Close Klik 2x

Membuat Kunci Determinasi

Advertisement

Membuat Kunci Determinasi – Pernahkah kamu melihat seekor kuda di televisi? Mengapa kamu langsung dapat menyebutkan bahwa hewan tersebut adalah kuda? Tentu karena kamu telah mengetahui ciri-ciri kuda sebelumnya bukan? Nah, peristiwa tersebut menunjukkan bahwa kamu telah melakukan proses identifikasi dalam otak. Hal ini dapat terjadi karena sebelumnya kamu telah memiliki memori tentang ciri-ciri kuda di dalam otak. Jadi ketika kamu melihat kuda di televisi dapat langsung menyebutkan nama hewan tersebut.

Untuk mengidentifikasi makhluk hidup yang baru saja dikenal, kita memerlukan alat pembanding berupa gambar, spesimen/ awetan hewan dan tumbuhan, hewan atau tumbuhan yang sudah diketahui namanya, atau kunci identifikasi. Kunci identifikasi disebut juga kunci determinasi.

Pada topik ini, kamu diajak untuk belajar menentukan nama jenis atau kelompok suatu makhluk hidup yang diteliti dengan cara mengidentifikasinya. Kegiatan identifikasi dapat dilakukan dengan menyamakan ciri- ciri yang dimiliki makhluk hidup tersebut dengan ciri-ciri yang tercantum dalam kunci determinasi.

A. Membuat Kunci Determinasi

Untuk membuat kunci determinasi perlu memperhatikan hal-hal berikut.
1. Kunci harus dikotom (berlawanan), sehingga satu bagian dapat diterima, sedangkan yang lain ditolak
2. Ciri yang dimasukkan mudah diamati
3. Deskripsi karakter dengan istilah umum sehingga dapat dimengerti orang
4. Menggunakan kalimat sesingkat mungkin
5. Setiap kuplet diberi nomor
6. Kata pertama dari setiap pernyataan dalam satu kuplet harus identik
Contoh: Tumbuhan memiliki bunga …………….
Tumbuhan tidak memiliki bunga ……….
7. Hindari pemakaian kisaran yang tumpang tindih atau hal-hal yang bersifat relatif dalam kuplet
Contoh: Panjang daun 4 – 8 cm
Daun besar atau kecil

        Salah satu kunci identifikasi disusun dengan menggunakan ciri-ciri taksonomi yang saling berlawanan. Tiap langkah dalam kunci tersebut terdiri atas dua alternatif (dua ciri yang saling berlawanan) sehingga disebut kunci dikotomi. Kunci determinasi dengan pernyataan yang berlawanan dapat dilihat pada contoh berikut.

Contoh Kunci Determinasi



Kunci Determinasi untuk Tumbuhan
1. A. Tumbuhan tidak mempunyai akar, batang, dan daun …………………………. Tumbuhan Lumut
B. Tumbuhan mempunyai akar, batang, dan daun …………………………………………………. ke no. 2
2. A Batang tidak memiliki berkas pengangkut ………………………………………… Tumbuhan Lumut
B. Batang memiliki berkas pengangkut ………………………………………………………………. ke no. 3
3. A. Tumbuhan tidak mempunyai bunga ……………………………………………………………….. ke no. 4
B. Tumbuhan berbunga atau organ yang berfungsi seperti bunga ……………………………. ke no. 4
4. A. Pada daun terdapat bintik kuning atau cokelat. Apabila ditekan, keluar serbuk kecil …… Tumbuhan
B. Pada daun tidak terdapat bintik kuning atau cokelat …………………………………………………….. ke no. 6
dan seterusnya.

Kunci Determinasi untuk Hewan
1. A.Tubuh beruas-ruas …………………………………… ke no. 2
B. Tubuh tidak beruas-ruas ………………………………. ke no. 5
2. A. Setiap ruas tubuh berkaki………………………………. Myriapoda
B. Tidak setiap ruas tubuh berkaki …………………….. …. ke no. 3
3. A. Jumlah kaki 3 pasang …………………………………Insekta
B. Jumlah kaki lebih dari 3 pasang……………………….. ke no. 4
4. A.Mempunyai sungut di kepala…………………………… Crustacea
B. Tidak mempunyai sungut di kepala……………………. Arachnoidea
5. A.Tubuh dilindungi cangkang ……………………………. Mollusca
B. Tubuh berduri…………………………………………… Echinodermata
dan seterusnya.

B. Menggunakan Kunci Determinasi

Kunci determinasi adalah suatu kunci untuk menentukan nama atau kelompok makhluk hidup pada tingkat filum/ divisi, kelas, ordo, famili, genus, dan spesies. Kunci determinasi diciptakan khusus untuk memperlancar pelaksanaan determinasi pada tumbuh-tumbuhan. Kunci determinasi dibuat secara bertahap, sampai bangsa saja, suku, marga, atau jenis dan seterusnya. Ciri-ciri tumbuhan disusun sedemikian rupa sehingga selangkah demi selangkah si pemakai kunci dipaksa memilih satu di antara dua atau beberapa sifat yang bertentangan. Demikian seterusnya, hingga akhirnya diperoleh suatu jawaban berupa identitas tumbuhan yang diinginkan.
Penggunaan kunci determinasi pertama kali diperkenalkan oleh Carolus Linnaeus. Namun, sebenarnya Lammarck (1778) juga pernah menggunakan kunci modern untuk identifikasi.

Cara menggunakan kunci determinasi meliputi beberapa tahapan berikut ini.
1. Mengambil objek yang lengkap
Contoh: mengambil seluruh bagian tumbuhan (akar, batang, daun, buah, biji, dan bunga).
2. Menggambarkan dan mengidentifikasi objek dengan alat pembesar, seperti lup.
3. Mencocokkan hasil pengamatan dengan kunci determinasi yang memuat ciri objek.
a. Membaca sifat makhluk hidup pada nomor 1A. Semua kunci determinasi dimulai dari nomor 1A.
b. Jika ciri yang ditunjuk sesuai dengan pernyataan 1A, lihatlah nomor yang ditunjuk di akhir kalimat, dan seterusnya hingga diperoleh nama makhluk hidup.
c. Jika ciri yang ditunjukkan tidak sesuai dengan pernyataan 1A, maka langsung lihat pernyataan nomor 1B, dan seterusnya.
4. Menuliskan nama atau kelompok objek dan menuliskan rumus determinasinya.

C. Cara Mengidentifikasi Tumbuhan

Cara untuk mendeterminasi tumbuhan pertama sekali adalah dengan mempelajari sifat morfologi tumbuhan tersebut, seperti posisi, bentuk, ukuran, dan jumlah bagian-bagian daun, bunga, buah, dan lain-lainnya). Selanjutnya, membandingkan atau menyamakan ciri-ciri tumbuhan tadi dengan tumbuhan lainnya yang sudah dikenal identitasnya. Hal itu dapat dilakukan dengan cara-cara berikut ini.
1. Ingatan seseorang
Determinasi ini dilakukan berdasarkan pengalaman atau ingatan kita. Kita mengenal suatu tumbuhan secara langsung karena identitas jenis tumbuhan yang sama sudah kita ketahui sebelumnya, misalnya didapatkan di sekolah atau pernah mempelajarinya, pernah diberitahukan orang lain, dan lain-lain.
2. Spesimen pedoman
Determinasi tumbuhan dapat juga dilakukan dengan membandingkan secara langsung dengan spesimen pedoman yang biasanya diberi label nama. Spesimen tersebut bisa berupa tumbuhan hidup, misalnya koleksi hidup di kebun raya. Akan tetapi spesimen pedoman yang umum dipakai adalah koleksi kering atau herbarium.
3. Komputer
Iptek yang berkembang pesat saat ini dan adanya biometrika, menghasilkan mesin elektronika modern yang diprogramkan untuk menyimpan, mengolah, dan memberikan kembali keterangan-keterangan tentang tumbuh-tumbuhan. Dengan demikian, determinasi tumbuh-tumbuhan nantinya akan dapat dilakukan dengan bantuan komputer.
4. Bantuan orang lain
Determinasi dilakukan dengan meminta bantuan ahli-ahli botani sistematika yang bekerja di pusat-pusat penelitian botani sistematika atau siapa saja yang bisa memberikan pertolongan.
5. Pustaka
Cara lain untuk mendeterminasi tumbuhan adalah dengan membandingkan atau mencocokkan ciri-ciri tumbuhan yang akan dideterminasi dengan gambar-gambar dan keterangan yang ada dalam pustaka. Gambar dan keterangan tersebut dapat dijumpai dalam hasil penelitian botani sistematika yang disajikan dalam bentuk monografi, buku-buku pegangan, ataupun bentuk lainnya.

Membuat Kunci Determinasi | lookadmin | 4.5