Close Klik 2x

Manfaat Energi dalam Kehidupan

Advertisement

Manfaat Energi dalam Kehidupan – Pada topik sebelumnya kalian telah belajar tentang macam-macam energi. Pada topik kali ini, kalian akan belajar tentang manfaat energi-energi tersebut bagi kehidupan. Energi adalah kemampuan benda untuk melakukan usaha. Jika tidak ada energi, maka kehidupan juga tidak akan ada. Pada dasarnya, terjadi proses transfer energi dari satu bentuk ke bentuk lainnya dalam kehidupan.

✔ Manfaat Energi Potensial

Telah kalian ketahui bahwa energi potensial adalah energi yang dimiliki oleh benda karena ketinggiannya. Berikut ini merupakan manfaat energi potensial dalam kehidupan.

1. Untuk permainan roller coaster.
Gerak roller coaster diawali dengan pengangkatan roller coaster menuju puncak tertinggi lintasan. Kemudian roller coaster dijatuhkan, untuk bergerak dengan sendirinya tanpa harus ada dorongan mesin.
2. Air terjun untuk memutar kincir air.
Air terjun biasa digunakan untuk memutarkan kincir atau turbin. Air yang berada di ketinggian tertentu memiliki energi potensial dan saat air tersebut jatuh ke bawah, akan memutar turbin. Turbin ini dihubungkan dengan generator sehingga diperoleh energi listrik.

✔ Manfaat Energi Kinetik

Energi kinetik adalah energi yang berhubungan dengan gerak benda. Pada dasarnya, energi kinetik itu ada dua macam, yaitu energi kinetik linear dan energi kinetik rotasi. Energi kinetik rotasi dialami oleh benda yang bergerak rotasi atau berputar. Ada beberapa kegiatan manusia yang memanfaatkan energi kinetik dalam kehidupan sehari-harinya. Beberapa contohnya yaitu sebagai berikut.

1. Pengering pada mesin cuci. Semakin cepat putaran mesin, maka pakaian akan mudah kering.
2. Saat menancapkan paku, dibutuhkan kekuatan pukulan agar paku menancap. Artinya butuh energi kinetik, untuk menancapkan paku.
3. Seorang pemain sepak bola yang sedang menendang bola.
Ketika pemain sepak bola menendang bola, maka kecepatan gerak bola akan semakin besar. Akibatnya bola susah untuk dihadang lawan. Jika kecepatan bola meningkat, maka energi kinetiknya juga meningkat.

✔ Manfaat Energi Listrik

Energi listrik adalah energi yang dihasilkan oleh muatan yang mengalir. Berikut ini merupakan manfaat energi listrik.

1. Untuk penerangan.
2. Memanaskan setrika listrik.
3. Menyalakan televisi.
4. Menanak nasi.
5. Menyalakan mesin cuci.
6. Mengisi daya telepon.

✔ Manfaat Energi Kalor

Energi kalor adalah energi yang dihasilkan oleh aliran kalor melalui dua zat yang berbeda suhu. Energi ini telah lama dimanfaatkan manusia untuk memenuhi kebutuhan hidupnya.

1. Mematangkan masakan.
2. Menbantu pembentukan angin darat dan angin laut.
3. Menghangatkan badan.
4. Menguapkan air.
5. Mencairkan es.

✔ Manfaat Energi Kimia

Energi kimia adalah energi yang dihasilkan dari reaksi kimia. Energi kimia juga dapat menyebabkan timbulnya tegangan atau gaya gerak listrik (ggl) pada baterai dan aki (accumulator). Tegangan pada baterai dan aki dapat digunakan untuk mengalirkan listrik.

✔ Manfaat Energi Cahaya Matahari

Energi cahaya matahari memiliki manfaat yang sangat luas.

1. Membantu proses fotosintesis.
2. Sumber energi listrik melalui panel surya.
3. Sumber energi kalor bagi makhluk hidup seperti menghangatkan diri dan mengeringkan pakaian.
4. Menghangatkan bumi. Jika tidak mendapat energi dari cahaya matahari, bumi akan membeku karena tertutup es.

Manfaat Energi dalam Kehidupan | lookadmin | 4.5