Close Klik 2x

Membandingkan Kehidupan Pribadi dengan Puisi

Advertisement

Membandingkan Kehidupan Pribadi dengan Puisi – Siswa mampu membandingkan kehidupan pribadi dengan puisi

Pengertian Puisi
Puisi adalah salah satu bentuk karya sastra yang tersusun atas bahasa yang indah dan padat makna. Puisi terdiri atas beberapa baris yang membentuk bait. Namun demikian, jumlah baris dan bait dalam puisi tidak terikat.

Puisi merupakan cerminan kehidupan seseorang, baik kehidupan orang yang menulisnya (penyair) maupun kehidupan siapa pun yang menjadi ide penulisan puisi tersebut. Dengan kata lain, puisi adalah refleksi atau cerminan dari kehidupan secara keseluruhan. Maka dari itu, pembaca dapat merefleksikan puisi, yaitu mencerminkan puisi atau memaknai puisi serta menghubungkannya dengan nilai-nilai yang nyata dalam kehidupan.

Membandingkan Kehidupan Pribadi dengan Puisi

Saat membaca puisi, seringkali isi puisi berhubungan dengan kejadian atau peristiwa tertentu dalam kehidupan sehari-hari. Tidak jarang, peristiwa yang terjadi dalam sebuah puisi pernah dialami langsung oleh kita sebagai pembaca. Itu menandakan puisi yang sedang kita baca merefleksikan kehidupan kita. Kita pun dapat membandingkan kehidupan pribadi dengan puisi yang dibaca tersebut.

Langkah-langkah membandingkan kehidupan pribadi dengan puisi adalah sebagai berikut.

  1. Bacalah sebuah puisi secara saksama!
  2. Pahami seluruh kata-kata dalam puisi tersebut, baik kata-kata yang lugas atau kiasan!
  3. Bandingkan isi puisi yang sama dengan kehidupan pribadi!
  4. Ambil nilai-nilai positif yang dapat diambil dari puisi tersebut!
  5. Ceritakan kembali nilai-nilai positif tersebut!

Perhatikan Contoh

Bacalah penggalan puisi berikut ini!

Puisi tersebut berisi tentang kasih sayang seorang ibu kepada anaknya. Meskipun anaknya durhaka, tapi sang ibu tetap sabar mendampingi anaknya yang sedang sakit sampai sekarat. Ibunya menangis dan membimbing anaknya untuk tetap mengingat Tuhan. Ibunya pun telah memaafkan semua kesalahan anaknya yang telah dilakukan kepadanya.

Dalam kehidupan sehari-hari, kita dapat melihat seorang anak yang memiliki sifat buruk kepada ibunya. Kita dapat melihat hal tersebut di dalam berita, televisi, atau lingkungan sekitar kita. Sifat buruk tersebut di antaranya melawan orang tua, berkata kasar, tidak menuruti perintah orang tua, tidak mendengar nasihat orang tua, dan lain-lain.

Jika dibandingkan, isi dalam puisi tersebut memiliki banyak kesamaan dengan kehidupan sehari-hari. Dalam kehidupan sehari-hari, banyak ibu yang selalu sabar menghadapi anaknya meski anaknya memiliki perilaku yang buruk. Ibu selalu menyayangi anaknya dan tidak pernah berhenti mendoakan anaknya agar senantiasa menjadi anak yang baik. Tidak ada satu pun ibu yang menginginkan anaknya menerima perlakuan buruk atau mengalami kejadian buruk seperti digambarkan dalam puisi tersebut.

Poin Penting

  1. Puisi adalah salah satu bentuk karya sastra yang tersusun atas bahasa yang indah dan padat makna, serta tidak terikat pada jumlah baris dan bait.
  2. Merefleksikan puisi yaitu mencerminkan puisi atau memaknai puisi serta menghubungkannya dengan nilai-nilai yang nyata dalam kehidupan.
Membandingkan Kehidupan Pribadi dengan Puisi | lookadmin | 4.5