Close Klik 2x

Macam-macam Tumbuhan Berduri Sejati (Spina Sejati)

Advertisement

Macam-macam Tumbuhan Berduri Sejati (Spina Sejati) – Duri sejati selalu memiliki jaringan keras di dalamnya yang biasanya berkayu serta memiliki jaringan pembuluh; dengan demikian duri sejati biasanya sukar ditanggalkan atau tidak tanggal secara alami. Jika tanggal akan terdapat bekas luka patah dan dapat mengeluarkan cairan/getah.

Duri yang berasal dari daun misalnya adalah duri kaktus serta beberapa tumbuhan sukulen lainnya. Duri asal daun dapat memiliki daun penumpu atau kuncup di ketiaknya. Fungsi metabolisme daun sepenuhnya dilakukan oleh epidermis batang dan daun berubah menjadi duri untuk mengurangi transpirasi.

Daun penumpu (stipula) juga dapat menjadi duri. Duri semacam ini biasanya hadir secara berpasangan di tepi pangkal tangkai daun. Contohnya misalnya pada susuru (Euphorbia trigona).

Duri sejati yang berasal dari dahan/bagian batang misalnya adalah duri bugenvil. Di bagian dalam terdapat jaringan kayu yang bersambungan dengan kayu yang ada pada batang.

Duri akar merupakan duri sejati yang terbentuk dari akar-akar yang mengeras sehingga berujung tajam, seperti pada akar beberapa anggota Dioscoreaceae (seperti gembili).

1. Silk Floss Tree (Ceiba Speciosa)

Berasal dari hutan subtropis Amerika Selatan, Pohon Silk Floss kini tersebar luas di seluruh Florida selatan, dan dihargai untuk bunga yang indah. Tapi untuk mendapatkan bunga-bunga yang berharga ini jelas bukan tugas mudah, karena duri raksasa yang menutupi batang dan cabang.

Silk Floss Tree (Ceiba Speciosa)2. Honey Locust (Gleditsia triacanthos)

Sama seperti Hercules Club, pohon Honey Locust adalah asli Amerika Utara bagian timur, dan dapat dilihat dari Dakota Selatan ke New Orleans selatan dan pusat Texas. Pohon ini benar-benar menarik, dengan fitur Honey Locust duri panjang 3-4 inci yang dapat menyebabkan luka serius, jika Anda tidak hati-hati. Mereka tumbuh pada batang dan cabang yang lebih rendah, yang mungkin berarti mereka berevolusi sebagai mekanisme pertahanan terhadap hewan yang diberi kulitnya.

Duri dari Honey Locust sering menyebabkan cedera kaki, karena mereka cenderung pergi kanan melalui satu-satunya sepatu lembut dan kaki. Dan juga, jika Anda melewati salah satu pohon-pohon ini, Anda akan sering memiliki kesempatan untuk mendapatkan ban pecah. Beberapa bahkan mengaku telah melihat burung besar tertusuk oleh duri pohon Honey Locust.

Honey Locust (Gleditsia triacanthos)

3. Pejibaye Palm (Bactris gasipaes)

Pohon Pejibaye Palm adalah salah satu pohon yang paling berbahaya yang tampak pada daftar kami, dengan ribuan panjang, duri tajam yang mencakup seluruh batang. Berasal dari negara-negara Amerika Tengah seperti Kosta Rika atau Nikaragua, yang Pejibaye ditanam untuk buah miniatur perusahaan kelapa, sangat dihargai bagi mereka rasanya. Memetik buah-buah kecil sangatlah tidak mudah, tetapi penduduk setempat telah menyusun suatu teknik yang membutuhkan Scraping dari bagian kulit.

Percaya atau tidak, duri hitam panjang dari Palm Pejibaye selalu dianggap lebih dari berkat yang kutukan. suku adat telah menggunakan senjata mereka untuk fashion, dan hari ini mereka masih digunakan untuk membuat jarum dan kail.

Pejibaye Palm (Bactris gasipaes)

4. Kaktus (Ferocactus pilosus)

Kaktus dapat tumbuh pada waktu yang lama tanpa air. Kaktus biasa ditemukan di daerah-daerah yang kering (gurun). Kata jamak untuk kaktus adalah kakti. Kaktus memiliki akar yang panjang untuk mencari air dan memperlebar penyerapan air dalam tanah. Air yang diserap kaktus disimpan dalam ruang di batangnya. Kaktus juga memiliki daun yang berubah bentuk menjadi duri sehingga dapat mengurangi penguapan air lewat daun. Oleh sebab itu, kaktus dapat tumbuh pada waktu yang lama tanpa air.

Kaktus (Ferocactus pilosus)

 5. Akasia (Acacia greggii)

Akasia juga dikenal sebagai pohon duri, dalam bahasa Inggris disebut whistling thorns (“duri bersiul “) atau Wattles,atau yellow-fever acacia (“akasia demam kuning”) dan umbrella acacias (“akasia payung”).

Sampai dengan tahun 2005, ada diperkirakan sekitar 1.300 spesies akasia di seluruh dunia, sekitar 960 dari mereka adalah flora asli Australia, dengan sisanya tersebar di daerah tropis ke daerah hangat dan beriklim sedang dari kedua belahan bumi, termasuk Eropa, Afrika, Asia selatan, dan Amerika . Namun, genus ini kemudian dibagi menjadi lima, dengan nama Acacia hanya digunakan untuk spesies Australia, dan sebagian besar spesies di luar Australia dibagi menjadi Vachellia dan Senegalia.

Akasia (Acacia greggii)

 

6. Salak (Salacca zalacca)

Salak adalah sejenis palma dengan buah yang biasa dimakan. Ia dikenal juga sebagai sala (Min., Mak., Bug., dan Thai). Dalam bahasa Inggris disebut salak atau snake fruit, sementara nama ilmiahnya adalah Salacca zalacca. Buah ini disebut snake fruit karena kulitnya mirip dengan sisik ular.

Salak (Salacca zalacca)

 

Macam-macam Tumbuhan Berduri Sejati (Spina Sejati) | lookadmin | 4.5