Close Klik 2x

Manusia Hidup dan Beraktifitas dalam Ruang dan Waktu

Advertisement

Manusia Hidup dan Beraktifitas dalam Ruang dan Waktu – Historia Vitae Magistra (Sejarah Guru Kehidupan), berawal dari pepatah kuno Eropa tersebut maka kehidupan manusia tidak pernah bisa dilepaskan dari sejarahnya. Manusia merupakan obyek sekaligus subyek dalam suatu peristiwa. Rangkaian peristiwa yang terjadi merupakan cerita masa lalu yang dapat dijadikan pedoman untuk melangkah di masa depan.

Ada tiga unsur utama dalam kajian sejarah, yaitu manusia, ruang, dan waktu, yakni :

1. Manusia
Unsur manusia berperan penting di dalam peristiwa sejarah. Ibarat sebuah pertunjukan drama, maka manusia merupakan aktor utama yang sangat menentukan suatu peristiwa sejarah. Oleh karena itu dalam mempelajari sejarah kita mempelajari manusia, bukan sejarah alam atau hewan. Sejarah alam atau hewan masuk ke dalam kajian biologi dan zoologi. Akan tetapi, apabila keberadaan alam dan tumbuhan tersebut berpengaruh terhadap kehidupan manusia, maka masuk menjadi kajian sejarah dalam rangka mendapatkan pemahaman yang utuh.

Sejarah merupakan pengalaman manusia dan ingatan manusia yang diceritakan kembali. Manusia berperan dalam sejarah yaitu sebagai pembuat sejarah karena manusia yang membuat pengalaman menjadi sejarah. Manusia adalah penutur sejarah yang membuat cerita sejarah sehingga semakin jelas bahwa manusia adalah sumber sejarah.

2. Ruang
Dalam sejarah ruang atau tempat merupakan unsur penting yang harus ada. Bila diibaratkan sebuah pertunjukkan, maka ruang merupakan panggung ketika peristiwa sejarah berlangsung. Ruang atau tempat terjadinya suatu peristiwa sejarah terkait dengan unsur geografis. Setiap komunitas yang mendiami kawasan tertentu, seperti suku bangsa ataupun bangsa memiliki pola pikir dan sistim budaya yang mereka miliki dari pendahulunya. Dengan demikian, kisah sejarah manusia merupakan proses interaksi dengan kehidupan sosial, budaya, politik, ekonomi pada suatu ruang atau tempat tertentu. Hal inilah di antaranya yang menyebabkan setiap kejadian sejarah itu bersifat unik.

3. Waktu
Waktu merupakan unsur penting dalam sejarah. Sejarah dipelajari seiring dengan perjalanan waktu. Sejarah itu dinamis, peristiwa sejarah terjadi pada kurun waktu tertentu yang memiliki latar belakang kurun waktu sebelumnya. Begitu pula setiap peristiwa berpengaruh terhadap kurun waktu berikutnya. Setiap jaman memiliki sistem budaya, sistem sosial dan semangat jaman (zeitgeist) yang berbeda-beda. Unsur waktu juga menjadikan setiap peristiwa unik dari waktu ke waktu. Setiap peristiwa sejarah hanya sekali terjadi (einmaligh). Walaupun kadang terjadi peristiwa yang hampir sama namun ruang dan waktunya selalu berbeda.

Kata kunci dalam belajar sejarah adalah who, when, where, dan how. Siapa pelakunya, kapan terjadinya, dimana peristiwa itu berlangsung dan bagaimana peristiwa itu terjadi.

Kisah sejarah yang dibuat oleh manusia dibatasi ruang, waktu dan tempat dimana manusia itu berada. Dari sudut pandang waktu, kreativitas manusia pada masa lampau berbeda dengan kreativitas masa kini. Demikian pula dengan ruang, pemahaman tentang ruang dan waktu diperlukan untuk dapat mengembangkan kemampuan berpikir secara kronologis.

Kreativitas manusia lahir sesuai dengan jamannya, misalnya tentang perkembangan teknologi komunikasi. Pada masa lampau manusia harus mengunjungi manusia lain untuk menyampaikan pesan baik langsung maupun lewat kurir. Seiring dengan waktu, berkembanglah komunikasi jarak jauh sederhana melalui telegram, kemudian telepon kabel. Adapun, pada saat ini, telepon seluler sangat populer karena praktis, sangat efektif dan efisien.

Manusia Hidup dan Beraktifitas dalam Ruang dan Waktu | lookadmin | 4.5