Close Klik 2x

Membaca Intensif Teks Analogi Induktif

Advertisement

Membaca Intensif Teks Analogi Induktif – Siswa mampu menentukan kalimat kesimpulan (ide pokok) dari berbagai pola paragraf dengan membaca intensif.

Tujuan
Siswa dapat menentukan kalimat kesimpulan (ide pokok) dari pola paragraf analogi dengan membaca intensif.

Pada materi sebelumnya, kalian sudah belajar bagaimana menemukan pokok-pokok bacaan dan menemukan ide pokok dengan cara membaca cepat. Pada topik ini kalian akan berkenalan dengan pola pengembangan paragraf induktif. Sebelum kita membahas topik teks analogi induktif, mari kita mengingat terlebih dahulu apa itu ide pokok paragraf .

Ide pokok paragraf adalah gagasan yang dijadikan dasar pengembangan paragraf.

Paragraf Induktif

Paragraf induktif adalah paragraf yang dimulai dengan menyebutkan peristiwa-peristiwa yang khusus, untuk menuju kepada kesimpulan umum, yang mencakup semua peristiwa khusus di atas.
Pola pengembangan paragraf induktif dibagi menjadi tiga yaitu pola pengembangan analogi, generalisasi, dan kausalitas. Pada topik kali ini kita akan mempelajari apa itu teks analogi, ciri-ciri teks analogi, dan bagaimana cara menentukan kalimat simpulannya.

Ciri-ciri paragraf induktif adalah sebagai berikut.
• Menyebutkan peristiwa-peristiwa khusus terlebih dahulu.
• Menarik kesimpulan berdasarkan peristiwa-peristiwa khusus .
• Kesimpulan terdapat di akhir paragraf.

Teks Analogi

Teks analogi ialah pola pengembangan paragraf dengan cara membandingkan dua hal atau lebih yang dianggap memiliki kesamaan. Simpulan paragraf analogi biasanya terletak di awal atau akhir paragraf.

Struktur teks analogi adalah sebagai berikut.
• Gagasan Utama terdapat pada kalimat utama .
• Kalimat penjelas yang mengungkapkan peristiwa-peristiwa khusus terletak sebelum kalimat utama.
• Kalimat penjelas merupakan kalimat yang mendukung gagasan utama .
• Kalimat utama terletak di akhir paragraf .
• Berupa pengandaian diakhiri dengan kesimpulan.

Amati contoh

Mari kita amati terlebih dahulu teks analogi di bawah ini dengan cermat!
Roda pedati berputar setiap waktu. Perputaran roda ke atas dan ke bawah mulai awal sampai akhir tujuan. Sama halnya dengan Kehidupan manusia di dunia. Kehidupan manusia dialami dari lahir sampai kembali lagi menghadap Sang Maha Kuasa. Setiap manusia pasti mengalami pasang surut, kehidupan. kadang senang kadang susah. Layaknya perputaran roda pedati begitulah manusia menjalani hidup di dunia.

Bila kita amati teks analogi di atas maka dapat kita analisis sebagai berikut.
1. Ciri teks analogi ialah membandingkan dua hal yang memiliki kesamaan sifat yaitu membandingkan persamaan kehidupan manusia dengan roda pedati.
2. Simpulan teks analogi dapat kita ambil dengan cara menyebutkan kembali benda atau sesuatu hal yang dibandingkan. Berarti simpulan teks analogi di atas ialah setiap manusia pasti mengalami pasang surut, kehidupan. kadang senang kadang susah. Layaknya perputaran roda pedati begitulah manusia menjalani hidup di dunia.

Point Penting

Langkah-langkah menganalisis teks analogi ialah:
1. Membandingkan dua hal yang memiliki kesamaan sifat.
2. Menyebutkan kembali benda atau hal yang dibandingkan.

Advertisement
Membaca Intensif Teks Analogi Induktif | lookadmin | 4.5