Membaca Tabel atau Grafik

Membaca Tabel atau Grafik – Siswa mampu merangkum seluruh isi informasi dari suatu tabel dan atau grafik ke dalam beberapa kalimat dengan membaca memindai.

Informasi berupa data atau angka lebih mudah dipahami jika disajikan dalam bentuk tabel atau grafik. Tabel atau grafik pun seringkali digunakan untuk melengkapi penjelasan dalam karya tulis, baik artikel maupun penelitian ilmiah.

PENGERTIAN TABEL

Tabel adalah daftar berisi ikhtisar sejumlah (besar) data informasi yang biasanya berupa kata-kata dan bilangan yang tersusun secara bersistem urut ke bawah dalam lajur dan deret tertentu dengan garis pembatas sehingga dapat dengan mudah disimak atau dibaca. Dengan demikian, pada saat membaca tabel, kita harus memperhatikan bagian lajur dan deret untuk memperoleh data yang akurat.

TUJUAN MEMBUAT TABEL
Tujuan pembuatan tabel adalah:
1. untuk memberikan banyak informasi secara ringkas, jelas, dan padat;
2. untuk mempermudah pembaca memahami informasi yang disajikan.

MEMBACA TABEL
Kita dapat memahami tabel dengan cara membaca memindai. Cara membaca memindai merupakan salah satu teknik membaca sekilas. Teknik ini dilakukan untuk menemukan informasi khusus dari bacaan. Maksud dari teknik ini adalah membaca sepintas untuk menemukan hal yang dibutuhkan.

Adapun cara membaca tabel adalah sebagai berikut.
1. Bacalah terlebuh dahulu judul tabel. Judul tabel memberikan gambaran kepada pembaca mengenai isi atau data yang dimuat dalam tabel. Misalnya, tabel yang akan dibaca berjudul “Jumlah Wisatawan yang Berkunjung ke Pantai Pangandaran mulai 2010 – 2014”. Berdasarkan judul tersebut kita akan mendapatkan gambaran mengenai jumlah wisatawan setiap tahunnya, mulai dari 2010 – 2014. Apakah jumlah tersebut terus naik, turun, atau fluktuatif (tidak tetap).
2. Bacalah keterangan di bagian atas tabel dan di bagian sisi kiri tabel. Keterangan tersebut merupakan kunci penjelasan mengenai data yang disajikan.
3. Mengajukan pertanyaan mengenai informasi yang disajikan. Misalnya, berapa banyak, tahun berapa, berapa perkembangannya.
4. Berusaha menafsirkan angka-angka yang terdapat dalam tabel.
5. Membaca tabel dengan tetap fokus pada tujuan atau pencarian informasi yang ingin kita peroleh. Cermati keterangan dalam setiap baris dan kolomnya.

Contoh

Perhatikan tabel berikut. Bacalah maksud/ isi tabel tersebut!

Penjelasan:
Tabel tersebut memberikan informasi mengenai jumlah barang yang terjual triwulan I di Toko Rose pada tahun 2014. Pada Januari, barang yang lebih banyak terjual adalah mainan sebanyak 30 buah, pada Februari penjualan mainan menurun, sedangkan penjualan baju, sabun, dan alat tulis mengalami kenaikan. Pada Maret, penjualan mainan terus menurun, sedangkan penjualan baju dan sabun terus meningkat. Adapun penjualan sepatu relatif stabil dari bulan Januari sampai Maret.
Dengan membaca data tabel tersebut, kita akan mudah mengetahui jumlah barang yang mengalami kenaikan, penurunan, dan barang yang stabil penjualannya.

PENGERTIAN GRAFIK

Grafik adalah gambaran pasang surut suatu keadaan yang dilukis¬kan dengan garis atau gambar. Data-data dari tabel dapat dibuat menjadi bentuk grafik sehingga terlihat jelas gambaran tentang data tersebut.

TUJUAN MEMBUAT GRAFIK
Adapun tujuan pembuatan grafik hampir sama dengan tabel, yakni:
1. untuk menunjukkan fakta dengan jelas dan mudah dipahami;
2. untuk menjadikan proses komunikasi lebih cepat dan menarik.

Ada tiga bentuk grafik yang biasanya digunakan untuk melengkapi sebuah tulisan, yakni grafik batang, grafik garis, dan grafik lingkaran. Berikut contoh ketiga grafik tersebut.
Contoh 1 Grafik Batang

MEMBACA GRAFIK
Membaca grafik dapat dilakukan dengan cara sebagai berikut.
1. Amati judul grafik
2. Amati lajur kanan, kiri, bawah, serta posisi batang (pada grafik batang), garis (pada grafik garis) atau bagian-bagian lingkaran (pada grafik lingkaran).
3. Temukan benda yang mencolok pada data tersebut.
4. Tarik kesimpulan dari data yang disampaikan.

Contoh

Perhatikan grafik berikut.

Penjelasan:
Kalau kita baca grafik tersebut, kita akan memperoleh informasi mengenai jumlah pengguna jejaring sosial facebook di beberapa negara di dunia. Secara mengejutkan ternyata jumlah pengguna facebook di Indonesia sangat tinggi, menempati peringkat dua dunia setelah Amerika serikat. Sedangkan, negara-negara maju di Eropa seperti Prancis dan Jerman justru jumlahnya sedikit.

Poin Penting

Cara membaca tabel adalah sebagai berikut.
1. Bacalah terlebih dahulu judul tabel.
2. Bacalah keterangan di bagian atas tabel dan di bagian sisi kiri tabel.
3. Mengajukan pertanyaan mengenai informasi yang disajikan.
4. Berusaha menafsirkan angka-angka yang terdapat dalam tabel.
5. Membaca tabel dengan tetap fokus pada tujuan atau pencarian informasi yang ingin kita peroleh.

Cara membaca grafik adalah sebagai berikut.
1. Amati judul grafik
2. Amati lajur kanan, kiri, bawah, serta posisi batang (pada grafik batang), garis (pada grafik garis) atau bagian-bagian lingkaran (pada grafik lingkaran).
3. Temukan benda yang mencolok pada data tersebut.
4. Tarik kesimpulan dari data yang disampaikan.

Membaca Tabel atau Grafik | lookadmin | 4.5