Memahami Isi Bacaan Melalui Membaca Cepat

Memahami Isi Bacaan Melalui Membaca Cepat – Siswa mampu menemukan ide pokok suatu teks dengan membaca cepat.

Memahami ide pokok dan mampu menemukannya adalah kompetensi dasar yang sangat penting dalam ujian bahasa Indonesia. Di materi yang lalu, kita telah belajar dan membiasakan diri dalam membaca cepat. Kemampuan ini diharapkan mampu memudahkan kita dalam menemukan ide pokok suatu paragraf.

Ide pokok atau gagasan utama adalah suatu inti informasi yang ingin disampaikan penulis. Di dalamnya terdapat suatu permasalahan atau tujuan penulisan. Dalam satu paragraf hanya boleh terdapat satu ide pokok. Keberadaan ide pokok ini dibuktikan oleh ide penjelas yang bersifat mendukung atau menguatkan permasalahannya. Ide pokok dapat berada di awal,, akhir, atau menyeluruh dalam paragraf.

Agar tidak terkecoh dalam menentukan ide pokok, alangkah baiknya jika kita mampu membaca keseluruhan kalimat dalam paragraf. Itulah sebabnya membaca cepat akan sangat membantu dalam materi ini.

Setelah selesai membaca keseluruhan bacaan, pertanyaan yang harus diajukan adalah “Apa yang dipermasalahkan oleh penulis?” “Apa yang diinginkan penulis dalam bacaan?” Pertanyaan inilah yang akan mengantarkan kita dalam mencari ide pokok.

Bacalah dengan cepat paragraf di bawah ini lalu tentukan ide pokok setiap paragraf!

Bahaya Game Online

Bermain game sebenarnya memberikan banyak manfaat. Salah satunya adalah belajar bahasa asing. Game yang sebagian besar diproduksi oleh luar negeri sebenarnya memaksa anak untuk mempelajari bahasa tersebut. Selain itu, sebagian besar game juga mengajarkan strategi praktis, kecepatan, dan pengambilan keputusan dalam sistem permainannya.

Game akan berbahaya jika ia menjadi candu. Anak akan betah berlama-lama di depan komputer/televisi dan melupakan sosialiasi yang seharusnya ia lakukan sehingga anak menjadi introvert. Terlebih dengan maraknya penggunaan telepon pintar berbasis android, anak semakin mudah bermain game di mana pun dan kapan pun.

Game online yang menjamur di setiap warnet perlu diwaspadai oleh orang tua. Dibandingkan game berbasis konsol seperti playstation, game jenis ini lebih cepat menimbulkan candu bagi anak. Setiap game online selalu menawarkan tantangan peningkatan level karakter melalui sistem event. Setiap event diselenggarakan pada jam-jam tertentu dan pemain harus mengikuti aturan ini jika ingin karakternya menjadi kuat. Bahkan, ada beberapa event yang diselenggarakan pada jam sekolah atau tengah malam. Akibatnya, waktu anak akan habis oleh hal semacam itu.

Dapatkah kalian menentukan ide pokok dalam setiap paragraf di atas? Berapa waktu yang kalian butuhkan untuk menemukannya? Hitunglah dengan rumus yang diberikan pada materi lalu! Berikut adalah penjabaran analisis ide pokok setiap paragraf. Periksalah kembali jawaban kalian untuk melihat persentase pemahaman yang kalian miliki!

• Pada paragraf pertama, permasalahan yang ingin disampaikan oleh penulis adalah mengenai manfaat game (kalimat 1). Hal ini dibuktikan oleh kalimat-kalimat penjelas yang menjabarkan keuntungan yang didapatkan ketika bermain game (kalimat 2 dan 3).
• Pada paragraf kedua, permasalahan yang disampaikan adalah mengenai bahaya kecanduan game (kalimat 1). Informasi ini diperkuat oleh alasan yang muncul pada beberapa kalimat penjelas di bawahnya, seperti anak akan menjadi introvert dan bebasnya bermain game kapan pun dan di mana pun.
• Pada paragraf ketiga, permasalahan yang disampaikan adalah mengenai perlunya orang tua mewaspadai game online (kalimat 1). Alasan kewaspadaan ini dijelaskan oleh kalimat setelahnya.

Poin penting

Berikut tahapan mencari ide pokok.
1. Bacalah paragraf hingga selesai dengan cepat!
2. Tanyakan apa permasalahannya?
3. Buktikan ide pokok yang telah ditemukan dengan ide penjelas yang muncul.
4. Jangan hanya mencari di awal atau di akhir paragraf.

Memahami Isi Bacaan Melalui Membaca Cepat | lookadmin | 4.5