Close Klik 2x

Membedakan Makhluk Hidup dengan Benda tak Hidup

Advertisement

Membedakan Makhluk Hidup dengan Benda tak Hidup – Makhluk hidup dapat dibedakan dari benda tak hidup karena makhluk hidup memiliki ciri-ciri yang tidak dimiliki oleh benda tak hidup, yaitu sebagai berikut.

1. Bergerak
Semua makhluk hidup dapat bergerak. Gerak pada hewan yang terlihat jelas saat berpindah tempat dinamakan gerak aktif. Gerak pada tumbuhan yang tidak terlihat dinamakan gerak pasif. Hewan bergerak dengan cara yang berbeda-beda antara lain dengan berenang, terbang, melompat, berlari dan berjalan. Gerak tumbuhan misalnya mekarnya bunga atau menutupnya daun putri malu saat disentuh.

2. Bernapas
Semua makhluk hidup pasti bernapas. Bernapas merupakan proses untuk menghirup oksigen dan mengeluarkan karbondioksida serta uap air. Oksigen yang dihirup digunakan untuk proses pembakaran zat makanan. Proses ini dinamakan oksidasi. Proses oksidasi akan menghasilkan energi yang akan digunakan makhluk hidup untuk beraktifitas dalam hidupnya.

3. Memerlukan energi
Makhluk hidup memerlukan makanan dan minuman. Cara makhluk hidup mendapatkan makanan berbeda-beda. Cara hewan dan tumbuhan memperoleh makanan berbeda. Untuk mendapatkan makanan, hewan selalu bergantung dari makhluk hidup lainnya. Hal ini dikarenakan hewan tidak dapat membuat makanan sendiri atau makhluk heterotrof. Tumbuhan hijau merupakan makhluk hidup autotroph karena mampu membuat makanannya sendiri dengan bantuan sinar matahari. Proses ini dinamakan fotosintesis.

4. Peka terhadap rangsangan (iritabilitas)
Semua makhluk hidup peka terhadap perubahan yang terjadi di lingkungan sekitarnya. Indera adalah alat tubuh yang peka terhadap suatu rangsangan. Indera peka terhadap rangsangan sehingga hewan dapat melihat, mendengar, mencium, mengecap rasa dan meraba. Berbeda dengan hewan, tumbuhan tidak memiliki alat indera.

Meskipun demikian, tumbuhan juga peka terhadap perubahan di lingkungan sekitarnya yang berupa cahaya, air, gaya tarik bumi, suhu, dan sentuhan. Misalnya, daun tumbuhan Mimosa pudica akan menguncup saat tersentuh. Ini berarti tumbuhan Mimosa pudica peka terhadap rangsangan berupa sentuhan. Bunga matahari peka terhadap rangsang cahaya oleh karenanya arah mekarnya selalu menuju arah cahaya matahari.

5. Pertumbuhan dan Perkembangan
Setiap makhluk hidup pasti mengalami pertumbuhan dan perkembangan. Pertumbuhan merupakan fenomena bertambahnya jumlah dan volume sel dalam tubuh. Contohnya seorang bayi yang kemudian menjadi balita, remaja, dewasa, dan orang tua. Sementara perkembangan adalah proses menuju kedewasaan yang dipengaruhi oleh hormon, nutrisi, dan lingkungan.

6. Mengeluarkan zat sisa
Zat sisa dari proses oksidasi harus dikeluarkan dari tubuh. Proses oksidasi menghasilkan zat sisa berupa karbondioksida dan uap air. Zat ini dikeluarkan melalui hidung dalam bentuk uap. Zat sisa hasil pencernaan dikeluarkan melalui anus dalam bentuk feses dan melalui kantung kemih dalam bentuk urin.

7. Berkembangbiak
Makhluk hidup berkembangbiak untuk menghasilkan keturunan agar jenis makhluk hidup tersebut tidak mengalami kepunahan. Cara makhluk hidup berkembangbiak juga bermacam-macam. Misalnya dengan biji, tunas untuk tumbuhan, dan bertelur beranak bagi hewan.

Ke tujuh ciri di atas hanya dimiliki oleh makhluk hidup. Makhluk tak hidup bisa saja memiliki salah satu ciri-ciri di atas hanya saja poses regenerasi selnya tidak dapat berkembang seperti makhluk hidup. Contohnya burung dan pesawat yang sedang terbang. Burung mampu terbang karena mendapatkan energi melalui proses metabolisme dalam tubuhnya, sedangkan pesawat dapat terbang karena bahan bakar mesin.

Membedakan Makhluk Hidup dengan Benda tak Hidup | lookadmin | 4.5