Close Klik 2x

Macam-macam Tumbuhan Berduri Aksesori (Spina Aksesori)

Advertisement

Macam-macam Tumbuhan Berduri Aksesori (Spina Aksesori) – Duri aksesori dijumpai pada batang, daun, serta buah. Asal-usul terbentuknya adalah dari jaringan epidermis dengan atau tanpa jaringan korteks. Duri aksesori mudah tanggal dan tidak memiliki jaringan pembuluh. Duri batang paling mudah ditemukan pada batang mawar. Duri pada permukaan daun biasanya berbentuk kecil-kecil. Duri pada buah dijumpai misalnya pada kulit buah durian.

1. Durian (Durio zibethinus)

Durian adalah nama tumbuhan tropis yang berasal dari wilayah Asia Tenggara, sekaligus nama buahnya yang bisa dimakan. Nama ini diambil dari ciri khas kulit buahnya yang keras dan berlekuk-lekuk tajam sehingga menyerupai duri. Sebutan populernya adalah “raja dari segala buah” (King of Fruit). Durian adalah buah yang kontroversial, meskipun banyak orang yang menyukainya, namun sebagian yang lain malah muak dengan aromanya.

Sesungguhnya, tumbuhan dengan nama durian bukanlah spesies tunggal tetapi sekelompok tumbuhan dari marga Durio. Namun demikian, yang dimaksud dengan durian (tanpa imbuhan apa-apa) biasanya adalah Durio zibethinus. Jenis-jenis durian lain yang dapat dimakan dan kadangkala ditemukan di pasar tempatan di Asia Tenggara di antaranya adalah lai (D. kutejensis), kerantungan (D. oxleyanus), durian kura-kura atau kekura (D. graveolens), serta lahung (D. dulcis). Untuk selanjutnya, uraian di bawah ini mengacu kepada D. zibethinus.

Durian (Durio zibethinus)

2. Mawar (Rosa canina)

Mawar adalah tanaman semak dari genus Rosa sekaligus nama bunga yang dihasilkan tanaman ini. Mawar liar yang terdiri lebih dari 100 spesies kebanyakan tumbuh di belahan bumi utara yang berudara sejuk. Spesies mawar umumnya merupakan tanaman semak yang berduri atau tanaman memanjat yang tingginya bisa mencapai 2 sampai 5 meter. Walaupun jarang ditemui, tinggi tanaman mawar yang merambat di tanaman lain bisa mencapai 20 meter.

Sebagian besar spesies mempunyai daun yang panjangnya antara 5-15 cm, dua-dua berlawanan (pinnate). Daun majemuk yang tiap tangkai daun terdiri dari paling sedikit 3 atau 5 hingga 9 atau 13 anak daun dan daun penumpu (stipula) berbentuk lonjong, pertulangan menyirip, tepi tepi beringgit, meruncing pada ujung daun dan berduri pada batang yang dekat ke tanah. Mawar sebetulnya bukan tanaman tropis, sebagian besar spesies merontokkan seluruh daunnya dan hanya beberapa spesies yang ada di Asia Tenggara yang selalu berdaun hijau sepanjang tahun.

Mawar (Rosa canina)

3. Hercules Club (Aralia Spinosa)

Nama pohon ini khusus diberikan oleh pohon tua berduri kerucut seperti pada kulit yang membuat batang dan cabang terlihat seperti tongkat. Hercules Club adalah asli Amerika Utara, dan tersebar di bagian timur benua.

Duri besar dari pohon itu tidak mungkin terlihat mengancam untuk pendaki-pohon yang berpengalaman, tetapi jika Anda melihat lebih dekat, setiap pohon memiliki ujung yang tajam yang dapat menyebabkan kesakitan. Untuk bisa dimakan, pohon Club Hercules membuat lebih banyak akal, jika Anda menganggap pohon itu sebagai mekanisme pertahanan terhadap hewan merumput yang pernah menguasai di negeri itu.

Hercules Club (Aralia Spinosa)

 

4. Kapok (Ceiba pentandra)

Pohon kapuk adalah pohon tropis, asli ke Meksiko, Amerika Tengah dan utara Amerika Selatan. Bangsa Maya menganggap bahwa Ceiba pentandra pohon suci menegakkan dunia, dengan akar akan turun ke bawah. pembakar dupa Kuno dan guci pemakaman, ditemukan di daerah Maya, fitur Kapuk yang tajam bermotif, atas dan bawah sisi mereka.

Serat yang terkandung oleh bunga-bunga dari Kapuk digunakan untuk mengisi kasur, bantal, mainan boneka, minyak biji yang digunakan dalam pembuatan sabun, dan permen karet dari Kapuk adalah penyakit perut tradisional. Untungnya, duri tajam pohon tumbang karena usia.

Kapok (Ceiba pentandra)

5. Pochote (Pachira quinata)

Pohon Pochote dari Amerika Tengah dan utara Amerika Selatan dianggap sebagai Bear Grylls di dunia. Selama akhir ini tumbuh di batu hampir murni, tidak terpengaruh oleh kekeringan (terdapat gudang daun dan memasuki semacam hibernasi jangka panjang), jika menebang itu kecambah segera kembali, dan memelihara binatang duri padat dari daun lezat.

Batang dan cabang Pochote ditutup dengan duri besar, dan gemuk, sehingga mereka sering digunakan sebagai tiang pagar hidup, dengan kawat berduri tegang antara mereka. Anda pasti tidak ingin menjadi memanjat salah satu pagar.

Pochote (Pachira quinata)

6. Sandbox Tree (Hura crepitans)

Pohon-pohon tersebut di atas pasti bisa menimbulkan rasa sakit jika Anda mencoba untuk memanjat, tapi Pohon Sandbox bisa menendang pantat Anda dari 300 meter jauhnya, sehingga menobatkan sebagai pohon terburuk di dunia. Duri gelap keluar dari kulit nya, memberikan sebuah Sandbox Pohon terlihat menyenangkan, namun senjata sebenarnya adalah berbentuk buah labu yang benar-benar meledak, seperti suara tembakan, ketika matang, biji meluncurkan 300 kaki ke segala arah, di kecepatan 150 mil per jam.

Sandbox Tree (Hura crepitans)

 

Macam-macam Tumbuhan Berduri Aksesori (Spina Aksesori) | lookadmin | 4.5