Close Klik 2x

Memahami Keberadaan Negara Afrika Selatan

Advertisement

Memahami Keberadaan Negara Afrika Selatan – Setelah mempelajari bahasan ini, kalian diharapkan mampu memahami keberadaan negara Afrika Selatan.

AFRIKA SELATAN

Afrika Selatan merupakan salah satu negara penting di Benua Afrika. Dahulu, Afrika Selatan pernah dikenal karena politik apartheid (pemisahan kehidupan ras kulit putih dan kulit hitam, dimana warga kulit hitam diperlakukan berbeda), sebelum bangkitnya Nelson Mandela (1918-2013) memperjuangkan persamaan hak antara warga negara. Kini Afrika Selatan telah menggeliat sebagai negara yang memiliki keunggulan di berbagai aspek. Bagaimanakah keberadaan negara Afrika Selatan ? Mari simak bahasan berikut.

Afrika Selatan terletak di kawasan Semenanjung Afrika bagian selatan. Afrika Selatan tergolong unik karena memiliki tiga ibu kota yang berbeda-beda fungsinya, yakni Pretoria (untuk fungsi administratif), Cape Town (untuk fungsi legislatif), dan Blomfontein (untuk fungsi yudikatif).

Kepala Negara Afrika Selatan ialah Presiden dan terdapat suatu Dewan Eksekutif yang diangkat oleh Presiden untuk masa bakti tujuh tahun. Gabungan para menteri merupakan suatu kabinet yang dikepalai oleh Perdana Menteri.

Ketika sistem apartheid (pemisahan rasial) masih diberlakukan di Afrika Selatan, kehidupan politik dan pemerintahan negeri ini sangat didominasi oleh kelompok minoritas kulit putih. Pada tahun 1992, politik apartheid menemui keruntuhannya. Nelson Mandela, seorang tokoh pergerakan kulit hitam, akhirnya muncul sebagai Presiden yang menjabat mulai tahun 1994 hingga 1999.

Luas wilayah Afrika Selatan adalah sekitar 1.224.691 kilometer persegi. Secara geografis, Afrika Selatan berbatasan dengan Botswana dan Zimbabwe (utara), Samudra Hindia (timur), Samudra Atlantik (selatan), serta Namibia (barat).

Sebagian besar wilayah Afrika Selatan merupakan plato dengan ketinggian 900-1.800 meter di atas permukaan laut. Plato tersebut berbentuk cawan dan dikelilingi rangkaian gunung di tepinya. Titik tertinggi berada di Pegunungan Drakensberg, yakni Gunung Thabana Ntlenyana (3.482 meter).

Afrika Selatan beriklim sedang, sebab hampir seluruh datarannya terletak di zona sedang dan tidak jauh dari laut. Musim panas di kawasan plato tidak terlalu panas karena letaknya yang tinggi.

Penduduk Afrika Selatan terdiri dari empat kelompok ras utama, yaitu kulit hitam atau Bantu (68,2%), kulit putih (18%), kulit berwarna (10,5%), dan Asia (3,3%). Orang kulit putih adalah keturunan para pemukim Belanda, Perancis, Jerman, dan Inggris. Kelompok kulit putih terdiri atas dua bagian besar, yaitu yang berbahasa Afrikaans dan berbahasa Inggris. Dengan penemuan tambang emas tahun 1800-an, pusat-pusat permukiman penduduk berkembang di Transvaal selatan, seperti Johanesburg dan Pretoria.
Kegiatan perekonomian di Afrika Selatan sangatlah beragam, antara lain :
1) Pertambangan
Afrika Selatan merupakan salah satu kawasan tambang terkaya di dunia. Barang tambang yang dihasilkan meliputi emas, platina, bijih besi, tembaga, krom, batu bara, asbes, aluminium, dan uranium. Emas yang ditambang sejak tahun 1886 merupakan komoditas ekspor utama dan mencapai sekitar 60% dari nilai produksi tambang keseluruhan.
2) Pertanian
Afrika Selatan termasuk miskin potensi pertaniannya. Sekitar 12% daratan di negeri ini digunakan untuk lahan pertanian dan sekitar 65% untuk penggembalaan ternak. Hasil pertanian Afrika Selatan adalah tebu, jagung, gandum, tembakau, sorgum, kacang tanah, dan jeruk. Hasil ternaknya, antara lain, sapi, domba, kambing, dan babi.
3) Industri
Perkembangan industri di Afrika Selatan cukup baik, terutama industri kimia, mesin, baja, dan logam-logam lainnya. Kawasan industri utama adalah Transvaal Selatan. Lokomotif, alat-alat musik, suku cadang kendaraan bermotor, barang-barang ringan dari logam, kertas, dan banyak lagi produk lain, telah dapat dihasilkan oleh Afrika Selatan.
4) Perdagangan
Komoditas ekspor Afrika Selatan meliputi emas, berlian, tembakau, dan wol. Adapun impornya meliputi mesin, alat-alat transportasi, serta bahan makanan.

RANGKUMAN

1) Afrika Selatan terletak di kawasan semenanjung Afrika bagian selatan.
2) Sebagian besar wilayah Afrika Selatan merupakan plato dengan ketinggian 900-1.800 meter di atas permukaan laut.
3) Kegiatan perekonomian di Afrika Selatan sangatlah beragam.

Memahami Keberadaan Negara Afrika Selatan | lookadmin | 4.5