Close Klik 2x

Lembaga Keuangan Bukan Bank

Advertisement

Lembaga Keuangan Bukan Bank – Jika kita perhatikan daearah lingkungan dimana tempat kita tinggal pasti banyak terdapat bank dan juga lembaga lainnya seperti pegadaian dan lain-lain. Perbankan dan lembaga lainnya yang bukan bank memiliki tujuan yang hampir sama, yaitu sam-sama menyalurkan dana kepada masyarakat. Dalam hal lain terdapat perbedaan yang mendasar mengenai bank dan bukan bank, tapi apa saja kah itu? Apakah kalian tahu berapa banyak lembaga keuangan yang bukan bank? Bagaimanakah peranan mereka di masyarakat? Agar kalian lebih memahami mengenai bank dan juga lembaga keuangan bukan bank, mari kita simak materi berikut ini.

A. Pengertian Lembaga Keuangan Bukan Bank

Lembaga Keuangan Bukan Bank (LKBB) adalah badan usaha yang melakukan kegiatan dalam bidang keuangan yang secara langung atau tidak langsung menghimpun dana dari masyarakat dan menyalurkannya kembali kepada masyarakat.
a. Usaha-usaha yang dilakukan LKBB adalah :
1. Menghimpun dana masyarakat.
2. Membantu mendapatkan partner usaha dalam usaha patungan.
3. Perantara untuk mendapatkan tenaga ahli.
b. Peran – peran LKBB antara lain :
1. Membantu dunia usaha dalam meningkatkan produktivitas barang/jasa.
2. Memperlancar distribusi barang.
3. Mendorong terbukanya lapangan pekerjaan.

B. Jenis-jenis Lembaga Keuangan Bukan Bank

1. Koperasi Simpan pinjam/Koperasi Kredit
Koperasi kredit adalah lembaga keuangan berbentuk koperasi yang di bidang perkreditan atau simpan pinjam dengan tujuan membantu memperbaiki keadaan ekonomi dan kesejahteraan anggotanya. Kegiatan koperasi kredit yaitu menerima simpanan dari anggotanya dan meminjamkan kepada anggota yang membutuhkan dengan syarat yang mudah dan bunga ringan.
Koperasi kredit mempunyai fungsi sebagai berikut :
a. Sebagai pendorong kegiatan menabung di kalangan anggota.
b. Sebagai lembaga yang melayani anggota yang membutuhkan pinjaman.
c. Membimbing anggota dalam memanfaatkan pinjaman/kredit.
d. Membantu anggota dari cengkeraman lintah darat.

2. Pegadaian
Pegadaian merupakan perusahaan milik pemerintah yang kegiatannya memberikan pinjaman uang yang besarnya berdasarkan pada nilai barang jaminan yang diserahkan. Jaminan tersebut bisa berupa barang bergerak, seperti perhiasan (emas dan perak), barang-barang elektronik, sepeda motor, mobil, dan lain-lain maupun tidak bergerak, contohnya tanah dan bangunan.

Tujuan pemerintah menyelenggarakan Pegadaian yaitu untuk membantu rakyat kecil dengan memberikan kredit/pinjaman agar terhindar dari kreditor liar (lintah darat) yang meminjamkan uang dengan bunga sangat tinggi. Jangka waktu pinjaman melalui pegadaian biasanya selama satu tahun atau kurang dari satu tahun.

3. Perusahaan Asuransi

Perusahaan asuransi adalah lembaga yang menghimpun dana melalui penarikan premi asuransi dan menjanjikan akan memberi sejumlah ganti rugi apabila terjadi suatu peristiwa atau musibah yang menimpa pihak yang ikut program asuransi. Dana yang dihimpun perusahaan asuransi umumnya diinvestasikan dalam surat berharga atau dipinjamkan kepada pihak lain.

4. Lembaga Pembiayaan
Lembaga pembiayaan ialah badan usaha yang melakukan kegiatan pembiayaan dalam bentuk penyediaan dana atau barang modal dengan tidak menarik dana langsung dari masyarakat.
Lembaga pembiayaan bergerak dalam bidang-bidang usaha berikut :
a. Usaha sewa guna usaha/leasing company, yaitu badan usaha yang melakukan pembiayaan dalam bentuk penyediaan barang modal yang dibutuhkan oleh nasabah.
b.Usaha pembiayaan konsumen, yaitu badan usaha yang melakukan usaha pembiayaan pengadaan barang untuk kebutuhan konsumen dengan sistem pembayaran angsuran atau berkala.
c. Usaha kartu kredit, adalah badan usaha yang melakukan usaha pembiayaan untuk membeli barang dan jasa dengan menggunakan kartu kredit.
d. Usaha penyertaan modal/modal ventura, adalah suatu usaha yang melakukan kegiatan pembiayaan dalam bentuk penyertaan modal ke dalam suatu perusahaan yang menerima bantuan pembiayaan untuk jangka waktu tertentu.

5. Bursa Efek

Bursa efek merupakan tempat bertemunya pihak yang menawarkan dengan pihak yang memerlukan dana dan tempat jual beli efek (obligasi, saham, dan surat berharga). Tujuan didirikannya bursa efek adalah untuk menghimpun dana lewat penjualan surat berharga/efek guna membiayai kegiatan-kegiatan yang produktif. Saham adalah surat berharga dimana pemiliknya merupakan pemilik perusahaan. Obligasi adalah surat berharga yang merupakan instrumen utama perusahaan. Pemiliknya bukan merupakan pemilik perusahaan

RANGKUMAN

Lembaga Keuangan Bukan Bank (LKBB) adalah badan usaha yang melakukan kegiatan dalam bidang keuangan yang secara langung atau tidak langsung menghimpun dana dari masyarakat dan menyalurkannya kembali kepada masyarakat.

Lembaga Keuangan Bukan Bank | lookadmin | 4.5