Close Klik 2x

Manusia Sebagai Makhluk Sosial dan Ekonomi

Advertisement

Manusia Sebagai Makhluk Sosial dan Ekonomi – Setelah mempelajari bahasan ini, kalian akan memahami tentang materi manusia sebagai makhluk sosial dan ekonomi.

MANUSIA SEBAGAI MAKHLUK SOSIAL DAN EKONOMI

Mengapa manusia dikatakan sebagai makhluk sosial dan ekonomi? Bagaimana ciri-ciri dan fungsi manusia sebagai makhluk sosial dan ekonomi? Mari kita cermati penjelasan berikut ini.

A. Manusia Sebagai Makhluk Sosial

Menurut Aristoteles, manusia disebut juga Zoon Politicon, yaitu manusia yang selalu hidup bermasyarakat. Manusia adalah makhluk sosial atau disebut juga homo socialis, yang artinya manusia merupakan makhluk yang bermasyarakat, yang harus mematuhi nilai-nilai, norma, dan budaya, dan saling bekerja sama. Bekerja sama untuk memenuhi kebutuhannya yang beraneka ragam, serta bagaimana tanggungjawab dan kewajibannya di dalam kebersamaan. Dengan begitu, manusia sebagai mahluk sosial, harus berinteraksi dengan manusia lain, karena manusia pada hakikatnya saling membutuhkan.

Faktor-faktor yang memicu timbulnya manusia sebagai mahluk sosial adalah:

1. Manusia tidak mungkin dapat hidup tanpa bantuan orang lain
Kebutuhan manusia sejak kecil tidak bisa dilakukan dengan sendirian, bahkan ketika seseorang itu tumbuh dewasa. Kebutuhan yang ada menimbulkan interaksi dengan orang lain. Misalnya dalah hal makanan, kita tidak bisa membuat makanan yang beraneka ragam bentuk dan rasanya, maka dari itu, kita membutuhkan seseorang untuk membuatnya

2. Manusia memiliki sifat ketergantungan dengan orang lain.
Tiap-tiap pribadi memiliki ketergantungan dengan orang lain, dimana dalam hal ini, manusia harus ikhlas dalam mengorbankan hak-hak pribadi demi kepentingan bersama.

3. Dalam diri manusia terdapat akal untuk membantu orang lain.
Sebagai manusia yang mempunyai akal, manusia cenderung ingin membantu orang lain, dan sikap inilah sikap yang baik, yang mencerminkan perbuatan dan suasana kekeluargaan dan kegotongroyongan.

4. Semua masalah akan mudah dikerjakan jika ada kerjasama.
Manusia sebagai makhluk sosial, memberikan rasa tanggungjawab untuk melindungi individu yang lemah dari pada wujud sosial yang besar dan kuat. Kehidupan sosial, kebersamaan, baik itu didalam masyarakat maupun didalam pemerintah harus bekerjasama guna mencapai kesejahteraan, karena sesuatu akan lebih mudah bila dikerjakan dengan tolong-menolong.

Ciri-Ciri Manusia Sebagai Makhluk Sosial yang Bermoral

  • Melaksanakan pengendalian diri, misalnya dalam lingkungan sekolah yaitu:
  • Tidak bermain saat pelajaran berlangsung
  • Memperhatikan guru saat menjelaskan
  • Datang tepat waktu ke sekolah.
  • Saling bekerjasama dan saling tolong menolong. Misalnya dalam lingkungan sekolah yaitu :
  • Menjaga kebersihan di lingkungan
  • Belajar kelompok
  • Bekerja bakti

Manusia juga mempunyai kecenderungan untuk meniru dalam arti membentuk diri dengan melihat kehidupan masyarakat yang terdiri dari:

1. Penerimaan bentuk-bentuk kebudayaan.
Biasanya, manusia menerima bentuk-bentuk pembaharuan yang berasal dari luar sehingga dalam diri manusia terbentuk sebuah pengetahuan yang akan membuat seseorang itu akan lebih baik lagi dalam hal berkarya

2. Penghematan tenaga.
Penghematan tenaga ini merupakan tindakan meniru untuk tidak banyak menggunakan tenaga-tenaga dari manusia sehingga kerja manusia dalam masyarakat bisa berjalan secara efektif dan efisien.

B. Manusia Sebagai Makhluk Ekonomi

Bahasa Latin ekonomi adalah oikonomia. Oikos berarti rumah tangga, nomos berarti aturan. Yang berarti aturan rumah tangga. Manusia sebagai makhluk ekonomi atau homo economics yaitu manusia yang selalu tidak pernah puas dalam memenuhi kebutuhannya dan mempertimbangkan manfaat dan pengorbanan dari setiap tindakan yang dilakukan.

Setiap individu membutuhkan antara lain:
– makanan dan minuman agar tetap hidup
– pakaian untuk menutupi auratnya
– rumah sebagai tempat berlindung dari panas dan hujan
– pendidikan demi masa depan yang cemerlang
– kesehatan untuk kebugaran tubuhnya

Manusia sebagai makhluk ekonomi memiliki ciri- ciri yaitu:
1. Akan melakukan tindakan ekonomi atas dasar kebutuhannya sendiri
2. Akan melakukan tindakan ekonomi secara efisien, yaitu selalu membandingan antara apa yang dikeluarkan dengan apa yang akan dihasilkan.
3. Akan memilih suatu kegiatan yang dekat dengan pencapaian tujuan.

Faktor-faktor yang mempengaruhi perilaku manusia dalam memenuhi kebutuhannya yaitu:

A. Faktor Intern:
– Gaya hidup
– Selera
– Pendapatan
– Intensitas kebutuhan

B.Faktor Ekstern
– Lingkungan
– Adat istiadat
– Kebijakan pemerintah
– Mode/Trend
– Kemajuan teknologi dan kebudayaan
– Keadaan alam

Ciri-ciri manusia sebagai makhluk ekonomi adalah:

• Bertindak secara rasional dengan tujuan memperoleh hasil yang maksimal tetapi dengan pengorbanan yang minimalis. Misalnya menawar barang

• Tindakan yang dilakukan untuk kepentingan sendiri
Tindakan ini bukan tindakan yang egois atau mementingkan diri sendiri, tetapi tindakan ini bermaksud untuk pencapaian untuk kepentingan dirinya sendiri misalnya untuk memperoleh kebutuhan pangan

• Keputusan yang diambil sesuai dengan tujuan
Keputusan ini sangat penting untuk mendapatkan tujuan yang diharapkan misalnya seorang siswa ingin mendapatkan nilai yang bagus, maka keputusan yang diambil ialah, dia harus belajar dengan sungguh-sungguh

Ada beberapa macam motif ekonomi yaitu:
1. Motif memenuhi kebutuhan.
2. Motif memperoleh keuntungan
3. Motif memperoleh penghargaan
4. Motif memperoleh kekuasaan
5. Motif sosial / menolong sesama

C. Hubungan Antara Manusia Sebagai Makhluk Sosial Dan Makhluk Ekonomi

Jika manusia dalam usaha memenuhi kebutuhannya menggunakan segala cara, tanpa perduli apa cara yang ditempuh itu halal atau haram, merugikan orang lain atau tidak, maka manusia itu akan menjadi serigala bagi manusia lainnya. Mereka sering mengorbankan orang lain. Manusia yang menjadi serigala bagi manusia lain disebut homo homini lupus.

Dalam melakukan aktivitas, termasuk bekerja dan usaha mendapatkan uang untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari, kita selalu butuh pertolongan dan kerja sama dari orang lain. Karena itu, kita tidak boleh berlaku seenaknya sendiri untuk memenuhi kebutuhan hidup. Bukankah kita hidup bermasyarakat? Kita harus memiliki moral dan akhlak ketika kita menjalankan 2 fungsi manusia, yaitu fungsi sebagai makhluk sosial dan fungsi makhluk ekonomi.

RANGKUMAN

1) Manusia adalah makhluk sosial dan makhluk ekonomi
2) Manusia yang tidak menaati aturan bermasyarakat dalam memenuhi kebutuhan hidupnya disebut juga homo homini lupus

Manusia Sebagai Makhluk Sosial dan Ekonomi | lookadmin | 4.5