Close Klik 2x

Manfaat Keanekaragaman Hayati

Advertisement

Manfaat Keanekaragaman Hayati – Dalam topik ini, kalian akan belajar tentang manfaat keanekaragaman hayati yang ada di Indonesia. Dengan mempelajari topik ini, diharapkan kalian dapat mengetahui manfaat keanekaragaman hayati yang ada di Indonesia dan dapat menyampaikannya pada orang terdekat. Keanekaragaman hayati di Indonesia tidak hanya kaya, tetapi juga memberikan manfaat yang sangat besar dalam keseharian masyarakat. Keanekaragaman hayati tersebut tidak hanya dimanfaatkan untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari seperti sandang dan pangan, tetapi juga dapat memenuhi kebutuhan manusia dalam jangka waktu yang sangat panjang.
Keanekaragaman hayati di Indonesia dapat dimanfaatkan untuk memenuhi berbagai kebutuhan sebagai berikut.
1. Kebutuhan dasar, yaitu kebutuhan yang bersifat mutlak atau harus dipenuhi dalam keseharian masyarakat. Misalnya:
• kebutuhan pangan dipenuhi dari: umbi-umbian, serealia/ biji-bijian, sayuran, buah-buahan, telur, daging, susu;
• kebutuhan sandang dipenuhi dari: ulat sutra, kapas, bulu domba, kulit hewan tertentu;
• kebutuhan papan dipenuhi dari: pohon jati, meranti, rotan; dan
• kebutuhan biologis: oksigen yang dihasilkan dari hasil fotosintesis tumbuhan.
2. Kebutuhan produktif, yaitu kebutuhan yang bersifat komersial. Kebutuhan produktif dipenuhi dengan mengolah berbagai macam keanekaragaman hayati menjadi produk tertentu dalam jumlah besar untuk dimanfaatkan masyarakat luas. Misalnya:
• Bahan dasar pembuatan obat: kina (obat malaria) dan morfin (penghilang sakit);
• Bahan dasar pembuatan kosmetik: madu dan lidah buaya; serta
• Bahan dasar pembuatan mebel: rotan dan jati.
3. Kebutuhan rekreatif, yaitu kebutuhan yang sifatnya sekunder. Keanekaragaman hayati dapat memberikan manfaat untuk memenuhi kebutuhan rekreatif seperti kenyamanan mental-spiritual serta sarana pendidikan. Misalnya:
• kenyamanan mental: keindahan ekosistem terumbu karang dan keindahan ekosistem hutan bakau;
• sarana pendidikan: mempelajari keanekaragaman hayati di taman nasional bunaken, ujung kulon, atau taman nasional komodo. Sarana pendidikan melalui pendidikan kesadaran pelestarian alam atau pemuliaan tanaman.
4. Kebutuhan ekonomis. Hewan dan tumbuhan merupakan sumber daya alam yang dapat dimanfaatkan secara berkelanjutan karena dapat diperbarui. Berbagai jenis kayu dapat dimanfaatkan untuk menghasilkan devisa negara jika diekspor, misalnya kayu meranti, gaharu, dan jati. Indonesia memiliki laut yang lebih luas daripada daratan. Organisme laut yang beranekaragam dapat dijual dengan cara ekspor sehingga menghasilkan devisa negara yang besar misalnya ikan patin, ikan kerapu, ikan teri, dan ikan tuna.
5. Sumber plasma nutfah. Plasma nutfah merupakan kumpulan keanekaragaman hayati yang dapat dimanfaatkan untuk pembaruan, perbaikan, dan pelestarian makhluk hidup tersebut. Hutan hujan tropis di Indonesia dikenal sebagai sumber plasma nutfah terbesar di dunia karena di dalamnya terkandung sumber keanekaragaman hayati yang sangat banyak. Plasma nutfah juga dapat menjadi sarana untuk pengembangan penelitian dan pendidikan untuk mencari bibit unggul.
6. Kebutuhan ekologis. Keanekaragaman hayati merupakan komponen ekologi (nilai lingkungan) yang penting, misalnya hutan hujan tropis. Hutan merupakan paru-paru bumi. Kegiatan fotosintesis hutan dapat menyerap karbon dioksida yang artinya dapat mengurangi pencemaran udara serta global warming.

Keberadaan keanekaragaman hayati di Indonesia sangat penting karena pemanfaatannya sangat luas. Oleh karena itu, mari kita bersama menjaga kelestarian keanekaragaman hayati dengan memanfaatkannya secara bijak. Upaya pelestarian keanekaragaman hayati akan disampaikan pada topik selanjutnya.

Manfaat Keanekaragaman Hayati | lookadmin | 4.5