Close Klik 2x

Masa Pemerintahan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono

Advertisement

Masa Pemerintahan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono – Setelah mempelajari bahasan ini, kalian diharapkan mampu memahami mengenai beberapa peristiwa penting yang terjadi pada masa pemerintahan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono.

MASA PEMERINTAHAN SUSILO BAMBANG YUDHOYONO

Apakah kalian pernah mendengar mengenai Susilo Bambang Yudhoyono yang menjadi Presiden RI pertama pilihan langsung masyarakat Indonesia ? Apakah peristiwa-peristiwa penting yang terjadi pada masa pemerintahan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono? Mari simak bahasan berikut.

MASA PEMERINTAHAN SUSILO BAMBANG YUDHOYONO
Pemilu Presiden Langsung pertama pada 2004 yang diikuti 5 kandidat menetapkan pasangan Susilo Bambang Yudhoyono dan Jusuf Kalla sebagai pemenang. Kemenangan ini diperoleh setelah dua putaran bersaing dengan kandidat Megawati Soekarnoputri yang adalah pejabatincumbent. Pasca pelantikan oleh MPR, pasangan ini langsung dituntut untuk memberi kinerja terbaik bagi seluruh masyarakat Indonesia.
Untuk mengakomodasi tuntutan dan harapan dari semua pihak, dibentuklah Kabinet Indonesia Bersatu. Beranggotakan profesional dan politisi -politisi partai pendukung, Kabinet Indonesia Bersatu tercatat menghasilkan beberapa prestasi, antara lain :

1. Penyelesaian Konflik Horizontal
Dalam masa pemerintahan SBY, dilakukan kesepakatan damai RI-Gerakan Aceh Merdeka (GAM) di Helsinski pada 15 Agustus 2005. Kesepakatan damai ini ditandatangani oleh Menteri Luar Negeri RI, Hassan Wirayudha dan petinggi GAM, Zaini Abdullah. Kesepakatan ini juga mengatur pemberian status otonomi khusus pada Nanggroe Aceh Darussalam dan amnesti untuk anggota GAM yang ditahan pemerintah Indonesia. Proses kesepakatan damai ini ditinjau oleh AMM (Aceh Monitoring Mission) sebagai pengawas yang beranggotakan negara-negara sahabat. Dalam proses perdamaian ini, secara perlahan dilakukan penarikan pasukan TNI dari Aceh dan penyerahan senjata-senjata milik anggota GAM di daerah.
Beberapa kerusuhan sosial antar masyarakat lainnya juga diselesaikan, antara lain, Kerusuhan di Poso , Ambon dan Papua.

2. Birokrasi
Dalam masa pemerintahan pertamanya, Presiden menggagas pembentukan beberapa komisi untuk mengawasi jalannya birokrasi pemerintahan. Tercatat dibentuk Komisi Pengawas Kejaksaan dan Komisi Pemberantasan Korupsi. Pembentukan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) mendapatkan apresiasi yang baik dari masyarakat karena beberapa kali mengusut kasus-kasus korupsi yang melibatkan pejabat negara bahkan dari kalangan menteri sekalipun.

3. Ekonomi
Pada periode kepemimpinannya, Presiden mengambil kebijakan untuk mengurangi beban subsidi negara. Salah satunya dengan menaikkan harga Bahan Bakar Minyak (BBM). Pemerintah juga melakukan pengawasan berkala ke pasar modal dan investasi untuk menjaga tingkat suku bunga (BI Rate), nilai tukar rupiah, dan beberapa kebijakan lainnya seputar likuiditas perbankan.

4. Bidang Lainnya
Di sektor pendidikan, digagas sistem Bantuan Operasional Sekolah (BOS) untuk mengatasi besarnya angka putus sekolah dari anak-anak usia wajib sekolah. Selain itu, dalam bidang kebudayaan juga dirintis gerakan untuk mendata ulang peninggalan-peninggalan budaya Indonesia untuk nantinya didaftarkan ke UNESCO (United Nations Educational, Scientific and Cultural Organization) sehingga tidak diklaim sebagai warisan budaya bangsa lain.
Terlepas dari prestasi-prestasi yang diperoleh semasa pemerintahannya, tercatat juga beberapa pelanggaran mencolok semasa Pemerintahan Susilo Bambang Yudhoyono. Skandal kasus Bank Century yang mempersoalkan kajian penting tidaknya pengucuran dana likuiditas untuk mencegah kebangkrutan Bank Century dan beberapa kasus korupsi lainnya yang justru banyak melibatkan kalangan internal partai penyokong Presiden Susilo Bambang Yudhoyono sendiri.
Susilo Bambang Yudhoyono menjalani dua kali periode kepresidenan. Pada 2004-2009 berpasangan dengan Jusuf Kalla dan pada 2009-2014 berpasangan dengan Boediono.

RANGKUMAN

1) Pemilu Presiden Langsung pertama pada 2004 yang diikuti 5 kandidat menetapkan pasangan Susilo Bambang Yudhoyono dan Jusuf Kalla sebagai pemenang.
2) Untuk mengakomodasi tuntutan dan harapan dari semua pihak, dibentuklah Kabinet Indonesia Bersatu yang berhasil mengukir keberhasilan di berbagai bidang.
3) Susilo Bambang Yudhoyono menjalani dua kali periode kepresidenan.

Masa Pemerintahan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono | lookadmin | 4.5