Close Klik 2x

Memilih Peristiwa Nyata yang Akan Didramakan

Advertisement

Memilih Peristiwa Nyata yang Akan Didramakan – Siswa dapat menulis naskah drama berdasarkan peristiwa nyata.

Peristiwa nyata adalah kehidupan sehari-hari yang kamu jalani dan telah terjadi. Beberapa peristiwa nyata yang kita alamai terkadang memiliki kesan dan teringat dalam memori. Hal tersebut biasanya merupakan kejadian yang kalian sukai, kalian nanti-nantikan, bahkan kejadian yang kalian benci. Semuanya dapat dijadikan sebagai sebuah naskah drama.

Naskah Drama
Naskah drama adalah cerita tertulis yang biasanya dipentaskan dan disajikan di hadapan khalayak ramai di atas panggung, televisi, maupun radio. Beberapa dari kalian tentu sudah pernah menonton sebuah pertunjukan drama, bukan? Nah, dalam sebuah pertunjukan drama tersebut, hal pokok yang harus disiapkan salah satunya adalah naskah drama.

Naskah drama dapat ditulis dan diambil ceritanya berdasarkan kisah nyata dalam kehidupan sehari-hari. Misalnya kalian sebagai pelajar, kehidupan yang lekat dengan kalian adalah keluarga, sekolah, pertemanan, persahabatan, kegiatan positif, hobi, dan sebagainya. Beberapa kehidupan nyata tersebut dapat dijadikan naskah drama.

Memilih Peristiwa Nyata yang akan Didramakan
Beberapa cara berikut merupakan langkah-langkah memilih peristiwa nyata yang akan didramakan.

1) Memilih Peristiwa Berkesan
Carilah sebuah peristiwa yang kamu anggap menarik dan berkesan. Peristiwa yang berkesan adalah peristiwa yang memberi kesan mendalam, menyentuh kalbu, dan sulit hilang dari ingatan. Banyak peristiwa dalam hidup yang tentunya berkesan. Misalnya mendapat penghargaan, mengikuti perlombaan, membuat sebuah karya yang mendapat apresiatif dari orang lain, berhasil melakukan sesuatu yang disukai, bertemu tokoh idola, dan sebagainya. Pemilihan peristiwa yang menarik dan berkesan akan memicu kreativitas dalam mengembangkan cerita.

2) Menyusun Kerangka Cerita
Kerangka adalah rancangan cerita. Kerangka dibuat secara cermat, rapi, dan berurut. Kerangka dapat juga berupa catatan-catatan yang sederhana. Kerangka yang telah ditulis harus memiliki beberapa unsur drama seperti tema, alur/plot, setting, amanat, dialog dan penokohan.

a. Tema
Tema adalah pokok atau ide cerita. Tentukan tema apa yang akan ditulis dalam drama yang diambil dari peristiwa nyata kalian. Penentuan tema sangat penting untuk mengerucutkan sebuah peristiwa umum menjadi lebih khusus sehingga disukai audiens.

b. Plot/Alur
Plot merupakan jalannya cerita dimulai dari awal hingga akhir cerita. Peristiwa yang kamu alami tentunya ada permulaan dan ada akhir, bukan?

c. Penokohan
Penokohan adalah tokoh-tokoh yang memerankan cerita drama. Tokoh drama terdiri dari tokoh utama dan figuran yang memiliki watak tertentu, misalnya protagonist (watak baik) dan antagonis (tokoh jahat). Tokoh tidak selalu berjumlah banyak. Layaknya dialog, minimal terdiri dari dua orang atau lebih. Jikapun terdiri dari satu orang, artinya menjadi monolog.

d. Dialog
Dialog ditulis berdasarkan kalimat yang diucapkan oleh para tokoh drama. Penulisan dialog memiliki bentuk baku, yaitu bertanda titik dua yang berfungsi sebagai pemisah antara nama tokoh dengan kalimat yang diucapkan.
e. Setting
Setting atau latar adalah tempat di mana peristiwa tersebut terjadi. Sebuah drama tidak dapat dipisahkan dari unsur ini. Selain tempat, setting juga dapat berupa latar waktu, suasana, dan kondisi masyarakat atau sosial.

f. Amanat
Amanat adalah pesan yang akan disampaikan penulis drama kepada audiens. Dalam hal ini, dari peristiwa yang kamu alami, pesan apa yang ingin kamu sampaikan?

Kerangka kemudian disusun dan dikembangkan menjadi sebuah cerita. Rangkai cerita dari peristiwa yang sudah ditentukan menjadi sebuah dialog dalam naskah drama.

3) Membuat Naskah Drama
Buatlah naskah drama berdasarkan kerangka dan unsur drama yang telah disusun. Jangan lupa tiga pokok dalam membuat cerita, yaitu pendahuluan atau pembukaan, klimaks (bagian cerita yang terdapat konflik), dan penyelesaian.

Perhatikan Contoh

Mari berlatih memilih peristiwa nyata yang akan didramakan.
1. Peristiwa Nyata
Ayah tercinta meninggal dunia 10 tahun yang lalu dan menyisakan kesedihan yang mendalam pada kakak sampai menjadi hilang ingatan.
2. Naskah Drama

Berdasarkan kisah nyata tersebut, peristiwa dapat terasa lebih berkesan setelah dibuat menjadi naskah drama.

Poin Penting

Untuk memilih peristiwa nyata yang akan didramakan, perhatikan hal-hal berikut!

  1. Ingat kembali peristiwa sehari-hari yang telah terlewati, yang paling berkesan dan menarik menurutmu!
  2. Buatlah pengembangan cerita berdasarkan unsur dan kerangka drama!
  3. Peristiwa nyata yang didramakan akan menjadi kisah yang lebih berkesan.
Memilih Peristiwa Nyata yang Akan Didramakan | lookadmin | 4.5