Manfaat ASI bagi Bayi dan Ibu

Manfaat ASI bagi Bayi dan Ibu – Pada topik kali ini kalian akan mempelajari tentang ASI. Mungkin bagi sebagian orang ASI terlihat kurang begitu penting bagi perkembangan bayi. Tetapi perlu diketahui bahwa ASI merupakan makanan paling penting untuk tumbuh kembang bayi. Sebenarnya mengapa sih harus ASI, bukannya susu sapi juga sama dengan ASI? Nah untuk mengetahui lebih lanjut apa itu ASI dan manfaatnya, mari kita pelajari dalam topik ini.
Semua ahli gizi dan ahli kedokteran anak berpendapat sama bahwa ASI memiliki manfaat yang sangat besar bagi tumbuh kembang bayi. Air susu Ibu (ASI) merupakan makanan tunggal yang mampu memenuhi kebutuhan bayi untuk tumbuh selama enam bulan pertama kehidupannya. ASI yang pertama keluar tampak berwarna kuning dan encer dan disebut kolostrum. Kolostrum merupakan senyawa yang kaya akan protein dan antibodi. Pengeluaran ASI selanjutnya terjadi melalui rangsangan isapan bayi pada payudara ibu. ASI memiliki kandungan gizi lengkap baik makronutrien seperti protein, lemak, karbohidrat maupun mikroprotein yaitu vitamin dan mineral. Selain itu ASI juga banyak mengandung kadar laktosa yang tinggi. Laktosa yang terdapat dalam ASI akan diuraikan menjadi asam laktat di dalam usus. Kemudian asam laktat tersebut akan diserap oleh tubuh sebagai mineral. Berikut manfaat pemberian ASI.

1. Manfaat ASI bagi Bayi

a. Pemenuhan kebutuhan gizi terbaik bagi bayi.
b. Meningkatkan daya tahan tubuh.
c. Melindungi bayi terhadap penyakit seperti infeksi telinga, diare, demam, radang otak dan diabetes.
d. Merangsang pertumbuhan mikroorganisme yang dapat menghasilkan berbagai asam organik dan sintesis beberapa jenis vitamin dalam usus.
e. Lebih aman terhadap kontaminasi.
f. Meningkatkan kecerdasan bayi, karena diberikan langsung, maka kemungkinan tercemar zat yang berbahaya lebih kecil.
g. Resiko alergi pada bayi sangat kecil.
h. Merangsang pertumbuhan geraham lebih baik.
i. Bentuk payudara ibu memungknkan bayi menyusui tanpa tersedak.
j. Terbentuknya ikatan emosional antara bayi dengan ibu.

2. Manfaat ASI bagi Ibu

a. Mengurangi berat badan yang bertambah pada saat kehamilan.
b. Menghentikan peredaran darah setelah melahirkan.
c. Mencegah kanker payudara.
d. Merupakan kontrasepsi alamiah.
e. Menekan ovulasi, sehingga jarang hamil kembali.
f. ASI sangat ekonomis.

Berdasarkan penjelasan di atas, tampak bahwa ASI memiliki peran yang sangat penting bagi tumbuh kembang seorang bayi. Pemberian ASI eksklusif selama enam bulan pertama diharapkan mampu meningkatkan kualitas sumber daya manusia. Setelah enam bulan pertama dilalui, sebaiknya konsumsi bayi ditambah dengan asupan makanan lain seperti susu formula atau bubur bayi. Pemberian ASI selanjutnya diteruskan sampai anak berusia 2 tahun.

Manfaat ASI bagi Bayi dan Ibu | lookadmin | 4.5