Close Klik 2x

Macam-Macam Energi dalam Kehidupan

Advertisement

Macam-Macam Energi dalam Kehidupan – Pada topik kali ini, kalian akan belajar tentang macam-macam energi yang ada di alam. Apa sajakah energi-energi tersebut? temukan jawabannya dalam topik ini.

Untuk aktivitas sehari-hari, manusia selalu memanfaatkan keberadaan energi. Energi adalah kemampuan suatu benda untuk melakukan usaha. Contohnya saat menggunakan telepon genggam, bersepeda, makan, berjalan, berlari, dan sebagainya. Energi yang dibutuhkan untuk telepon genggam, bersepeda, makan, berjalan, berlari, akan berbeda-beda karena sumber energinya bermacam-macam. Macam-macam energi yang terdapat di alam antara lain: energi potensial, energi kinetik, energi kimia, energi listrik, energi panas, energi cahaya, dan energi nuklir. Untuk mempelajari macam-macam energi tersebut simak ulasan berikut.

A. Energi Potensial

Energi potensial adalah energi yang dimiliki benda karena ketinggiannya. Semakin tinggi posisi suatu benda dari permukaan tanah, semakin besar energi potensial yang dimilikinya dan berlaku sebaliknya. Semakin rendah ketinggian suatu benda dari permukaan tanah, semakin kecil energi potensial yang dimilikinya. Dengan demikian, energi potensial berbanding lurus dengan ketinggian benda, secara matematis dirumuskan sebagai berikut.

Ep=mgh 

Keterangan:
Ep = energi potensial (J);
m = massa benda (kg);
g = percepatan gravitasi (m/s2); dan
h = ketinggian benda dari permukaan tanah (m).

B. Energi Kinetik

Energi kinetik adalah energi yang dimiliki oleh benda yang bergerak. Jika benda bergerak, maka benda tersebut akan memiliki kecepatan. Semakin besar kecepatan suatu benda, semakin besar pula energi kinetiknya dan berlaku sebaliknya. Semakin kecil kecepatan suatu benda, semakin kecil pula energi kinetiknya, contohnya sepeda yang bergerak. Jika sepeda bergerak semakin cepat, maka energi kinetiknya juga akan semakin besar, akibatnya gaya yang dibutuhkan untuk menghentikan sepeda tersebut menjadi semakin besar. Dengan demikian, energi kinetik benda berbanding lurus dengan kecepatannya, secara matematis dirumuskan sebagai berikut.

Ek=12mv2

Keterangan:
Ek = energi kinetik (J);
m = massa benda (kg); dan
v = kecepatan benda (m/s).

C. Energi Kalor

Energi kalor adalah nama lain dari energi panas. Energi kalor dapat menyebabkan perubahan suhu dan perubahan wujud benda. Kalor mengalir dari benda bersuhu tinggi ke benda bersuhu rendah. Jadi, energi kalor terbentuk karena adanya perbedaan suhu dari dua benda. Aliran kalor tersebut dapat terjadi dalam tiga cara, yaitu secara konduksi, konveksi, dan radiasi. Konduksi adalah aliran kalor melalui medium tanpa disertai perpindahan zat perantara tersebut. Konveksi adalah aliran kalor yang disertai perpindahan zat perantaranya. Sementara itu, radiasi adalah aliran kalor tanpa melalui zat perantara.

D. Energi Listrik

Tahukah kalian aliran listrik? Listrik sudah menjadi kebutuhan pokok bagi kehidupan manusia. Hampir semua aktivitas yang dilakukan manusia melibatkan listrik di dalamnya. Contoh penggunaan laptop, telepon genggam, televisi, radio, dan sebagainya. Lalu apakah yang dimkasud listrik dan bagaimana terbentuknya? Simak ulasan berikut.
Listrik terbentuk karena ada aliran muatan dari tegangan tinggi menuju tegangan rendah dengan membawa energi yang sangat besar. Energi tersebut biasa dimanfaatkan oleh manusia untuk keperluan sehari-hari.

E. Energi Kimia

Energi kimia adalah energi yang dihasilkan dari reaksi kimia. Energi kimia dapat diperoleh secara alami maupun buatan. Makanan merupakan sumber energi bagi manusia. Di dalam makanan tersimpan energi kimia yang cukup besar. Contoh lain dari energi kimia adalah energi yang ada di dalam bahan bakar seperti etanol, bensin, dan solar. Zat-zat tersebut merupakan sumber bahan bakar mesin. Oleh karena itu, zat-zat tersebut menjadi sumber energi utama bagi kelangsungan kegiatan manusia di bumi.

F. Energi Cahaya Matahari

Energi cahaya matahari merupakan energi utama bagi kelangsungan hidup di bumi ini. Cahaya matahari yang sampai ke bumi membawa energi dalam bentuk kalor. Energi tersebut dapat dimanfaatkan untuk membangkitkan energi listrik. Misalnya, energi matahari yang diterima oleh sebuah panel surya akan diubah menjadi energi listrik oleh sel surya tersebut. Sel surya dapat menghasilkan energi listrik selama ada cahaya matahari.

G. Energi Nuklir

Energi nuklir dihasilkan dari reaksi pembelahan inti atom. Inti atom yang mengalami pembelahan adalah inti atom uranium. Dari hasil pembelahan inti atom ini, dihasilkan sinar gamma dan energi kalor. Energi kalor inilah yang digunakan untuk memanaskan air yang kemudian memutarkan turbin. Putaran turbin dapat dimanfaatkan sebagai sumber gerak seperti pada kapal selam. Manfaat lainnya, putaran turbin dapat digunakan untuk memutarkan generator listrik sehingga menghasilkan arus listrik. Pembangkit listrik yang memanfaatkan tenaga atom dinamakan Pembangkit Listrik Tenaga Nuklir (PLTN).

Advertisement
Macam-Macam Energi dalam Kehidupan | lookadmin | 4.5