Close Klik 2x

Massa Jenis Zat Padat dan Cair

Advertisement

Massa Jenis Zat Padat dan Cair – Hari ini, Erik mengikuti kursus renang untuk pertama kalinya. Erik tampak sangat bersemangat. Walaupun ini adalah hari pertama dia berlatih renang, namun dia tidak merasa takut. Sebelum berangkat, dia telah mempersiapkan peralatan yang akan digunakan selama berenang.

Erik tidak lupa membawa gabus pelampung saat berlatih. Mengapa peralatan utama yang dibawa Erik gabus pelampung? Karena gabus dapat membantu Erik agar tidak tenggelam saat berenang. Gabus memiliki massa jenis yang sangat kecil, sehingga tidak dapat tenggelam di dalam air. Meskipun ukurannya tidak terlalu besar, tetapi gabus mampu memberi gaya dorong ke permukaan air yang cukup besar sehingga mampu menjaga agar Erik agar tidak tenggelam.

Tahukah kawan-kawan?? Bahwa massa jenis merupakan identitas suatu benda. Benda tersebut akan mengapung, melayang atau tenggelam adalah berdasarkan massa jenisnya. Untuk mempelajari tentang massa jenis, simak ulasan berikut.
Massa jenis didefinisikan sebagai hasil perbandingan antara massa zat dan volumenya. Massa jenis menunjukkan tingkat kerapatan suatu zat. Semakin tinggi massa jenis suatu benda, semakin rapat susunan zatnya. Satuan SI (Standar Internasional) massa jenis adalah (kg/m3) dan dilambangkan dengan ρ (baca = rho). Secara matematis, massa jenis dirumuskan sebagai berikut.

ρ=mV

Keterangan:
ρ = massa jenis zat (kg/m3);
m = massa zat (kg); dan
V = volume zat (m3).

Satuan massa jenis dalam ‘CGS [centi-gram-sekon]’ adalah (gr/cm3).

1 kg/m3 = 1000 gr1000000 cm3=0,001 gr/cm3

Dengan demikian, 1 kg/m3 = 0,001 gr/cm3 atau 1 gr/cm3 = 1000 kg/m3. Massa jenis berbagai zat dapat dikelompokkan berdasarkan wujudnya dan disajikan dalam tabel berikut.

Massa jenis suatu zat dapat dicari dengan dua cara, yaitu dengan pengukuran massa dan pengukuran volume. Pengukuran massa dianggap lebih teliti daripada pengukuran volume, sehingga pengukuran volume jarang digunakan. Hal inilah yang mendasari adanya massa jenis relatif. Massa jenis relatif didefinisikan sebagai hasil perbandingan antara massa jenis bahan dan massa jenis air.

ρrelatif=ρbahanρair

Berikut ini merupakan metode-metode yang digunakan untuk mengukur beberapa jenis zat.

1. Massa jenis zat padat

a. Timbang massa terlebih dahulu
b. Hitung volume zat dengan persamaan matematika biasa, misal zat berbentuk balok (gunakan persamaan volume balok).
c. Lakukan operasi pembagian antara massa dengan volume.

2. Massa jenis zat cair

Massa jenis zat cair dapat ditentukan dengan hidrometer dan piknometer. Hidrometer dapat digunakan untuk mengukur massa jenis secara langsung, sedangkan piknometer secara tidak langsung. Cara kerja masing-masing alat adalah sebagai berikut.

a. Hidrometer

Masukkan hidrometer ke dalam zat cair yang hendak dihitung massa jenisnya. Lalu tunggu sampai posisinya di dalam zat cair stabil. Semakin dalam celupan hidrometer, semakin kecil massa jenis zat cairnya.

b. Piknometer

Untuk menentukan massa jenis zat cair menggunakan alat ini, yaitu dengan menimbang piknometer terlebih dahulu dalam keadaan kosong. Kemudian masukkan fluida yang akan diukur massa jenisnya. Setelah itu tutup dan timbang. Langkah terakhir, hitung massa fluida dengan mengurangkan massa piknometer berisi fluida dengan piknometer kosong.

Contoh Soal

Sebuah balok kayu mempunyai panjang 9 cm, lebar 4 cm dan tinggi 4 cm. Jika massanya diketahui 1 kg. Berapakah massa jenisnya ?
Penyelesaian
Diketahui:
p = 9 cm
l = 4 cm
t = 4 cm
mbalok = 1 kg
Ditanyakan: massa jenis (ρ) ?
Jawab:
1. Tentukan volume balok

Vbalok = p x l x t

Vbalok = 9 x 4 x 4 = 144 cm3

2. Tentukan massa jenis balok

ρ=mbalokVbalok

ρ=1000144=6,94 gr/cm3

Jadi, massa jenis balok kayu adalah 6,94 gr/cm3.

Massa Jenis Zat Padat dan Cair | lookadmin | 4.5