperkenalkan diri secara resmi tidak mengalami hambatan atau sedikit mengalami kesalahan (Mia dkk. 2005: 14).

B. Hal-hal yang harus dipersiapkan:

  1. Suara/vokal.
  2. Intonasi.
  3. Pelafalan.
  4. Perhentian secara tepat.

C. Hal-hal yang harus dihindari:

  1. Bicara terlalu cepat.
  2. Bicara terlalu lambat.
  3. Suara kurang terdengar.
  4. Artikulasi yang jelas.
  5. Berlebihan dalam memperkenalkan diri.

D. Ada dua cara memperkenalkan diri di forum resmi

  1. Sebagai moderator dalam diskusi.
  2. Menjadi pembicara di forum resmi.

E. Contoh Soal dan pembahasan

Rekan-rekan pelajar yang saya banggakan pagi ini kelompok kami akan mempresentasikan hasil wawancara kami dengan topik Kenaikan harga BBM menimbulkan beban bagi Masyarakat berekonomi Lemah. Sebelum presentasi dimulai saya akan memperkenalkan diri terlebih dahulu, yang duduk di sisi paling kiri Widya akan menyampaikan Latar Belakang kelompok kami mengambil topik tersebut. Kedua dari kiri, sahabat saya Dimas menyampaikan tentang Tidak Ada Pilihan lain, BBM harus Naik ditinjau dari segi Pengelolaan Ekonomi Bangsa. Dampak Positif dan Negatif Kenaikan BBM bagi Masyarakat dan Pemerintah akan disampaikan sahabat saya Ary. Sedangkan materi mengenai Solusi Himbauan dan Harapan Masyarakat Bawah tentang Kenaikan BBM akan disampaikan saya sendiri, Budi rahayu yang sekaligus bertindak sebagai moderator.

Kalimat perkenalan yang kurang tepat adalah…
A. Widya akan menyampaikan Latar Belakang kelompok kami mengambil topik tersebut.
B. sahabat saya Dimas menyampaikan tentang Tidak Ada Pilihan lain, BBM harus Naik ditinjau dari segi Pengelolaan Ekonomi Bangsa. Dampak Positif dan Negatif Kenaikan BBM bagi Masyarakat.
C. Dampak Positif dan Negatif Kenaikan BBM bagi Masyarakat dan Pemerintah akan disampaikan sahabat saya Ary.
D. Sedangkan materi mengenai Solusi Himbauan dan Harapan Masyarakat Bawah tentang Kenaikan BBM akan disampaikan saya sendiri, Budi rahayu yang sekaligus bertindak sebagai moderator.
E. Sebagai pembawa acara diskusi ini adalah Hidayat.

Pembahasan :

Jawaban E merupakan kalimat perkenalan yang kurang tepat, karena tidak ada hubungannya dengan teks bacaan.

Memperkenalkan Diri di dalam Forum Resmi | lookadmin | 4.5