Close Klik 2x

Membaca Intensif Teks Generalilsasi

Advertisement

Membaca Intensif Teks Generalilsasi – Siswa mampu menentukan kalimat kesimpulan (ide pokok) dari berbagai pola paragraf dengan membaca intensif.

Tujuan:
Siswa dapat menentukan kalimat kesimpulan (ide pokok) dari paragraf generalisasi dengan membaca intensif.

Pada pertemuan kemarin kita telah mengetahui bahwasannya pola pengembangan paragraf induktif dibagi menjadi tiga yaitu pola pengembangan analogi, generalisasi, dan kausalitas. Pada topik kali ini kita akan mempelajari apa itu teks generalisasi, ciri-ciri teks generalisasi, dan bagaimana cara menentukan kalimat simpulannya.

Teks Generalilsasi

Teks generalisasi ialah pola pengembangan paragraf dengan cara menyimpulkan dari berbagai macam data yang disebutkan di awal. Dalam bahasa linguistik teks generalisasi adalah pengembangan paragraf dengan pola umum-khusus atau sebaliknya. Artinya simpulan teks generalisasi diletakkan pada pernyataan umum sedangkan data-data yang disajikan diletakkan pada pernyataan khusus.

Perhatikan!

Mari kita amati terlebih dahulu teks generalisasi di bawah ini dengan cermat!
Pada pelaksanaan ulangan harian bahasa Indonesia di kelas XII IPA 1 dari 30 siswa diketahui Anita mendapat nilai 89, Kafi mendapat nilai 98, Dede mendapat nilai 78, Cetta mendapat nilai 100, hampir tidak ada satu pun anak yang nilainya di bawah 75. Dengan demikian, dapat dikatakan siswa kelas XII IPA 1 pandai berbahasa Indonesia.

Mari analisis!

Bila kita amati teks generalisasi di atas maka dapat kita analisis:
1. Ciri teks generalisasi ialah menyajikan data berdasarkan topik yang dibahas.
Topiknya : pelaksanaan ulangan harian bahasa Indonesia di kelas XII IPA 1
Data : Dari 30 siswa diketahui Anita mendapat nilai 89, Kafi mendapat nilai 98, Dede mendapat nilai 78, Cetta mendapat nilai 100, hampir tidak ada satu pun anak yang nilainya di bawah 75.
2. Simpulan teks generalisasi berupa pernyataan berdasarkan data-data yang telah disajikan. Simpulan pernyataan disebut pernyataan umum sedangkan data-data yang disajikan disebut pernyataan khusus.
Pada contoh teks generalisasi di atas:
• Pernyataan khusus: Pelaksanaan ulangan harian bahasa Indonesia di kelas XII IPA 1 dari 30 siswa diketahui Anita mendapat nilai 89, Kafi mendapat nilai 98, Dede mendapat nilai 78, Cetta mendapat nilai 100, hampir tidak ada satu pun anak yang nilainya di bawah 7.
• Pernyataan umum : Maka dapat dikatakan siswa kelas XII IPA 1 pandai berbahasa Indonesia.

Poin Penting

Langkah-langkah menganalisis teks generalisasi ialah:
1. Memerikan data berdasarkan topik yang dibicarakan.
2. Pernyataan umum : berupa simpulan
Pernyataan khusus : berupa data

Membaca Intensif Teks Generalilsasi | lookadmin | 4.5