Close Klik 2x

Membedakan Kkalimat Langsung dan Kalimat Tidak Langsung

Advertisement

Membedakan Kkalimat Langsung dan Kalimat Tidak Langsung – Siswa membedakan kalimat langsung dan kalimat tidak langsung dalam kutipan.

Pada pelajaran sebelumnya kita sudah mengetahui cara mencari ide pokok dalam sebuah artikel. Kemampuan menguraikan topik sangat diperlukan sebagai sarana untuk mendata pokok-pokok yang diperoleh dari hasil membaca dan menyampaikan secara lisan isi bacaan disertai pendapat sendiri.

Dalam tulisan kadang kita harus menuliskan kalimat langsung dari narasumber. Penulisan kalimat langsung dan kalimat tidak langsung berbeda. Pada topik ini, kita akan mempelajarinya lebih mendalam.

Kalimat Langsung

Kalimat langsung adalah kalimat yang secara cermat menirukan gaya apa yang diujarkan orang.
Isi kutipan dalam kalimat langsung berupa kalimat tanya, berita, ataupun perintah.
Misalnya :
a. “Apakah orang tuamu ada di rumah?” tanya Pak RT.
b. Pepatah mengatakan, “Ala bisa karena biasa.”

Kalimat Tidak Langsung

Kalimat tidak langsung adalah kalimat yang melaporkan apa yang diujarkan orang. Isi kutipan dalam kalimat tidak langsung berbentuk kalimat berita.
Misalnya :
a. Pak RT menanyakan ada tidaknya orang tua saya di rumah.
b. Pepatah mengatakan bahwa ala bisa karena biasa.

Perhatikan contoh berikut ini.

Persatuan Bulutangkis Seluruh Indonesia (PBSI) telah mengumumkan nama-nama atlet yang bergabung bersama di Pelatnas Cipayung tahun 2015. Ada pun agenda rutinnya ialah promosi dan degradasi tahunan PBSI yang diambil berdasarkan prestasi atlet selama kurun waktu satu tahun.

“Komposisi pemain di tiap sektor banyak pemain muda. Misalnya Jonathan Christie, Ihsan Maulana Mustofa dan sebagainya,” kata Rexy Mainaky.

Dari kutipan paragraf di atas dapat kita analisis beberapa perbandingan kalimat langsung dan tidak langsung, antara lain;

  1. Paragraf 1: Merupakan kalimat tidak langsung karena melaporkan apa yang diujarkan orang dan semuanya berbentuk kalimat berita. Hal ini dapat kita lihat pada kalimat, Persatuan Bulutangkis Seluruh Indonesia (PBSI) telah mengumumkan nama-nama atlet yang bergabung bersama di Pelatnas Cipayung tahun 2015.
  2. Paragraf 2: Merupakan kalimat langsung, karena secara cermat menirukan gaya apa yang diujarkan orang. Hal ini dapat kita lihat pada kalimat, “Komposisi pemain di tiap sektor banyak pemain muda. Misalnya Jonathan Christie, Ihsan Maulana Mustofa, dan sebagainya,” kata Rexy Mainaky.

Mari kita amati cara mengubah kalimat langsung menjadi kalimat tidak langsung atau sebaliknya.

Kalimat langsung
Santi bertanya, “Kapan acara akan dimulai?”

Kalimat tidak langsung
Santi menanyakan kapan acara akan dimulai.

Kalimat tidak langsung
Pak Lurah berkata bahwa dia bangga pada tim sepak bola Kampung.

Kalimat langsung
Pak Lurah berkata, “Saya bangga pada tim sepak bola Kampung.”

Poin Penting

  1. Perbandingan kalimat langsung dan tidak langsung terletak pada perlakuan terhadap sebuah ujaran.
  2. Secara visual, perbandingan kalimat langsung dan tidak langsung terlihat pada pemakaian tanda petik dan perbedaan kata ganti orang yang dipakai.
Membedakan Kkalimat Langsung dan Kalimat Tidak Langsung | lookadmin | 4.5